. Pengertian dan Makna IoT [Belajar IoT Pemula] - IME Android -->

Pengertian dan Makna IoT [Belajar IoT Pemula]

Konten [Tampil]
Belajar IOT - Ini Erat sekali kaitannya dengan smartphone android yakni IoT,meskipun untuk internet itu sendiri tidak membatasi menggunakan Hp namun yang pastinya juga tidak membatasi harus menggunakan komputer.

.. Sebelum beranjak lebih jauh tentang belajar IoT menggunakan arduino saya berharap kita sudah paham mengenai arti dari IOT.

Manfaat IoT sendiri sangat luas dapat kita rasakan dalam hidup sehari hari namun saat ini perkembangannya sendiri belum terlalu besar dapat dirasakan oleh masyarakat umum.Mari kita cari tau apa itu Iot Sehingga merasa hal ini cukup penting untuk kehidupan ,


Makna dan pengertian Iot [Internet of Thing]


Step by step mempelajari IOT anda harus paham terlebih dulu terkait dengan pengertian, fungsi lalu peralatan yang digunakan dan bagaimana membuatnya

Pengertian IoT?



IoT merupakan kepanjangan dari Internet of Thing merupakan sebuah konsep yang mempunyai tujuan memperluas manfaat dari konektifitas yang terhubung dengan internet secara terus menerus.

Dengan konsep tersebut memungkinakan mengendalikan benda benda dalam keseharian dapat dikontrol melalui jaringan internet,melakukan share data,control atau mengendalikan termasuk benda dalam dunia nyata bahkan benda rumah tangga.

Makna IoT sendiri mempunyai pengertian yang sangat luas dan cukup erat hubunganya dengan smartphone ,dengan hadirnya teknologi ini smartphone menjadi lebih dari sekedar alat komunikasi melainkan menjadi alat yang dapat menjadi benda yang mengontrol apapun.

Contoh kita bisa mengunci pintu hanya menggunakan Hp dari jarak jauh dengan menggunakan teknologi IoT,mematikan lampu,kontrol air pada rumah dan masih banyak lagi.

Whats?

Begini logika dari cara IoT bekerja melakukan mengunci pintu ,Yaitu dengan Mengirim pesan dari Hp menggunakan aplikasi yang telah disesuaikan kemudian Perangkat Iot menerima ,Memberikan Instruksi ke modul door lock dan menggerakan Kunci ,selanjutnya kunci.

Ini terdengar sangat lucu bagi kita yang awam dalam dunia teknologi,terkesan tahayul namun ini lah yang telah terjadi sehingga dunia sudah mulai dihadapkan dengan otomatisasi yang cukup dahsyat dimana aktivitas manusia sudah mulai banyak digantikan perannya oleh teknologi.


Jika anda berpikir bahwa IoT hanya mampu bekerja sama dengan Smartphone saja itu salah,karena hp jadul pun dapat digunakan mengendalikan hanya via SMS tergantung bagaimana konsep yang dibuat oleh developer IoT yang diinginkan.

Mungkin gambaran dan cara kerja IoT masih membuat bingung namun ada satu contoh yang mampu memperjelas pengalaman anda dalam memahami IoT.

Otomatisasi control debit air ,menghitung produk menggunakan mesin kemudian data tersebut di akan secara otomatis dikirim ke server,atau bisa yang cukup mudah adalah konsep Smart Home.

Bisa kita lihat video di bawah ini tentang bagaimana penerapan IoT terhadap Smart home sehingga pengguna dapat mengendalikan apa yang sudah ditentukan secara jarak jauh hanya menggunakan smartphone.





Prinsip kerja IOT yaitu menerjemahkan bahasa pemrograman yang berisi instruksi tertentu sehingga mampu diaplikasikan dan mengerjakan instruksi mengendalikan benda benda nyata di sekitar.Alat yang digunakan membuat project IoT biasanya dikenal dengan sebutan Mikrokontroler   seperti arduino. Mikrokontroler sendiri cukup banyak variannya tidak hanya iot arduino,Raspberry Pi,Intel galileo dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jenis - Jenis Mikrokontroler arduino dan fungsinya.


Setiap jenis mikrokontroler memiliki karakteristiknya masing masing dengan berbeda jenis maka dari masing masing tipenya memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda juga.

Harga dari mikrokontroler juga dapat dikatakan semakin cerdas maka harga yang ditawarkan semakin mahal pula.Jika anda sudah mulai menggeluti belajar IoT dan akan membuat projects yang cukup kompleks anda dapat menggunakan Raspberry Pi namun memiliki harga yang cukup mahal.

Nah pada prinsipnya   IoT adalah menerjemahkan program yang di masukan kedalam mikrokontroler ,apapun jenis mikrokontroler yang digunakan dalam membangun project.

Ada banyak jenis mikrokontroler di zaman sekarang. Seperti Arduino Uno R3, Raspberry Pi, Intel Galileo, dan lain sebagainya.

Masing-masing mikrokontroler pasti memiliki tingkat kecerdasan masing-masing. Tentunya harganya juga bervariasi, sebanding dengan tingkat kecerdasanya. Kalau Anda ingin tingkat kecerdasan yang cukup mumpuni, Anda bisa membeli Raspberry Pi yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Namun dengan harga tersebut, sangat setara dengan tingkat kecerdasan yang diperoleh. Namun jika anda masih pemula dan masih ingin coba-coba, saya sarankan untuk menggunakan mikrokontroller Arduino saja.

Arduino Uno memang sangat cocok di gunakan untuk kita sebagai seorang pemula karena memiliki harga yang relatif murah di bandrol dengan harga sekitar 150 hingga 300rb ,tetapi harga tersebut merupakan belum termasuk dengan modul pendukung lainya.

Perangkat IoT yang akan di program adalah memiliki konsep kerja mengakses API secara berkala dengan menggunakan Token Key supaya dapat bertukar informasi dengan admin secara berkala.Akses tersebut bersifat rahasia hanya diketahui seorang programer karena dapat terjadi penyalahgunaan dengan melakukan edit ulang program dll.

Saya mau Belajar IoT tapi belum bisa membeli MikroKontroler bisa gak?

Pasti bisa! Buat anda yang mempunyai keinginan untuk belajar IoT namun belum memiliki Arduino maupun Mikrokontroler lain jangan kecil hati,semua berangkat dari niat .. meskipun untuk praktek lebih greget jika lengkap.

Hal yang penting dari belajar IoT adalah anda sudah paham dengan konsep dan cara kerjanya jika belum mempunyai mikrokontroler maka sebagai alternatif anda dapat menggunakan Circuit.io 

Circuit.io adalah sebuah website yang dapat di jadikan alternatif untuk mempelajari IoT menyediakan simulasi pemrograman arduino dilengkapi dengan beberapa modul pendukung untuk belajar iot.

Artinya kita masih bisa belajar meskipun tidak memiliki atau harus beli arduino sendiri so ..kapan lagi kita bisa belajar dengan mudah , disana kita dapat drag and drop design project yang akan kita bangun sehingga anggap saja buat media trial uji coba project IoT.

Itulah kurang lebih pembahasan tentang Makna dari IoT dan pengertianya dan seperti yang telah dikatakan bahwa untuk belajar IoT dengan arduino saat ini anda bisa melalui web circuit.io sebagai pengenalan dan pembelajaran terlebih dulu atau bisa baca -baca dan pahami tentang pengaplikasian dan perintah perintah dari coding yang dibutuhkan dalam membangun iot.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel