. Android pie 9 bayak fitur baru - Simak kelebihan keren!! - IME Android -->

Android pie 9 bayak fitur baru - Simak kelebihan keren!!

Konten [Tampil]

IME android - Android Pie, perkembangan teknologi smartphone memang terus bergulir dan selalu melakukan update, jika kita baca sejarah android yang awalnya dibuat tidak untuk dikomersialkan dengan versi beta tidak membutuhkan kurun waktu yang lama hingga saat ini menjadi semakin canggih.

Pembaharuan sistem operasi tidak dapat dibendung karena tuntutan dari teknologi yang sudah semestinya semakin hari kian dituntut tambah canggih. Sepertinya kita memang belum lama mengenal oreo, bahkan nougat, kini kita sudah disuguhkan dengan android pie.

Belum lagi tahun 2020 nanti mungkin banyak sekali perubahan dan update android.

Smartphone tidak hanya memiliki peranan sebagai alat komunikasi saja., melainkan sudah menjadi kebutuhan dalam dunia bisnis sekalipun.

Peranan ponsel pintar mampu menjadi alat bantu yang di bilang sangat penting, bahkan tugas komputerisasi sudah banyak mampu dikerjakan hanya melalui hp saja.

Aplikasi yang terus berkembang sesuai dengan tuntutan pasarnya, tanpa kita sadari saat ini para developer berlomba lomba memberikan kontribusi dalam mengembangkan aplikasi nya.

Setiap aplikasi dirancang sebagai problem solver atau alat bantu yang mampu memberikan kemudahan dalam aktivitas manusia. 

Berbagai macam aplikasi dapat anda temui di playstore dan dapat anda gunakan secara gratis.

Ini tidak lepas dari peranan sistem operasi itu sendiri, dalam hal ini android.

Perjalanan android membuat manusia menuntut agar lebih bisa menerima dan menggunakan perkembangan teknologi. Jika ada dari mereka yang tidak tanggap terhadap teknologi maka sudah menjadi hal yang umum jika mengalami gaptek.

Setiap versi android memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, namun secara umum android yang terbaru adalah hasil perbaikan dari versi sebelumnya.

Artinya mungkin saja saat ini kelebihan dan kekurangan android pie 9 dapat kita temui.Lalu di android terbaru kelak pastinya akan memberikan sesuatu yang segar dari sebelumnya dengan memperbaiki kekurangan dan menambah kelebihannya sehingga menuju kesempurnaan.


Kelebihan dan kekurangan android 9 Pie.


Saat ini mungkin masih banyak beredar pada smartphone dengan kelas atas, namun tidak menutup kemungkinan nanti sudah dapat diaplikasikan di hp harga murah atau kelas bawah.

Tidak semua ponsel dapat bersanding langsung dengan pie, mungkin untuk beberapa ponsel keluaran terbaru dan memiliki spesifikasi yang bagus sudah menggunakan sistem operasi tersebut
kelebihan android pie


Fitur baru android Pie dan Kelebihan



1. Navigasi Yang Lebih Intuitif dan Berbasis Gesture


Smartphone memiliki desain untuk kelas atas kini kembali dengan model besar, hal ini karena kebutuhan smartphone sudah mulai bergeser bukan hanya sebagai alat komunikasi.

Penunjang bisnis sudah menjadi pertimbangan besar sehingga kebutuhan dengan visual yang lebar tak dapat dihindarkan.

Kini pada Pie menghadirkan navigasi yang lebih intuitif , dengan akses tiga tombol pada bawah layar besar tidak menyulitkan.

Itu menjadi alasan pada versi android pie ini di berikan opsi navigasi dengan basis gesture supaya pengguna dengan layar besar tetap nyaman dalam melakukan navigasi.

Swipe dengan jari kanan untuk Back, serta hanya dengan swipe kiri untuk pindah aplikasi, dan hanya geser ke atas untuk recent aplikasi drawer. 

Pada Bagian bawah terdapat tombol visual   fungsinya untuk kembali ke home yang berbentuk elips.
memaksimalakan android pie

2. Adaptive Battery & Brightness

Saat ini populer dengan teknologi AI atau kecerdasan buatan yang sudah digunakan dari beberapa model hp android terbaru.

Ini merupakan menjadi tren sekaligus kebutuhan sehingga dalam versi Android 9ini berupaya memberikan fasilitas teknologi AI.

Terdapat fitur baterai adaptif memanfaatkan AI teknologi untuk melacak pola dari penggunaan aplikasi kapanpun .

Aplikasi yang sering digunakan akan mendapatkan prioritas agar terus dapat berjalan di background , dan sebaliknya aplikasi jarang dipakai akan dimatikan secara otomatis dengan tujuan melakukan efisiensi daya baterai pada Hp.


android 9



Bukan hanya sekedar mengatur konsumsi daya , Versi android ini juga dapat mengatur brightness secara otomatis .

Ini bekerja sistem mempelajari persentase dari tingkat kecerahan yang biasa diterapkan oleh anda.

Ketika anda melakukan setelan kecerahan secara otomatis , maka sistem akan mengaturnya secara otomatis ke tingkat kecerahan yang biasa di gunakan serta menyesuaikan dengan kondisi sekitar aktivitas sehari hari.

Di android terbaru saat ini (Pie) yakni tidak melupakan terhadap performa baterai, untuk itu sebagai upaya terhadap perbaikan efisiensi pemakaian daya di lengkapi dengan adaptive baterai yang mampu melakukan managing konsumsi baterai atau daya.
Baca juga : Penyebab dan cara memperbaiki baterai tidak mau di charge

3. Fitur Digital Wellbeing


fitur android pie

Fitur ini bertujuan sebagai mengurangi pemakaian hp melalui dashboard khusus anda dapat melihat beberapa notifikasi yang didapat dan berapa lama anda menggunakan aplikasi.

Pada Digital Well Being terdapat fitur App timer yang dapat memungkinkan anda mengatur waktu pemakaian aplikasi.

Pada android pie juga dapat menjadikan layar menampilkan abu abu untuk mengingatkan waktu istirahat.

Terdapat juga fitur Do Not disturb yang dapat mengaktifkan notif atau disesuaikan dengan keinginan anda.

Digital well being adalah serangkaian alat yang dirancang untuk memudahkan pengguna tentang management ponsel , dengan konsep asking .

Mungkin, mengapa, anda sebaiknya melakukan lebih sedikit. Dan dari beberapa pengguna ini akan menjadi bagian yang sangat penting karena ini upaya mengerti tentang penggunanya dari sebuah sistem.

Anda akan mendapatkan perhitungan harian , berapa menit yang dihabiskan ke setiap aplikasi smartphone anda.

Dan berapa banyak notifikasi yang masuk ke hp anda, seberapa sering , membuka lock ponsel, mengambil dan di pin ke dalam web being adalah aplikasi opsional yang memungkinkan ada menetapkan batas waktu serta mendapatkan peringatan ketika anda mendekatinya.

Sementara terdapat juga fitur windows yang mengubah warna layar menjadi grayscale dalam waktu tertentu setiap hari, seperti yang sudah saya katakan diatas..ini keren!
Baca juga : Cara mengaktifkan fitur NFC di Hp Xiaomi

4. App Actions Pelajari Kebiasaan Sehari-Hari




Semakin cerdas dan semakin mendekati perilaku manusia, bukan berarti manusiawi namun sistem coba menerapkan beberapa perilaku penggunanya dan dijadikan acuan.

App action dapat melakukan prediksi kegiatan yang anda lakukan. Sehingga App Actions akan menyuguhkan shortcut aplikasi , fitur yang mungkin anda butuhkan. 

Contohnya jika anda akan melakukan perjalanan maka app actions akan menampilkan Google map-nya, Aplikasi ini bekerja secara prediktif dengan respon yang cepat tentang apa gerakan dari pengguna selanjutnya sehingga akan menghemat anda untuk beberapa ketukan.


5. Tap Into Gesture (Ketuk Isyarat)

Pada Android ppie anda dapat membuang bilah navigasi klasik secara menyeluruh, dengan memilih tombol berbentuk elips di bawah layar  kita dapat mengetuknya dan pergi ke Home dari manapun.

Untuk menuju google asisten cukup tahan, untuk layar ikhtisar baru hanya geser keatas, dan masih banyak lagi.

Tanpa navigasi tombol fisik kini banyak smartphone yang sudah mengusung full layar sejak munculnya iphone X, berbagai merk mulai dari Oppo, Motorola, samsung, Xiaomi , Vivo dan masih banyak lagi.
Baca juga : Kekurangan dan kelebihan android Nougat

6.  A better Overview (Tampilan/gambaran yang lebih baik)

Pada versi Android Pie juga sudah  menambahkan / mengganti beberapa desain, salah satunya adalah  saat kita membuka recent apps atau aplikasi yang sedang berjalan dan telah anda buka.Tampilan recent app cukup berbeda dari versi sebelumnya.



Jika anda memiliki smartphone pixel , anda dapat dengan mudah membagikan dan menyalin apapun dari aplikasi baik foto maupun teks.

Tidak lagi dengan cara masuk dan keluar dari aplikasi hanya untuk kebutuhan sederhana, dilengkapi pula dengan smart text selection dapat membaca kontek teks pilihan dan menyarankan tindakan selanjutnya yang mungkin anda pilih.

7. Improved notifications (Peningkatan Notifikasi)

Ini merupakan notifikasi uanh telah di kembangkan berdasarkan dari versi versi pendahulunya yang telah ditingkatkan secara bertahap.

Pada android pie menghadirkan rangkaian kecil seperti teak yang membuat pengalaman sehari hari menjadi lebih baik lagi.

Misalkan jika anda akan membalas pesan atau notifikasi email , kemudian akan melihat balas pintar kontekstual yang mampu menghemat banyak waktu dan kesulitan dengan hanya sekali klik saja.

Tidak hanya itu saja, balasan inline tidak hilang pada saat melakukan navigasi ke aplikasi lain, dan mempermudah menyelesaikan tugasnya dan mencari sesuatu.

Ini juga akan mempermudah mengelola notifikasi dan mematikan dengan cepat.Bukan hanya itu saja hanya dengan tekan dan tahan anda dapat menghentikan sepenuhnya notifikasi tertentu.Contoh dari grup whatsapp, dll.

Dari beberapa kelemahan diatas pastinya hanya sebagian kecil saja dari android pie, masih banyak kelebihan lainnya yang akan anda temukan setelah smartphone anda menggunakan pie.

Penutup

Demikian artikel membahas fitur android pie 9 dan kelebihannya, Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel