. Penyebab dan Cara mengatasi Hp Oppo cepat panas Update - IME Android -->

Penyebab dan Cara mengatasi Hp Oppo cepat panas Update

Konten [Tampil]
Cara Mengatasi Oppo Cepat panas- Pada artikel saya kali ini akan membahas cara mengatasi hp oppo cepat panas.

..mungkin bagi anda pengguna smartphone oppo merasa panik apabila Hp yang kamu miliki menjadi cepat panas . Cukup banyak penyebabnya yang perlu kita analisis terlebih dulu yang dapat menyebabkan suhu pada ponsel tiba-tiba meningkat.

Banyak penyebabnya yang dapat menimbulkan Hp Oppo cepat panas dan perlu anda ketahui agar dapat di hindari. Oppo F3, Oppo F1, Oppo A37 apapun tipenya jika mengalami cepat panas perlu segera diatasi karena di hawatirkan panas yang di alami bukan suatu suhu normal dari hp tersebut.
Hp oppo cepat panas

Cara mengatasi oppo cepat panas. 

Setelah mengetahui cara cek kondisi baterai (suhu)  kemudian mari kita kupas beberapa penyebab meningkatnya suhu yang ada smartphone.

Cepat panas bukanlah suatu hal yang wajar melainkan suatu kondisi yang bisa kita katakan abnormal hal ini harus menjadi perhatian penting.

Dalam mengatasi hp oppo yang cepat panas dapat kita jabarkan sesuai dengan penyebabnya,karena cepat panas pada sebuah smartphone di bukan tanpa sebab pastinya berikut ini beberapa penyebab yang dapat membuat hp menjadi cepat panas.

Baca juga:  Cara reset Pengaturan pabrik Oppo Smartphone

Penyebab Oppo Mudah panas

Cukup kompleks penyebabnya, jadi jika anda bertanya "apa penyebab hp oppo cepat panas" , tentu sebaiknya tidak ada pertanyaan lain kecuali segera memperbaikinya

Namun benar jelas hukum sebab akibat selalu berlaku, meskipun di ranah digital. Hp oppo cepat panas kenapa , atau kenapa hp oppo cepat panas saya akan bahas satu persatu agar setidaknya pertanyaan anda dapat terjawab terkait masalah tersebut.

Mengapa hp oppo cepat panas?


Banyak faktor kenapa hp oppo cepat panas, namun secara garis besar dipengaruhi terhadap dua hal yakni sisi hardware dan software.

keduanya memiliki peranan dan fungsi yang sama-sama mampu menimbulkan konsumsi baterai cepat habis,suhu ponsel meningkat dan lain sebagainya. Dan berikut faktor faktor yang dapat memicu suhu smartphone meningkat.

1. Kena Virus


Pastikan hp anda bebas dari virus maupun malware karena sistem bekerja di paksa oleh virus maupun malware seperti menjalankan script,menayangkan iklan ,sistem menjadi terganggu. Untuk cara mengatasinya anda bisa menggunakan anti virus untuk membersihkan malware pada hp anda.

2. Baterai Hp sudah tidak normal atau rusak.


Bukan hal yang tidak mungkin jika baterai pada anda sudah mengalami kerusakan sehingga suhu baterai dapat meningkat secara drastis,termasuk sering ngedrop.

Ini menjadi point penting dalam melihat sebuah kejadian hp oppo yang cepat panas. Untuk itu pastikan untuk melakukan pengecekan kondisi baterai jika sudah tidak normal silahkan lakukan penggantian .

Tidak jarang baterai yang digunakan pada smartphone bukan original dapat menyebabkan hp menjadi cepat panas, sebaiknya ketika akan mengganti baterai selalu mengganti dengan baterai yang asli bukan baterai KW atau palsu.
Baca juga: Cara mengatur Keyboard ponsel Oppo

3. Terlalu banyak Aplikasi.


cara mengatasi hp cepat panas
Terlalu banyak aplikasi yang terinstall pada hp oppo akan membuat kinerja perangkat menjadi berat karena tugas yang dikerjakan.

Sehingga beban yang di miliki menjadi beat dan membutuhkan daya tinggi, suhu baterai & komponen cepat meningkat, bukan hanya itu saja  baterai akan mengalami cepat habis atau boros.,

Untuk mengatasinya anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai utamakan pada aplikasi yang membutuhkan selalu terhubung dengan internet seperti social media.

Sebaiknya batasi penginstalannya. Selain aplikasi sosial media perlu di perlu diperhatikan juga beberapa apps yang membutuhkan grafis tinggi seperti game.

4. Jaringan Sinyal Dan internet yang buruk.


Tidak kalah pentingnya jika sinyal yang buruk dapat menyebabkan hp oppo anda menjadi cepat panas,untuk itu sebelum and mengarah ke penyebab lainya sebaiknya untuk memastikan area anda memiliki jaringan yang kuat.

Beberapa aplikasi membutuhkan akses internet,jika sinyal di tempat anda buruk maka aplikasi aplikasi tersebut akan melakukan ping secara terus menerus ke server,alhasil kinerja smartphone sangat tinggi ,bukan hanya itu saja sistem juga akan melakukan search secara otomatis dan terus menerus mencari gelombang sinyal, dampaknya adalah suhu pada baterai akan meningkat.
Baca juga; Cara mengecek imei Oppo Smartphone

5. Multitasking berlebihan. 

Multitasking yang berlebihan akan membuat daya pada hp anda cepat habis, aplikasi tersebut akan tetap berjalan di belakang layar dan menyebabkan hp menjadi mudah panas.

Berbagai komponen yang ada pada perangkat di dalam smartphone bekerja terlalu keras dengan dialiri arus listrik, hal ini menjadi pemicu suhu nya mudah meningkat.


6. Hindari melakukan Overclocking. 

Overclock sangat tidak direkomendasikan karena komponen hp oppo anda akan dipaksa bekerja pada tingkat paling maksimal, meskipun hal ini akan membuat kinerja hp menjadi lebih cepat akan tetapi disisi lain hp anda akan menjadi cepat panas.

Overclock sendiri dapat di lakukan pada smartphone yang sudah di root biasanya untuk menghasilakan kcepatan yang tinggi untuk kebutuhan kusus seperti nge-game,mungkin dalam dunia otomotif bisa kita katakan seperti custom menjadi engine racing  :D.

7. Sistem Operasi Error

Penyebab Oppo cepat panas yang ketujuh adalah masalah yang terjadi pada sistem. Hal ini biasanya di karenakan oleh perlakukan modifikasi yang menimbulkan sistem memiliki bug.

Sedangkan ini mungkin hanya di temukan pada perangkat yang sudah di root, bahkan bukan hanya cepat panas MOD Sistem juga bisa berdampak pada Bootloop.

8. Bug dan Aplikasi tidak update

Selain terlalu banyak aplikasi terisntall tanpa memperhatikan spesifikasi mampu memicu yang membuat hp oppo cepat panas, pada sektor lain juga bug.

Tidak kompatibel antara apps terinstall pada handphone menjadi bug umum yang biasanya terjadi ketika antara keduanya tidak di upadete. Untuk itu pastikan kamu selalu mempebarui apl terinstall menghindari bug.

9. Pemakaian Smartphone sambil di charge.

Tidak sabar menunggu penuh memaksa pengguna terkadang memakai ponsel mereka dalam kondisi terhubung dengan charger. Hal ini bukan hanya menimbulkan daya lama teisi, namun cukup berbahaya dan memicu hp oppo menjadi mudah panas.

10. Komponen short.

Penyebab 10 menjadi yang terburuk, bukan tidak mungkin komponen diado, kapasitor atau IC pada smartphone ada yang short. Hal tersebut biasanya di iringi dengan suhu panas yang mampu meningkat dengan cepat , hp oppo restart sendiri.

Cara mengatasinya jelas dengan mencari komponen yang sudah error atau short , lalu ganti baru agar peforma ponsel bisa pulih kembali.

Mengatasi Hp Oppo Cepat panas.

Bagaimana cara memperbaiki ponsel yang cepat panas, Saya berharap sih masalah tersebut bukan menyangkut kerusakan pada komponen ya..

Nah kamu bisa melakukan beberapa hal berikut untuk memperbaiki nya hingga normal kembali.

1. Matikan Aplikasi Yang tidak di Gunakan

Dengan mematikan aplikasi yang sudah tidak terpakai maka hal ini sudah menekan tingkat peningkatan panas pada smartphone oppo.  Hal ini haruslah di lakukan secara disiplin untuk menghindari beban kinerja ponsel.

Selain itu cukup banyak keuntunganya kok , aplikasi yang tidak tertutup di belakang layar masih aktif dan terus terhubung dengan internet memungkinkan paket data terpakai. Boros juga kan, selain mencegah panas juga sekalian hemat daya.

2. Matikan paket data atau pakai mode terbang.

Setiap kali jaringan internet buruk , ponsel akan bekerja secara extra melakukan ping ke server dan mengulangi terus melakukan pencarian. Tentu ini memicu suhu perangkat mudah meningkat..

Cara mengatasi ponsel oppo panas dalam posisi ini sebenarnya cukup mudah, silahkan alihkan ke mode terbang hp anda sejenak dan aktifkan kembali.

Apabila  jika sinyal masih lemah maka kemungkinan area tersebut kurang mendukung untuk provider yang anda gunakan atau smatphone sudah lemah dalam menangkap sinyal.

3. Hindari Overclock Smartphone.

Proses overclock menajdikan ponsel kerja secara extra, dengan menggunakan tenaga secara keseluruhan chipset. Bukan hanya performa saja yang meningkat, suhu ponsel juga mudah panas.
Salah satu memperbaiki oppo mudah panas adalah mengembalikan setelan overclock ke kondisi standar kembali.

4. Mengganti baterai.


Memperbaiki ponsel over heat tidak hanya pada sektor software saja, melainkan kamu harus memperhatikan pada sisi hardware. Diantaranya baterai, memiliki peranan yang sangat penting dalam kelangsungan pemakaian smartphone.

Untuk beberapa penyebab di antaranya yakni di timbulkan dari baterai oppo yang sudah rusak mampu menjadi pemicu yang berbahaya. Bahkan tidak jarang menyebabkan meledak karena overheat. Dalam hal ini apabila di ketahui suhu meningkat dengan cepat di sebabkan oleh baterai pastikan ganti dengan baterai oppo original.

5. Update Aplikasi.

Pengguna umumnya tidak memperhatikan pembaruan tersedia, pada beberapa kasus memang ini menjadi pemicu yang menimbulkan suhu perangkat mudah meningkat. Cara memperbaikinya cukup mudah kok, kamu dapat update apps secara keselurahan. 

6. Matikan Smartphone saat di cas.

Mematikan daya ketika dalam pengisian tidak hanya menekan suhu agar tidak meningkat, hal ini juga menjadi lebih aman serta baterai menjadi awet di bandingkan dengan sambil di gunakan yang membahahayakan.

7. Reset ke pengaturan Pabrik.

Bebagai upaya perbaikan aplikasi dan sistem operasi sudah di lakukan namun hp oppo panas dan baterai cepat habis tidak kunjung sembuh. Apabila tidak di pengruhi oleh kerusakan komponen maka langkah facory reset adalah jalan terakhir yang paling ampuh sebelum flashing.

Tetapi hal ini dapat menimbulkan semua data pada perangkat akan hilang tehapus secara permanen dan di kembalikan pada kondisi standar setelan pabrik.

Tips Kontrol suhu Smartphone Oppo.

Tips nya sederhana ketika hp sedang panas, dan ini lah yang harus anda lakukan supaya aman dari segala sesuatu yang buruk.
  • Matikan paket data
  • Cek suhu ponsel 
  • Letakan Smatphone di keramik, jika memungkinkan copot baterai
  • Matikan ponsel,
Setidaknya itulah yang bisa di lakukan ketika dalam kondisi over heat supaya aman dan Solusi pertama mengatasi oppo cepat panas dengan aman.

Cara Cek suhu baterai HP Oppo.

Anda dapat melakukan pengecekan suhu baterai pada smartphone menggunakan kode *# *#4636# *#*  dengan menggunakan kode ini kita dapat melihat suhu baterai yang ada pada smartphone,

..dan perlu anda waspadai jika smartphone anda miliki mempunyai suhu diatas 50% sebaiknya disegerakan untuk mengistirahatkan atau di matikan saja terlebih dulu.

Karena jika terus digunakan suhu pada baterai akan terus meningkat sehingga berpotensi hal buruk. Berikut tata cara pengecekan suhu baterai pada hp oppo anda.
Pertama silahkan ketikkan kode *#*#4636#*#*,Kemudian akan muncul beberapa menu utama bisa anda lihat di bawah.


Cek baterai oppo

Selanjutnya pilih informasi baterai, maka akan muncul berapa informasi baterai yang di gunakan pada smartphone anda termasuk suhu baterai.

Penutup

Demikian ulasan tentang masalah, baterai, hp,dan cara mengatasi hp oppo cepat panas melalui berbagai kemungkinan yang ada. Tetapi jika semua hal di atas sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil,maka perlu di cek secara keseluruhan komponen hardware atau membawanya ke service center resmi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel