. Cara Yang mudah flash xiaomi redmi 4x via MiFlash Tools - IME Android -->

Cara Yang mudah flash xiaomi redmi 4x via MiFlash Tools

Konten [Tampil]

Tutorial Flash Xiaomi Redmi 4X - Kali ini akan saya bahas cara flash xiaomi redmi 4x berdasarkan beberapa kasus dan pertanyaan yang menanyakan dan kesulitan mereka mengatasi hp yang bootloop.

Masalah yang mungkin saja terjadi pada smartphone ini memang kerap kali mengharuskan kita untuk melakukan flashing.

Memang kalau kita bicara penyebab dari bootloop cukup beragam namun yang akan saya bahas disini yakni cara mengatasinya dari hal tersebut dengan cara flash ulang.Tidak perlu lama lama lagi , mari kita bahas tahapannya.

Persiapan Flash Xiaomi 4x.

Siapkan komputer atau laptop,

Aplikasi yang akan kita gunakan adalah di sini menggunakan MiFlash tools, jadi yang perlu anda lakukan pertama silahkan download terlebih dulu ke web resminya https://xiaomiflashtool.com/category/download setelah selesai silahkan install.


Cara install Mi Flash tools Sebelum Flash Xiaomi 4X


Saya anggap sudah selesai download, kemudian silahkan menuju file MiFlash yang telah diunduh , klik kanan >> Install >> pada File MiFlash####.msi kemudian pilih Next.
Cara flash Xiaomi

Apabila muncul notifikasi dari windows seperti gambar berikut,


cara flash xiaomi 4x

Ini disebabkan karena driver MiFlash Tools tidak dikenali oleh sistem operasi, namun silahkan klik "Install this driver software anyway" seperti gambar di atas.Kemudian lanjutkan langkah instal Mi Flash hingga selesai.

Setelah selesai dapat anda lihat terdapat icon mi flash pada desktop , kemudian cara membuka nya dapat dengan melakukan Klik kanan dan pilih " Run As administrator " atau melalui  ke folder "C:\Xiaomi\XiaomiFlash" kemudian cari file "XiaomiMiFlaash.exe" selanjutnya Klik kanan Pilih "Run As Administrator" .

Baca juga : Cara pasang TWRP pada Hp Xiaomi 4 dan kelebihanya

Siapkan ROM Xiaomi Redmi 4X.


Langkah berikutnya adalah mempersiapkan ROM yang akan menjadi bahan flashing, perlu anda ingat bahwa point ini akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan flashing.

Jika Jenis ROM tidak sesuai dengan tipe smartphone maka kemungkinan akan tetap bootloop.

Jenis file yang akan digunakan bukan file dengan extensi zip , biasanya pertama kali anda download file tersebut dengan extensi zip.

Setelah unduh extrak terlebih dulu sebelum di flashing ke smartphone .Pastikan file tersebut berextensi tar/tgz, caranya klik kanan file ROM kemudian pilih extrak here menggunakan aplikasi winrar.

Download ROM Xiaomi



Download ROM Xiaomi Redmi 4X

Jika anda melakukan extrak seperti gambar dibawah dan menghasilkan beberapa file seperti dalam kotak no 3 maka anda kemungkinannya adalah salah download file.


cara flash

Rom Seperti gambar diatas berarti yang telah anda download merupakan ROM recovery atau Fastboot, bisa saja proses extrak gagal. 

Untuk itu perhatikan baik baik proses download molai dari jenis file, koneksi internet jangan sampai file download terhenti di jalan. 

Biasanya apabila ROM fastboot didownload melalui browser maka extensinya menjadi tgz namun jika menggunakan IDM maka server dari xiaomi akan mengganti tgz menjadi ras.
cara flash smartphone xiaomi 5a


Apabila file ROM yang ekstensi tar, jika di ekstrak akan menghasilkan hanya satu berkas saja tanpa ekstensi apapun dengan icon kotak putih kosong, lihat gambar dibawah,


cara flashing hp xiaomi
Kemudian silahkan rename dengan menambahkan extensi .zip pada akhiran nama file tersebut sehingga berubah menjadi file zip.


Cara flash via mi flash tools
Maka hasilnya akan tampak seperti diatas untuk file yang dapat di gunakan untuk flash ROM fastboot.

Langkah berikutnya adalah anda harus melakukan install driver pada PC atau laptop, berikut caranya.
Baca juga : Cara membuka casing Belakang Hp Xiaomi 4X

Cara instal Driver Mi Flash tools ke komputer.

Mi Flash Tools memang termasuk driver sebagai menghubungkan antara  HP Xiaomi kamu ke Laptop dan otomatis akan terpasang ketika anda menginstallnya.

Tetapi  terdapat beberapa pengalaman tipe xiaomi tidak terdeteksi apabila hanya menggunakan driver bawaan dari Mi Flash tools.

Untuk Itu sebagai langkah antisipasi alangkah baiknya agar melakukan instal driver agar dapat dipastikan dapat terinstall.

Langkah Flash Xiaomi 4X menggunakan Flash Tools


Selanjutnya jika semua tahapan diatas telah dilakukan maka kita dapat ke flashing, untuk menghubungkan Hp komputer direkomendasikan menggunakan Kabel data dengan kualitas baik atau menggunakan kabel data original.

Apabila xiaomi anda dalam kondisi bootloop serta belum melakukan unlock bootloader maka silahkan baca :

Cara masuk Mode EDL Xiaomi (Emergency download) 

Kemudian anda dapat mengecek pastikan tidak ada tanda seru, seperti gambar dibawah ini.

Flash Xiaomi via mi flash tool
Tanda seru pada mode EDL
Solusinya jika terdapat tanda seru di atas maka hars melakukan Disable Driver signiature terlebih dulu agar proses dapat berjalan dengan baik


Selanjutnya ke silahkan arahkan Mi Flash tools pilih yang telah anda buka ke file ROM Yang telah anda extrak tadi, dapat anda lihat gambar di bawah ini.


mengatasi xiaomi bootloop flash

Silahkan pilih "select" maka arahkan file yang berisi seperti gambar pada bagian kanan, atau dapat melihat gambar di bawah file hasil extraknya.



Jika sudah di pilih, klik "refresh", Apabila handphone sudah terhubung dan dalam EDL maka akan terdapat tanda berikut.


koneksi mode edl mi flash tools

Jika sudah maka anda dapat memperhatikan pada bagian bawah aplikasi mi Flash tools sebagai berikut.


1.Clean all dengan pilihan ini maka menjalankan file flash_all.bat, Kemudian perintah clean all maka seluruh data pada HP serta aplikasi  terhapus secara permanen, namun bootloader masih tetap terbuka.

2.Save user data pada  pilihan ini akan menjalankan file flash_all_except_data_storage.bat artinya data data akan tetap aman. Tapi aplikasi yang telah terinstall pada akan tetap hilang dan ponsel masih dapat dalam kondisi UBL.

3.Clean all and lock pilihan maka menjalankan file flash_all_lock.bat, apabila memilih clean all and lock maka semua data serta aplikasi pada HP terhapus permanen dan bootloader menjadi terkunci kembali.

Untuk rekomendasinya gunakan No 1, Jika sudah yakin silahkan Klik "Flash" dan tunggu hingga proses flashing selesai.

Proses ini biasanya membutuhkan waktu relatif lama sekitar 10 -20 menit , ini tidak akan sama dengan hape yang lainya.

Jika Proses flash telah selesai maka akan ditandai seperti gambar dibawah, kemudian silahkan cabut. Maka perangkat akan melakukan restart secara otomatis, jika tidak reboot nyalakan dengan menggunakan tombol power.


tanda selesai flash xiaomi

Tanda telah selesai flash xiaomi terdapat keterangan "Flash Done",

Proses flash xiaomi berhasil , silahkan untuk melakukan konfigurasi atau setelan dasar seperti ponsel yang pertama dibeli.
Baca Juga : Cara unlock Hp Xiaomi yang terkunci dengan mudah
Penutup
Demikian artikel kali ini tentang cara flash xiaomi via MiFlash Tools, semoga dapat membantu dalam mengatasi permasalahan pada ponsel bootloop, cepat panas, sering lag dan error yang disebabkan oleh kerusakan software.

Artikel di imeadroid.com semoga dapat membantu kamu yang dalam kesulitan mengatasi permasalahan yang ada pada xiaomi
https://www.foldertips.com/android/menggunakan-mi-flash-tools/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel