. Paling mudah, Cara mengecek kesehatan baterai vivo - IME Android -->

Paling mudah, Cara mengecek kesehatan baterai vivo

Konten [Tampil]
Cara mengecek kesehatan baterai vivo - Tampungan daya merupakan komponen vital yang tidak dapat di pisahkan dari smartphone apapun, salah satunya Vivo.

Tetapi tidak dapat dipungkiri ,baterai bisa saja mengalami kerusakan atau masalah yang membuat kinerjanya menurun. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas  cara mengecek kesehatan baterai Vivo.

Hp vivo adalah salah satu perangkat yang terbilang baru di indonesia. Di bandingkan dengan pendahulunya ,Oppo,Samsung,Xiaomi,mereka mempunyai kiprah di pangsa pasar Negri yang sudah cukup lama.

Tapi secara kualitas mampu bersaing loh,bahkan dilihat dari spesifikasi nya juga cukup menggiurkan . Dari sektor baterai rata rata memiliki kapasitas cukup besar.

Cara cek baterai hp vivo.

Cara cek kondisi baterai hp vivo
Ada beberapa poin penting yang akan saya bahas terkait dengan tampungan daya , selain cek kesehatan baterai juga mengetahui kapasitas,jenis nya dan lain sebagainya .

Setelah hp digunakan maka secara umum akan mengalami perubahan,bukan hanya performa kecepatan nya saja yang menurun, namun secara kesehatan juga akan semakin melemah.

Meskipun Harga baterai hp vivo, y91, y71, Vivo v5, y31, y53 terbilang murah ,tetapi jika kondisinya bisa di cek sebelum mengganti tentu akan lebih yakin.

Cara mengecek kondisi kesehatan baterai vivo.


Langkah dan teknik cek baterai sebenarnya ada banyak cara,bahkan termudah pun ada kok..

Berikut cara nya..

Baca juga Cara cek kerusakan Hp vivo

1. Body fisik.


Yang termudah memastikan kondisi batu baterai adalah dengan melihat fisik dan body nya.

Idealnya visual permukaan baterai memiliki bentuk yang flat, untuk mengetahui keadaan normal atau tidak caranya cukup letakan baterai ke lantai.

.,apa bila pada setiap pinggirnya terangkat (ada celah) dan bagian tengah menempel kemungkinan sudah tidak sehat dan melembung .

Sebaliknya apabila masih bisa menempel rata di permukaan datar, secara dimensi masih normal.

2. Dari karakteristik.


Ciri ciri baterai smartphone Vivo sudah rusak / tidak sehat dapat melihat dari karakteristiknya. Tidak melulu baterai rusak secara fisik,terkadang meskipun bagian luar masih utuh namun sel di dalamnya sudah rusak.

Performanya sudah tidak stabil, contohnya : Di cas cepat penuh disisi lain daya nya juga mudah habis.

.. mengecek kesehatan baterai metode ini yakni melalui sifatnya , jika secara normal  memiliki waktu pengecasan standar dan durasi lama pakai tertentu sudah sesuai ,namun apabila kondisi tidak normal justru di cas cepat penuh,di pakai cepat habis atau drop.

3. Melalui kode cek baterai mode .


Melalui kode rahasia Vivo dengan mengetik *#*#4636#*#* melalui papan panggilan smartphone maka akan secara otomatis menampilkan informasi baterai.

Mulai dari statistik penggunaan ,spesifikasi dan kondisi kesehatan baterai pada perangkat tersebut .

4. Cek dengan aplikasi CPU Z.


Cara ke empat dengan aplikasi bantuan yang sangat power full yang mampu di jadikan alat mengecek segala kerusakan hp ,layar,fitur, termasuk cek kapasitas baterai ,kesehatan, dan spesifikasi lengkap ponsel.

Silahkan download aplikasi nya via google playstore dan install. Setelah selesai silahkan buka ,kemudian tab bagian batteray untuk melihat kondisi.
Mengecek baterai bocor atau tidak

Disana anda bisa menemukan status kesehatan,kapasitas daya,dll. Aplikasi ini juga bisa di gunakan pada android lainya,..


5. Test tegangan baterai menggunakan avometer.


Cara kelima mengetahui baterai hp rusak atau masih normal menggunakan avometer / multi tester . Teknik ini banyak di lakukan oleh teknisi ,untuk user umum sih biasanya akan mengalami kesulitan karena harus membuka baterai ,membeli multi tester dll.

Terlebih apabila baterai menggunakan konsep Non Removable,akan membutuhkan cara khusus buka baterai tanam.

Cara ini dapat dilakukan ke semua baterai hp vivo y53,baterai hp vivo y95 dan lain sebagainya .
Cek kesehatan baterai dengan tegangan

Langkahnya ..

  • Pertama silahkan set multi tester ke 20V pada bagian voltase.
  • Buka dan lepas baterai dari smartphone .
  • Hubungkan kabel multitester ,ada dua kabel yakni positif dan negatif ,hubungan positif (+) ke port baterai Positif dan Kabel negatif ke Port negatif (-).
  • Lihat nilai tegangan yang muncul ,jika nilainya 3.8v sesuai tegangan yang tertera pada label hp . Jika sesuai maka menandakan normal,namun apabila nilainya 0.00 menandakan baterai sudah rusak / kehabisan arus.
  • Tegangan baterai hp normal sesuai dengan label yang tertempel.
Itulah beberapa cara cek kesehatan baterai Vivo,mulai dari fisik,hingga tegangan menggunakan avometer. Sekian artikel kami ,semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel