. Rekomendasi Software Manufaktur untuk Perusahaan - IME Android -->

Rekomendasi Software Manufaktur untuk Perusahaan

Konten [Tampil]

Semua industri yang bergerak di bidang manufaktur, akan memerlukan sumber daya yang banyak dalam proses operasionalnya. Hal ini tentunya berhubungan dengan aktivitas pengolahan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau bahkan sampai menjadi barang yang layak dijual.

Seluruh proses tersebut membutuhkan berbagai macam sumber daya, mulai dari sumber daya manusia, teknologi, mesin, alat, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini,  artikel dari RedERP akan menjelaskan mengenai software manufaktur, jenis-jenisnya serta rekomendasi software manufaktur terbaik yang bisa digunakan di perusahaan Anda. Simak ulasannya berikut ini ya!

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Gopay

Apa Itu Software Manufaktur?

software manufaktur

Software manufaktur merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengotomatisasi kegiatan operasional dalam bisnis manufaktur. Aktivitas operasional yang dimaksud meliputi perencanaan produksi, pengecekan persediaan barang, alokasi sumber daya, pembagian tugas dan mengatur rute produksi.

Penerapan software manufaktur di perusahaan akan terintegrasi dari serangkaian proses di atas menjadi suatu kesatuan, sehingga produsen dapat dengan mudah menjalankan proses operasional perusahaan, serta mendapatkan gambaran yang jelas secara real-time melalui sistem yang ada pada software tersebut.
Baca Juga: Aplikasi MyPertamina dan Cara penggunaannya

Jenis-jenis software manufaktur

Berikut adalah jenis-jenis software manufaktur yang perlu Anda ketahui dan pahami berdasarkan fungsinya masing-masing, antara lain:

#1. Software Design

Sesuai dengan jenis softwarenya, perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk membuat desain dari produk yang dibuat, yang kemudian akan dipasarkan kepada konsumen.

#2. Software Akuntansi

Software akuntansi ini berguna untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola segala hal yang berhubungan dengan akuntansi atau pencatatan keuangan perusahaan. Seperti kegiatan pencatatan transaksi, pengelolaan keuangan perusahaan, penyimpanan data keuangan, dan lain sebagainya.

#3. Software Human Resource

Software ini berguna untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola seluruh tenaga kerja menjadi lebih efisien dan efektif. Software ini akan memudahkan segala urusan mengenai administrasi karyawan seperti payroll, pengaturan shifting, absensi karyawan dan lain sebagainya.

#4. Inventory Management Software

Inventory management software adalah jenis perangkat lunak yang berhubungan dengan persediaan barang atau inventory yang dimiliki oleh perusahaan. Penerapan software ini akan memudahkan perusahaan dalam melakukan manajemen stok barang, seperti pendataan stok, pengelompokkan, dan pengendalian barang.

#5. Equipment Software

Equipment software adalah jenis perangkat lunak yang berhubungan dengan kegiatan pengelolaan alat-alat yang dibutuhkan pada saat proses produksi. Software ini akan membantu perusahaan dalam melakukan proses produksi secara lebih terorganisir, karena proses produksi akan beroperasi secara otomatis.


#6. Supply Chain Management Software

Pada software jenis ini, akan membantu perusahaan dalam mengelola rantai pasok dari hulu ke hilir yang dimulai dari aktivitas produksi, distribusi, hingga sampai ke tangan konsumen atau end user.

Rekomendasi Software Manufaktur Terbaik yang Digunakan di Indonesia
Setelah mengetahui pengertian dan jenis dari software manufaktur, selanjutnya Anda perlu mengetahui mengenai rekomendasi software manufaktur terbaik yang digunakan di Indonesia. Berikut diantaranya:

#7. RedERP

RedERP merupakan sebuah software ERP yang bisa mengintegrasikan operasional bisnis menjadi satu kesatuan yang lebih efektif dan efisien. RedERP mampu untuk memberikan visibilitas dan juga kontrol terhadap seluruh aspek proses bisnis yang dimiliki perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur.

Terdapat beberapa modul dalam Software RedERP yang dapat menunjang perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, yaitu:
 

Distribusi & Persediaan
Modul ini akan memudahkan seluruh operasional bisnis yang meliputi proses persediaan barang, distribusi, stok opname, analisa, dan pembuatan laporan.
 

Akuntansi
Modul akuntansi akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pengelolaan keuangan perusahaan, seperti pengelolaan anggaran, tracking pembelian, pajak, sampai pembuatan laporan keuangan. Hal ini tentunya bisa dikelola dengan mudah melalui modul Akuntansi RedERP.


Pengadaan & Pengoperasian
Modul pengadaan & pengoperasiaan akan membantu perusahaan Anda dalam mengelola seluruh proses pengadaaan yang terkait pada proses produksi. RedERP menyajikan sistem pengadaan yang lebih sederhana, sehingga dapat menghemat waktu dan juga biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan.


Demikianlah artikel mengenai rekomendasi software manufaktur untuk perusahaan. Semoga artikel dari RedERP ini dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan Anda dalam menemukan software manufaktur terbaik. Terimakasih telah membaca sampai akhir.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel