Pengertian dan Makna IoT [Belajar IoT Pemula]

Makna dan perngertian Iot [Internet of Thing]

IME android - Ini Erat sekali kaitanya dengan smartphone android yakni IoT,meskipun untuk internet itu sendiri tidak membatasi menggunakan Hp namun yang pastinya juga tidak membatasi harus menggunakan komputer.Sebelum beranjak lebih jauh tentang belajar IoT menggunakan ardunio saya berharap kita sudah paham mengenai arti dari IOT.

Manfaat IoT sendiri sangat luas dapat kita rasakan dalam hidup sehari hari namun saat ini perkembangannya sediri belum terlalu besar dapat di rasakan oleh masyarakat umum.Mari kita cari tau apa itu Iot Sehingga merasa hal ini cukup penting untuk kehidupan ,


Pengertian IoT?



IoT merupakan kepanjangan dari Internet of Thing merupakan sebuah konsep yang mempunyai tujuan memperluas manfaat dari konektifitas yang terhubung dengan internet secara terus menerus.

Dengan konsep tersebut memungkinakan mengendalikan benda benda dalam keseharian dapat di kontrol melalui jaringan internet,melakukan share data,control atau mengendalikan termasuk benda dalam dunia nyata bahkan benda rumah tangga.

Makna IoT sendiri mempunyai pengertian yang sangat luas dan cukup erat hubunganya dengan smartphone ,dengan hadirnya teknologi ini smartphone menjadi lebih dari sekedar alat komunikas melainkan menjadi alat yang dapat menjadi benda yang mengontrol apapun.

Contoh kita bisa menguci pintu hanya menggunakan Hp dari jarak jauh dengan menggunakan teknologi IoT,mematikan lampu,kontrol air pada rumah dan masih banyak lagi.

Whats?

Begini logika dari cara IoT bekerja melakukan mengunci pintu ,Yaitu dengan Mengirim pesan dari Hp menggunakan aplikasi yang telah di sesuaikan kemudian Perangakat Iot menerima ,Memberikan Instruksi ke modul doorlock dan menggerakan Kunci ,selanjutnya kunci.

Ini terdengar sangat lucu bagi kita yang awam dalam dunia teknologi,terkesan tahayul namun ini lah yang telah terjadi sehingga dunia sudah molai di hadapkan dengan otomatisasi yang cukup dasyat dimana aktifitas manusia sudah molai banyak di gantikan perannya oleh teknologi.


Jika anda berfikir bahwa IoT hanya mampu bekerja sama dengan Smartphone saja itu salah,karena hp jadulpun dapat di gunakan mengendalikan hanya via SMS tergantung bagaimana konsep yangdi buat oleh developer IoT yang di inginkan.

Mungkin gambaran dan cara kerja IoT masih membuat bingung namun ada satu contoh yang mampu memperjelas pengalaman anda dalam memahami IoT.

Otomatisasi control debit air ,menghitung produk menggunakan mesin kemudian data tersebut di akan secara otomatis di kirim ke server,atau bisa yang cukup mudah adalah konsep Smarthome.

Bisa kita lihat video di bawah ini tentang bagaimana penerpan IoT terhadap Smart home sehingga pengguna dapat mengendalikan apa yang sudah di tentukan secara jarak jah hanya menggunakan smartphone.





Prinsip kerja IOT yaitu menerjemahakan bahasa pemprograman yang berisi instruksi tertentu sehingga mampu di aplikasikan dan mengerjakan instruksi mengendalikan benda benda nyata di sekitar.Alat yang di gunakan membuat project IoT biasanya di kenal dengan sebutan Mikrokontroler  seperti arduino.Micro kontroler sendiri cukup banyak varianya tidak hanya iot ardunio,Raspberry Pi,Intel galileo dan masih banyak lagi.

Baca
Jenis - Jenis Mikrokontroler arduino dan fungsinya.

Setiap jenis mikrokontroler memiliki karakteristiknya masing masing dengan berbeda jenis maka dari masing masing tipenya memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda juga.Harga dari mikrokontroler juga dapat di katakan semakin cerdas maka harga yang di tawarkan semakin mahal pula.Jika anda sudah molai mengenggeluti belajar IoT dan akan membuat projects yang cukup kompleks anda dapat menggunakan Raspberry Pi namun memiliki harga yang cukup mahal.

Nah pada prinsipnya  IoT adalah menerjemahkan program yang di masukan kedalam mikrokontroler ,apapun jenis mikrokontroler yang di gunakan dalam membangun project.

Ada banyak jenis mikrokontroller di zaman sekarang. Seperti Arduino Uno R3, Raspberry Pi, Intel Galileo, dan lain sebagainya.

Masing-masing mikrokontroller pasti memiliki tingkat kecerdasan masing-masing. Tentunya harganya juga bervariasi, sebanding dengan tingkat kecerdasanya. Kalau Anda ingin tingkat kecerdasan yang cukup mumpuni, Anda bisa membeli Raspberry Pi yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Namun dengan harga tersebut, sangat setara dengan tingkat kecerdasan yang diperoleh. Namun jika anda masih pemula dan masih ingin coba-coba, saya sarankan untuk menggunakan mikrokontroller Arduino saja.

Arduino Uno memang sangat cocok di gunakan untuk kita sebagai seorang pemula karena memiliki harga yang relatif murah di bandrol dengan harga sekitar 150 hingga 300rb ,tetapi harga tersebut merupakan belum termasuk dengan modul pendukung lainya.

Perangkat IoT yang akan di program adalah memilki konsep kerja mengakses API secara berkala dengan menggybakan Token Key supaya dapat bertukar informasi dengan admin secara berkala.Akses tersebut bersifat rahasia hanya di ketahui seorang programer karena dapat terjadi penyalahgunaan dengan melakukan edit ulang program dll.

Saya mau Belajar IoT tapi belum bisa membeli MikroKontroler bisa gak?

Pasti bisa! Buat anda yang mempunyai keinginan untuk belajar IoT namun belum memliliki Arduino maupun Mikrokontroler lain jangan kecil hati,semua berangkat dari niat .. meskipun untuk praktek lebih greget jika lengkap.
Hal yang penting dari belajar IoT adalah anda sudah paham dengan konsep dan cara kerjanya jika belum mempunyai mikrokontroler maka sebagai alternatif anda dapat menggunakan Circuit.io 

Circuit.io adalah sebuah website yang dapat di jadikan aletrnatif untuk mempelajari IoT mneyediakan simulasi pemrograman arduino di lengkapi dengan beberpa modul pendukung untuk belajar iot.

Artinya kita masih bisa belajar meskipun tidak memiliki atau harus beli arduino sendiri so ..kapan lagi kita bisa belajar dengan mudah , disana kita dapat drag and drop desain project yang akan kita bangun sehingga anggap saja buat media trial uji coba project IoT.

Itulah kurang lebih pembahasan tentang Makna dari IoT dan pengetianya dan seperti yang telah dikatakan bahwa untuk belajar IoT dengan arduino saat ini anda bisa melalui web circuit.io sebagai pengenalan dan pembelajaran terlebi dulu ata bisa baca -baca dan pahami tentang pengaplikasian dan perintah perintah dari koding yang di buuhkan dalam membangun iot.
Share This :
IME android

Informasi Seputar Smartphone,Harga Hp samung,Xiaomi,Oppo,Asus,Nokia,Lenovo,dan lainya serta membahas tips dan trik.