Bahaya root hp android yang dapat terjadi Pada Smartphone - IME Android

Bahaya root hp android yang dapat terjadi Pada Smartphone


Resiko root hp - Dalam dunia android kita mengenal adanya root, dengan melakukan root kita bisa mendapatkam akses sistem tanpa batas pada smartphone.  Melakukan twaking MOD sistem dan banyak lagi.

Disamping itu juga memiliki bahaya yang dapat menghampiri ponsel tersebut.Untuk menglakukan root sebaiknya memang anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu resiko yang akan terjadi pada Hp android anda yang telah di root.

Kerugian Hp android  telah di root salah satunya garansi resmi akan hilang atau tidak berlaku lagi,dan masih banyak lagi potensi lain.

Bahaya Hp android yang di root  / dampaknya cukup variatif, akan tetapi  efek rooting hp lebih dominan mengancam software. 






Bahaya root hp





Bahaya dari dampak root hp


1. Yang pertama : Garansi hangus / tidak berlaku
Tidak perlu mencoba melakukan claim garansi jika terdapat kerusakan yang di sebabkan oleh melakukan root.

Dianggap sebagai sebuah penyalahan yang menimbulkan hak kita melakukan claim garansi sudah tidak berfungsi lagi.

Ketentuan yang dapat menyebakan claim garansi menjadi tidak berfungsi adalah melakukan modifikasi sistem atau ROOT.

2. Rentan terhadap virus. 


Banyak potensi yang bisa terjadi, secara umum proses root menyebabkan akses ke sistem terbuka.

..  dengan kata lain ketika hp sudah dalam kondisi telah di root lebih rentan terhadap potensi bahaya gangguan terhadap sistem atau ancaman virus, maleware.

Kemudian bagaimana agar hp terhindar dari hal tersebut?? 

Jangan Root Hp anda !! 

3.Tidak dapat Update Sistem Operasi.

Mungkin melakukan upddate adalah salah satu nila tambah pada smartphone yang dalam konsisi standart ,dalam hal ini yang saya maksud adalah update via OTA.

Sayangnya pada saatu hp sudah di root Tidak dapat melakukan upgrade sistem operasi android.

.. meskipun anda mendapat notifikasi update,  tetapi hal ini tidak dapat dilakukan karena sistem ponsel anda dianggap sudah dihapus. 

Update sistem di lakukan via OTA (on the air)  hanya dapat di lakukan oleh hp android yang belum teroot, sebaiknya untuk hp android yang sudah di root tidak perlu memikirkan melakukan upgrade /update sistem operasi. 


Solusinya jika sudah terlanjur di root maka anda dapat melakukan update dengan cara flash.

...karena pelayanan update by OTA sudah di blok .

4.Kerusakan pada software


Dengan melakukan root memungkinkan terjadi kerusakan software atau sistem menjadi sangat potensial.

Salah satunya berdampak rentan bootloop..


Walaupun bootloop bisa diatasi dengan di lakukan mereset hp atau melakukan flash ulang, akan tetapi hal ini menjadi salah satu dampak masalah yang paling mungkin apabila hp android anda di root. 

Pastikan anda sudah melakukan persiapan segala kemungkinan yang dapat terjadi ,stidaknya sudah melakukan backup,memiliki file frimware / stock ROM sebagai antisipasi jika terjadi bootloop.

5.Perubahan sifat Hp android. 


Bahasanya sedikit lebay "sifat" , yang di maksud sifat disini lebih ke karakteristik dari hp itu sendiri menjadi lebih tidak stabil.


.. nah potensi ini sangat mungkin terjadi pada hp android yang telah di root, dengan melakukan tweaking sistem maka dampaknya salah satunya sistem tidak stabil. 

Bagi hp android yang telah terlanjur sudah di root sebaiknya pahami terlebih dahulu sistem android, dan fungsi bloatware apabila akan di unistall.

Jangan sampai salah membuang aplikasi bawaan yang berakibat kegagalan / Hp menjadi terganggu kinerjanya. 


6. Hp menjadi cepat panas / over heat. 

Saya tidak yakin dengan potensi yang satu ini, yakni suhu smartphone menjadi mudah naik,temperatur cepat panas.

Meskipun secara performa dapat menjadi lebih cepat,tetapi dari sisi kenyamanan dalam penggunaan menjadi kurang.

Panas pada hp adalah bersumber dari komponen atau mesin hp , dimana terdapat ada beberapa komponen komponent kecil seperti IC yang dimana untuk kondisi panas mampu mengurangi life time dari komponet itu sendiri. 

Jelas sekali bukan lifetime komponen berpengaruh terhadap masa pakai dari hp itu sendiri menjadi lebih berpotensi cepat rusak. 


7.  Kerusakan EMMC 


Yang lebih menyeramkan lagi adalah potensi terjadi kerusakan EMMC / Corrupt blok OS  pada smartphone.

Untuk kerusakan ini sudah tergolong fatal, karena hp anda sudah tidak bisa di lakukan recovery mode atau flashing. 

Cara mengatasi hp android mengalami kerusakan EMMC ini bisa hanya bisa dilakukan dengan menggantinya EMMC baru.

Seperti halnya dengan salah satu type atau merek hp android Adromax A dew, adalah salah satu type ponsel yang rentan terhadap kerusaka akibat proses root. 

Banyak dari teman teman yang melakukan gagal root pada type ini berakibat fatal, mengalami kerusakan permanent dan tidak dapat masuk ke recovery mode atau fastboot. 

Masih mau melakukan root, apapun keputusan anda pastinya sudah mutlak menjadi hak anda. 

Nah untuk menekan resiko terjadi hal hal yang tidak di inginkan ketika anda akan melakukan root hp android, ada sedikit tips yang bisa lakukan. 


Baca juga



Mencegah gagal root dan bootloop


Gunakan tools di sesuaikan dengan versi android, dengan melakukan pemilihan aplikasi root yang cocok  menekan terjadinya gagal dan bootloop! 

Banyak sekali aplikasi root akan tetapi perlu anda ketahui tidak semua aplikasi cocok dengan merek hp dan versi OS .

Selain aplikasi juga batterai yang cukup untuk sampai selama proses root selesai tidak kehabisan daya. 

Khusus Andromax A (dewa)  Saya lebih mengatakan jangan lakukan root sama sekali , kalau hanya mencoba dan sebelumnya belum pernah melakukan root pada merek dan type yang sama. 

Alasanya untuk Andromax A dewa bisa saya katakan tidak bisa di root (kasar), saat di root bisa menyebabkan broken permanet.


Mencegah over heat pada hp android yang telah di root. 

Untuk over heat sendiri tidaklah otomatis dari dampak atau akibat hp di root, banyak sekali faktor dari penyebab hp menjadi cepat panas seperti : sinyal, memori penuh dan sebagainya termasuk di sebabkan oleh root. 

Akan tetapi untuk penyebab dari root sendiri saya katakan sekalilagi tidak otomatis cepat panas apa bila hp sekedar melakukan root, yang menyebabkan cepat panas disini adalah dengan melakukan over clock, tweaking sistem, MOD sistem. 

Maka penekananya adalah dengan tidak melakukan Modifikasi sistem secara berlebihan dan tidak melakukan over clock.

Lakukan backup antisipasi hal hal yang di luar dugaan. 

Perlakuan kita terhadap smartphone adalah faktor penting yang menjadi sumber terbesar adanya masalah yang menyerang / memberikan potensi kerusakan. 

Untuk sebab itu sebelum melakukan root atau modifikasi sistem ,disarankkan untuk melakukan backup terlebih dahulu. 

Pasang anti virus 

Setelah root pastikan hp anda di lindungi dari kemungkinan serangan virus atau maleware. Untuk itu penting sekali peran anti virus sebagai perlindungan dari ancaman ancaman yang memungkinkan dapat merusak sistem. 

Masih mau melakukan  root hp android anda?

Dengan telah mengetahui resiko atau bahaya dari melakukan root hp maka anda sudah dapat memutuskan atau setidaknya hal ini dapat di jadikan pertimbangan dan wawasan.


Akhir kata :

demikian artikel saya kali ini membahas tentang beberpa potensi bahaya yang dapat di timbulkan dari melakukan root hp android buat anda yang ingin melakukan root hp sebaiknya persiapka segala kemungkinan yang terjadi.Terimakasih
Share This :
IME android

Informasi Seputar Smartphone,Harga Hp samung,Xiaomi,Oppo,Asus,Nokia,Lenovo,dan lainya serta membahas tips dan trik.