. Cara Mudah Membuat Cv Di Canva - IME Android -->

Cara Mudah Membuat Cv Di Canva

Konten [Tampil]

Membuat CV yang menarik dan profesional adalah langkah penting dalam mencari pekerjaan atau kesempatan karier baru. Salah satu alat yang dapat membantu Anda dalam proses ini adalah Canva. Canva adalah platform desain grafis online yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis materi visual, termasuk CV.

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk membuat CV menggunakan Canva. Dengan antarmuka yang intuitif dan berbagai template desain yang tersedia, Canva membuat proses pembuatan CV menjadi lebih mudah dan efisien. Mari kita mulai!

Cara Mudah Membuat Cv Di Canva

Untuk memulai mengedit CV lamaran kerja gratis di Canva, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan. Di bawah adalah Langkah-langkah membuat CV di Canva:

1. Download Atau Kunjungi Situs Resmi Canva

Bagi kamu yang ingin mengedit atau membuat CV di smartphone kamu bisa mendownload aplikasinya terlebih dahulu di goggle play store. Namun, kamu juga bisa secara langsung mengunjungi situs resmi canvanya sendiri yang bisa di akses menggunakan smarhtphone, laptop, atau komputer anda sendiri.

2. Buat Akun

Untuk mulai mengedit CV di Canva, kalian harus membuat akun terlebih dahulu di Canva. Untuk menghemat waktu bisa login dengan akun Facebook atau Google.

3. Pilih Template CV

Setelah berhasil membuat akun di Canva, tap menu template di bagian kiri atas lalu cari pilihan “Resume” untuk membuat CV lamaran kerja.

Pada kategori “Resume” di Canva, terdapat banyak pilihan template dan desain CV. Kamu juga dapat memilih desain CV di Canva sesuai kebutuhanmu, apakah desain CV modern, curriculum vitae sederhana atau CV yang menarik.

Kebanyakan ukuran CV di Canva adalah A4 atau 21 x 29.7cm, namun kalian juga bisa mengubah ukuran khusus seperti ukuran video, presentasi, poster dengan menggunakan Canva premium.

Ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat CV di Canva dari nol:

a. Ubah background

Setelah memilih menu resume, kamu akan diarahkan ke halaman yang menampilkan kertas kosong. Kertas ini bisa kamu ubah warnanya sesuai dengan preferensimu. Caranya adalah dengan memilih menu template yang ada di bagian kiri tampilan layar. Akan ada pilihan berbagai background yang ditawarkan oleh Canva. Kamu juga bisa memilih warna sendiri, dengan menekan menu uploads.

b. Masukkan elemen


Tahap selanjutnya adalah memasukkan elemen-elemen ke CV-mu. Elemen pada CV di Canva adalah berbagai bentuk, gambar, atau unsur-unsur grafis lainnya yang bisa mempercantik CV-mu.

Misalnya, bentuk lingkaran atau segitiga yang bisa kamu atur posisinya agar CV-mu terlihat lebih menarik. Selain itu, menambahkan elemen garis bisa memberi batas pada berbagai bagian CV sehingga terkesan lebih rapi. Cara memasukkan elemen adalah memilih menu elements yang ada di bagian kiri.

Apabila ingin memasukkan foto, maka pilih menu photos. Sedangkan, apabila ingin menambah bentuk atau garis, pilih menu graphics. Semua hal tersebut dapat kamu temukan setelah memilih opsi more pada kolom kiri layar.

Kamu bisa menyesuaikan ukuran, warna, dan posisi dari foto, bentuk, dan garis yang kamu masukkan ke dalam CV-mu. Ada berbagai elemen yang bisa kamu gunakan secara gratis. Akan tetapi, apabila kamu memilih elemen yang berbayar, kamu bisa membelinya seharga 1 dolar AS untuk sekali pakai.

c. Buat header

Setelah membuat elemen di CV, kamu bisa mulai menulis isi CV-mu. Unsur pertama yang sebaiknya dituliskan adalah bagian judul atau header. Klik menu text yang ada di bagian kiri layar. Lalu, pilih menu add a heading.

Masukkan nama dan pekerjaanmu di heading ini. Misalnya, “Tn. A, Ahli Komunikasi”. Apabila ternyata heading terlalu besar, atau posisinya kurang pas, kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan preferensimu. Ada menu penggantian font, ukuran tulisan, warna tulisan, ketebalan, cetak miring, dan lain-lain di bagian atas layar.

d. Isi profil profesional

Profil profesional pada CV di Canva adalah satu hingga dua kalimat yang ditulis di bawah namamu sebagai gambaran umum karier profesionalmu. Cara menuliskannya masih di dalam menu text pada bagian kiri layar. Setelah itu, pilih menu add a subheading.

Isi kalimat pengantar CV singkat. Misalnya, “Tn. A adalah lulusan dari Universitas X dengan Program Studi Z, serta memiliki pengalaman selama K tahun di bidang Komunikasi.”. Kamu juga bisa menyesuaikan jenis font, ukuran, warna, dan lain-lain di bagian atas layar.

4. Tambahkan Informasi Pribadi

Setelah memilih template CV online di Canva yang paling cocok untuk kebutuhanmu, edit isi CV sesuai dengan data dirimu. Tuliskan nama, data pribadi, dan pengalaman hidupmu. Tambahkan header di bawah nama agar mempermudah HR mengenal posisi yang kamu incar saat melamar pekerjaan.

5. Finishing CV

Setelah kamu menyelesaikan semua unsur dalam CV di Canva, saatnya finishing. Pada tahap ini, kamu bisa menggunakan fitur grouping agar CV-mu lebih rapi. Cara menggunakannya adalah memilih berbagai elemen atau tulisan yang ingin kamu jadikan satu kelompok. Setelah itu, klik menu group yang ada di pojok kanan atas layarmu.

Unsur yang bisa kamu jadikan satu kelompok biasanya memiliki kesamaan tertentu. Misalnya, kamu ingin menjadikan header dan profil profesional yang berlokasi di bagian atas menjadi satu group agar lebih mudah dalam merapikan CV. Pastikan posisi, warna, dan ukuran dari elemen dan tulisan bersifat proporsional dan tertata, ya!

6. Simpan dan bagikan CV

Setelah pembuatan CV-mu selesai, kamu bisa langsung menyimpan CV-mu. Canva menawarkan fitur download CV dengan format JPG maupun PDF. Untuk mengunduh CV di Canva, klik tombol panah ke bawah yang ada di bagian kanan atas layar.

Kamu juga bisa membagikan CV-mu secara langsung melalui saluran digital, seperti sosial media maupun email. Canva juga menawarkan fitur yang memungkinkan teman serta keluarga ikut memberi masukan mengenai CV-mu, lho! Klik tombol share, dan masukkan alamat email teman atau keluargamu pada kolom yang tersedia. Bila sudah usai, langsung klik send untuk mengirim CV.

Keunggulan dan Kekurangan Membuat CV Canva

Dari sekian banyak platform CV online gratis di internet, Canva menjadi salah satu platform favorit orang Indonesia. Namun, Canva sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan untuk kategori editor CV. Yuk kita lihat agar lebih memahami keuntungan buat CV online di Canva.

Kelebihan membuat CV dengan Canva

  • Gratis: Menyediakan beragam template CV online secara gratis yang dapat diakses melalui website ataupun aplikasi Canva.
  • Mudah: Tinggal memilih template yang sesuai dengan kebutuhan dan isi data diri, bikin CV di Canva hanya memerlukan waktu yang singkat.
  • Praktis: Ada banyak contoh CV yang disediakan Canva memungkinkan setiap orang membuat CV yang menarik.

Kekurangan membuat CV dari Canva

  • Hanya bisa 1 halaman: Template CV di Canva mayoritas hanya 1 halaman, jika informasi pengalaman kerja maupun riwayat pendidikan kamu terlalu banyak, maka kamu harus memilih yang paling penting saja.
  • Tidak memasukkan informasi penting: Karena mementingkan desain dan layout yang bagus, seringkali membuat CV di Canva harus membuang informasi penting demi menjaga keindahan visual.
  • Tidak ATS-friendly: Jaman sekarang ini, untuk menghemat waktu perekrutan, banyak perusahaan yang sudah menggunakan sistem ATS untuk screening CV lamaran kerja pada tahap awal. Meskipun template CV yang ditawarkan Canva sangat menarik, namun mesin ATS tidak bisa membaca gambar ataupun elemen. Alih-alih mendapatkan interview, CV kamu justru malah tidak lolos mesin ATS.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat membuat CV profesional menggunakan Canva dengan mudah. Jangan lupa untuk menyesuaikan konten CV dengan kebutuhan dan pengalaman Anda sendiri. Yuk buruan buat CV agar bisa cepat-cepat dilirik rekruter dan mendapatkan interview kerja! Semoga berhasil!



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel