. 4 Cara cek Tagihan Listrik Lewat HP - IME Android -->

4 Cara cek Tagihan Listrik Lewat HP

Konten [Tampil]

Cara cek Tagihan Listrik Lewat HP - Listrik menjadi kebutuhan umat manusia yang tidak dapat ditawar lagi. Hampir semua aktifitas membutuhkan listrik.

Apakah ada cara cek tagihan listrik online lewat HP? Hari gini tidak ada yang tidak mungkin, karena jaman sudah serba modern loh. Semua bisa dilakukan secara online dan bisa dengan mudah lewat HP android saja.

Listrik adalah kebutuhan pokok/ vital manusia mendukung perkembangan teknologi. Maka menggunakan listrik telah jadi keharusan untuk menunjang berbagai aktivitas dalam kehidupan.

Penggunaan listrik harus bijak mengingat konsumsinya dikenai biaya. Agar tidak terlalu boros dalam pemakaiannya, anda perlu rajin memantau tagihan listrik.

Nah artikel ini akan mengulas cara cek tagihan listrik dengan mudah. Bisa dilakukan secara online dan pakai hp. Bagaimana caranya? simak selengkapnya ulasannya berikut ini

Tagihan Listrik PLN

Saat ini ada dua jenis layanan Perusahaan Listrik Milik Negara Atau biasa dikenal dengan PLN. Yang pertama listrik bulanan dan kedua listrik token.

Listrik bulanan atau biasa dikenal dengan istilah prabayar. Merupakan layanan masyarakat dimana pengguna melakukan konsumsi daya terlebih dulu dan bayar di bulan berikutnya sesuai dengan tagihan. 

Sedangkan listrik token , Pengguna tidak mempunyai tagihan apapun karena memakai konsep pascabayar yakni isi daya terlebih dulu sebelum penggunaan. Pengguna akan mempunyai saluran daya listrik ketika mempunyai pulsa token dan meng-input ke kilometer.

Dan dari kedua jenis layanan tersebut hanya satu saja yang bisa di cek tagihan listrik nya yakni pengguna listrik bulanan.

 Siapapun bisa mengetahui tagihan yang harus dibayarkan sesuai dengan yang telah dipakai. Cara mengecek tagihan listrik lewat hp sangat mudah kok. Setelah mengetahui , maka kalian dapat menyiapkan uang untuk membayarnya.

Bahkan saat ini berbagai metode pembayaran sudah mendukungnya, termasuk memakai dompet digital loh. Lebih praktis, Seperti membayar listrik lewat OVO.

Berapa tagihan listrik bulan bulan ini, berikut cara mengetahuinya.

Cara cek Tagihan Listrik Lewat HP

Cara cek tagihan listrik online lewat Hp

Pengguna telepon pintar maupun hp biasa juga bisa melihat tagihan listrik bulan ini. Apalagi smartphone memiliki akses lebih luas lagi, mulai internet browser, aplikasi dan masih banyak lagi.

Cara mengecek tagihan listrik PLN ini berguna sekali buat pelanggan. Kecuali yang memakai kilometer token, metode pengisian langsung memakai pulsa atau dikenal sebagai token listrik.

Metode yang bisa di lakukan untuk mengetahui tagihan listrik beragam, via SMS, telepon bahkan aplikasi mobile resmi miliki PLN.  Berikut caranya.

1. Mengecek Tagihan Listrik Lewat Email.

Mengecek Tagihan Listrik Lewat Email

Cara yang pertama adalah mengecek tagihan listrik online memanfaatkan surat elektronik email. Sejauh ini masih efektif pemakaian surel , email biasanya juga berguna sebagai syarat mendaftar berbagai platform online , kirim berkas hingga pengajuan informasi tagihan listrik bulanan.

Kirim email cek tagihan listrik dapat dilakukan menggunakan smartphone, dengan cara mengirim email ke PLN. Pihak PLN menjembatani pelanggan memperoleh informasi tagihan dan pembayaran dalam bentuk e-billing. 

Tetapi kalian wajib untuk melakukan registrasi terlebih dahulu melalui situs resminya.

Lakukan prosedur pendaftaran e-billing dan melengkapi data dan pengisian secara benar. Siapkan syaratnya, atau bisa hubungi email PLN pln123@pln.co.id terlebih dulu.

Caranya,

Buka aplikasi email pada perangkat kalian.

Isi subjek , tulisan pertanyaan terkait pembayaran ,registrasi e-billing, syarat dan info tagihan.

Kemudian tunggu balasan dan ikuti instruksi berikutnya.

Bagi yang belum terbiasa penggunaan email mungkin akan sedikit canggung dan kaku. Tetapi tenang saja, karena masih ada alternatif lain untuk mengetahui jumlah tagihan listrik bulanan yang harus dibayarkan sesuai dengan kilometer milik kalian.

Baca Juga, Call Center Bank Sahabat Sampoerna

2. Cara Cek Tagihan Listrik Online di Hp Lewat Aplikasi PLN Mobile

Cara cek Tagihan Listrik Online Lewat HP

Perbedaanya dengan Cara cek tagihan listrik online lewat HP lainnya adalah mengharuskan memasang aplikasi terlebih dulu.

Pihak perusahan telah menyediakan aplikasi PLN mobile dapat di download gratis melalui Google play. Sebagai sarana resmi yang ditujukan untuk pelayanan pelanggan lebih mudah cukup melalui smartphone.

Banyak pertimbangan penting yang harus diketahui terkait install aplikasi PLN mobile. Secara umum dapat melayani pelanggan dengan cepat , diantaranya cek pemakaian kWh, informasi lokasi pembayaran tagihan lewat bank.

Sedangkan bagi pelanggan listrik pascabayar , kalian bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk membeli Token pengisian. Tidak hanya itu saja fungsi dari PLN mobile , yakni secara umum sebagai platform pelayanan publik termasuk pengaduan dan cek tagihan listrik online lewat hp .

Cek bayar Listrik lewat hp memakai Aplikasi PLN Mobile.

  1. Lengkap pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunduh aplikasi melalui Play store. Tunggu hingga download selesai dan terpasang pada perangkat android kalian.
  2. Buka Aplikasi yang sudah terinstall, kemudian pilih tab "Menu" lalu "Informasi".
  3. Kemudian silahkan pilih "Informasi Token Listrik dan tagihan"
  4. Tuliskan ID Pelanggan, Atau Nomor meteran sesuai dengan kolom yang sudah disediakan. No ID pelanggan biasanya tertempel pada kilometer.
  5. Lanjutkan dengan Klik tombol "Cari".
    Cara mengecek tagihan listrik online

  6. Secara otomatis aplikasi akan memberikan informasi tagihan yang harus dibayarkan.

Itulah untuk pengguna Android. Cara mengetahui jumlah tagihan bayar listrik pln juga bisa kalian cek di smartphone Apple yang berbasis memakai sistem Operasi iOS.

Cek bayar Listrik untuk Pengguna iOS

  • Sama halnya memakai hp android , pemakaian ponsel berbasis iOS juga mewajibkan kalian memasang aplikasi PLN Mobile melalui iOS Store.
  • Selanjutnya buka apps yang sudah terpasang di Iphone.
  • Klik "Menu" lalu pilih "Informasi"
  • Berikutnya untuk melihat tagihan bulan lalu yang sudah terpakai tap "Informasi Tagihan dan Token Listrik"
  • Masukan Nomor meteran listrik atau ID pelanggan.
  • Terakhir klik "Cari" Maka anda akan melihat informasi jumlah tagihan yang perlu dibayar.
Itulah dua cara mengecek tagihan memakai aplikasi, Pilihan lain juga kalian bisa mengetahui jumlah bayar listrik dengan cek tanpa aplikasi.

3. Cek Tagihan Listrik Via Telepon

Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

Mungkin kalian telah lama mendengar istilah customer service atau pelayanan pelanggan. Sama dengan PLN yang siap melayani anda melalui saluran telepon.

Cara mengecek tagihan listrik tanpa aplikasi ini menurut saya jauh lebih praktis. Pelanggan cukup dengan menghubungi CS dan meminta info tagihan yang harus dibayar. Sebelumnya, pastikan menyediakan no ID pelanggan karena akan menjadi keyword pengecekan.

Kekurangan nya,.

Pada saat memakai aplikasi mengharuskan kondisi perangkat terhubung dengan internet. Sedangkan ketika anda memakai saluran panggilan suara maka pastikan mempunyai pulsa , karena akan dikenakan tarif normal.

Saya sulit menyambung ketika menghubungi pln ,? Pastikan kalian menghubungi Nomor call Center PLN 123 Dengan menggunakan kode area telepon. Contoh 0283-123 kemudian panggil.

Layanan nomor pengaduan dan pelayanan tersebut aktif 24 Jam.

Baca Juga, Cara Transfer Shopeepay Ke Shopeepay lain

4. Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Cara terakhir adalah dengan memanfaatkan pesan singkat. Masih ada yang belum mengetahui mengecek tagihan listrik tanpa aplikasi dapat alternatif  dengan SMS.

Sama dengan kirim sms ke orang lain sesuai daftar kontak kalian, yang membedakan adalah ketika ingin mengetahui info tagihan kalian harus menulis pesan sesuai format yang sudah ditetapkan supaya mendapat balasan sesuai.

Langkahnya

  • Buka aplikasi pesan pada perangkat, kemudian tulis SMS ke PLN dengan "Ketik REK(Spasi)NO ID Pelanggan dan kirim ke 8123.
  • Tunggu balasan terkait info tagihan yang harus dibayarkan.

Cara Langganan Informasi untuk Tagihan Listrik

Berlangganan maka secara otomatis kalian akan secara rutin mendapat info tagihan. Tidak serta merta begitu saja, kalian harus mengajukan terlebih dulu. Proses pengajuan sangat mudah, yakni melalui sms juga.

Caranya

Buka Apps SMS di ponsel kalian kemudian buat pesan dengan Format "PLN(Spasi)ON(Spasi ID pelanggan).

Kemudian Kirim Ke Nomor 8123

Setelah aktif maka pihak server akan memberikan info tagihan rutin yang harus dibayar setiap bulan, Sama dengan sms premium lain, sms ini akan dikenakan tarif.

Artikel Menarik lain,

Cara transfer Shopeepay Ke DANA

Cara Transfer OVO Ke ShopeePay

Cara Transfer Shopeepay Ke BANK

Cara Stop Langganan Informasi untuk Tagihan Listrik

Di samping itu kalian juga bisa melakukan unreg kok, menghentikan sms info pembayaran listrik dan jumlah tagihannya. Caranya dengan mengirim SMS dengan Format "PLN(Spasi)OFF(Spasi) ID pelanggan.

Kirim Ke nomor 8123 dengan biaya SMS Rp.509 / SMS.

Akhir kata

Itulah berbagai cara cek tagihan listrik PLN tanpa Aplikasi maupun memakai aplikasi secara lengkap dan mudah bisa dilakukan oleh siapapun. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel