. 16 Cara agar baterai hp Asus menjadi hemat dan awet banget. - IME Android -->

16 Cara agar baterai hp Asus menjadi hemat dan awet banget.

Konten [Tampil]
Cara menghemat baterai hp asus - dimana posisi anda ketika membaca artikel ini ?
Pemilik Hp Asus baterai cepat habis,menambah wawasan atau merasa ingin ponselnya menjadi lebih irit .

Apapun itu, yang pasti membaca adalah jendela pengetahuan .

Konten yang akan saya bahas dibawah adalah tentang cara menghemat baterai hp Asus semua tipe,Zenfone go,Zenfone 2,atau Max pro M2 dan jenis terbaru lain.

Baterai merupakan komponen sangat vital yang di miliki perangkat untuk menampung daya dan menyebarkan ke seluruh komponen agar bisa bekerja sesuai dengan fungsi nya.

Tanpa nya ,  Ponsel tidak sama dengan komputer yang dapat berfungsi secara langsung terhubung ke saluran listrik .

.. smartphone sejauh ini hanya bisa di gunakan ketika memiliki baterai.

Konsumsi daya yang berlebihan menjadikan nya cepat habis,hal tersebut bisa saja terkontrol atau bahkan di luar kendali .

Penyebabnya cukup beragam,diantaranya yang tidak bisa di kontrol adalah penggunaan yang dibelakang layar. Atau konsumsi daya dari aplikasi yang selalu terhubung dengan internet .

Penyebab baterai boros atau cepat habis.

Sebelum membahas terkait cara menghemat baterai Asus , sebagai pengguna harus tau terlebih dahulu potensi yang menimbulkan boros dan sering lowbet .

Tidak jarang pengguna yang mengeluhkannya,meskipun kapasitas daya besar. Hal tersebut bukan karena perangkat nya ,namun bisa penyebab sebenarnya adalah penggunaan daya tidak terkendali .

Tidak wajar apabila baterai berkapasitas di atas 3000mAh tapi tidak kuat selama seharian . Idealnya pemiliknya akan nyaman tanpa harus bolak balik nge cas loh.

Ketika hal tersebut terjadi , maka bisa dilakukan analisa terlebih dulu untuk landasan perbaikan menghemat baterai .

Dalam skala besar yang menyebabkan boros adalah dua hal,pertama pada sektor hardware dan kedua software ( Sistem dan aplikasi terinstall).

Sepintas pastinya sudah paham bukan..? Dan apa saja sih hardware yang dapat menjadi penyebab baterai Asus Zenfone boros?

Garis besarnya adalah Boros atau Cepat habis. Sifatnya sama,kejadian nya juga sama yakni kehabisan daya,hanya saja penyebabnya berbeda .

Jika boros, maka kondisi hardware dan sistem masih dalam kondisi sehat dan memiliki kinerja smartphone yang masih baik.

Apabila cepat habis, adalah kejadian yang di pengaruhi oleh komponen atau software yang sudah tidak normal. Contohnya ,baterai sudah bocor, sistem mengalami masalah (bugs) sehingga konsumsi daya meningkat.

Ciri ciri kesehatan baterai terganggu.

  • Baterai sering lowbet secara tiba tiba.
  • Proses pengisian relatif cepat penuh tapi disisi lain penggunaan juga cepat habis.
  • Baterai sudah melembung dan lain sebagainya .

Selain dari analisa pada tampungan daya,faktor hardware yang lain juga dapat menyebabkan mendadak habis. Seperti , short dioda ,IC sudah lemah ,dan lain sebagainya .

Dan masih banyak lagi ,berikut beberapa penyebab baterai Asus Zenfone boros dan cepat habis.

Baterai hp Asus bocor ,aplikasi terinstall terlalu banyak,terdapat kerusakan komponen,fitur yang terhubung dengan internet terlalu banyak ( Widget,GPS,Hotspot /WiFi ),bug aplikasi ,bug sistem dan lain sebagainya.

Bagaimana langkah agar baterai irit dan tahan lama ..


Cara Menghemat Baterai HP Asus jadi irit.

Tips agar baterai handphone Asus jadi irit

1. Matikan GPS 

Fitur ini memang sangat penting untuk melakukan navigasi sebuah petunjuk arah maupun titik lokasi. Tetapi hal tersebut memungkinkan konsumsi daya menjadi meningkat .

Untuk itu di sarankan agar menonaktifkannya ketika sudah tidak di gunakan .

2. Matikan Mode Getar.


Salah satu upaya agar irit diantaranya adalah dengan menekan berbagai fitur yang tidak di gunakan. Salah satunya mode getar,pengguna juga bisa mematikan fitur ini ,ketikan pesan,panggilan,notifikasi WhatsApp dll.

3. Menonaktifkan Auto Sinkronasi.

Dilain pihak fitur ini cukup bermanfaat ,pemiliknya tanpa repot melakukan sinkronisasi berbagai akun secara manual . Dilain sisi ini cukup menguras daya,untuk itu jika ingin daya ponsel awet sebaiknya di matikan .

4. Mengaktifkan Auto Start manager.

Pada smartphone Asus telah di bekali dengan fitur auto start manager. Pemiliknya bisa menonaktifkan aplikasi yang mulai secara otomatis menjadi off untuk menekan penggunaan daya ponsel .
Matikan mode auto start untuk menghambat baterai

Pertama silahkan menuju ke "Power master" kemudian pilih "Auto-start manager"  lalu anda bisa menonaktifkan fitur Automatic start semua aplikasi ,atau memilih sesuai keinginan.

5. Mengaktifkan mode baterai.


Masih pada fitur power master,kamu juga bisa mengaktifkan "Mode baterai " Untuk mengirit nya.  Terdapat beberapa pilihan diantaranya,"Power saving","Super Power Saving" serta mode "Customized" yang bisa diatur sesuai dengan keinginan .
Baterai hp Asus menjadi hemat

Silahkan gunakan salah satu mode agar baterai smartphone Asus Zenfone irit dan awet.

6. Memanfaatkan Teknologi Power-safe.


Asus Zenfone memiliki kelebihan yang menekan penggunaan daya dengan power safe fitur.
Fungsi utama nya adalah memberikan perlindungan terhadap penggunaan perangkat.

7. Mengaktifkan Opsi Battery-Saving.


Salah satu fitur yang dapat menekan pemakaian baterai adalah Opsi Battery-saving. Pemilik Handphone Asus Zenfone bisa mengatur langsung mengurangi konsumsi daya.

Dengan mudah melakukan menyalakan dan mematikan fitur tersebut melalui Quiq Settings.

8. Manfaatkan Asus Mobile Manager.

Pada umumnya pengguna hape Asus selalu terhubung dengan internet selama 24 jam.

Dan selama itu juga aplikasi yang selalu membutuhkan koneksi internet akan selalu terhubung dan menguras baterai.

Dengan bantuan aplikasi Asus mobile manager ,pemiliknya bisa dengan mudah mengatur dan mengkondisikan aplikasi maupun fitur yang disesuaikan untuk menekan pemakaian baterai.

Anda bisa dengan mudah mengatur membatasi penggunaan internet sesuai yang di inginkan.

9. Setting Frekwensi CPU ponsel Asus.


Anda dapat melakukan sedikit pengaturan menurunkan Frekwensi CPU ke lebih rendah agar irit .

Sayangnya untuk melakukan hal tersebut ,hp harus sudah di root.

10. Mengaktifkan fitur Asus Ultra Saving Mode.


Fitur bawaan yang berguna sebagai management daya tidak hanya di miliki oleh Xiaomi atau Oppo saja. Juga Asus loh, user Zenfone dapat menekan pemakaian energinya berkat bantuan fitur ultra saving melalui pengaturan.

Agar baterai bisa tahan lama berikut langkah mengaktifkan nya . Pertama masuk ke "Menu" ,pilih "Pengaturan "  lalu "Power management".

Berikutnya tap "Ultra Saving mode","Optimized mode dan Costumized mode" sesuai dengan keinginan.

12. Menghapus File Sampah.

Mungkin belum banyak yang tau terkait dengan Cache. Selain bermanfaat mempercepat proses penggunaan aplikasi ,juga bisa menyebabkan handphone Asus menjadi lemot dan cepat panas.

Penumpukan ya menjadi delimatis, karena file tersebut menjadi sebuah beban perangkat dan menimbulkan konsumsi energi meningkat .

Salah satu cara agar baterai tahan lama adalah rutin membersihkan file sampah baik menggunakan aplikasi maupun fitur bawaan.

Baca juga , Manfaat file Cache dan Cara menghapusnya .

13. Menggunakan Mode Gelap.

Dan langkah selanjutnya supaya daya menjadi tahan lama adalah memanfaat kan tema mode gelap atau dark mode.

Menjadi alternatif cukup baik ,karena dark mode memiliki penggunaan pencahayaan sangat minim dan konsumsi daya yang sangat irit.

Selain tema anda juga dapat mengkondisikan pemilihan wallpaper yang mempunyai efek gelap. Bahkan saat ini sudah banyak juga aplikasi yang sudah mendukung dark mode. Salah satunya mengaktifkan Dark mode WhatsApp.

14. Mematikan Hotspot dan WiFi .

Tips hemat baterai Asus yang selanjutnya adalah mematikan Hotspot maupun WiFi ketika sudah tidak di gunakan.

Pernahkah kalian sadari bahwa pada saat menggunakan fitur yang berkaitan dengan internet memakan daya lebih besar ?

Supaya baterai menjadi awet dan tahan lama ,silahkan selalu memperhatikan dan mematikan setelah penggunaan hotspot dan WiFi.


15. Setting pencahayaan .


Cahaya yang di gunakan pada layar perangkat Zenfone kamu merupakan bentuk dari konsumsi energi . Untuk itu singkat sekali jika mau awet dan tahan lama ,silahkan atur kecerahan ke yang lebih rendah.  Terutama pada jam malam,ini sangat efektif menekan pemakaian power.

Selain itu,minim cahaya juga memberikan efek nyaman terhadap kesehatan mata . Memungkinkan mata kita tidak cepat lelah dan pegal menyantap layar handphone.

16. Internet dan bijak pemakaian.


Internet merupakan hal yang paling besar dalam menentukan baterai menjadi boros atau irit di perangkat seluler. Tidak hanya Asus Zenfone saja,ini juga menjadi hal yang sama pada gadget lain seperti Samsung,Xiaomi ,Oppo maupun realme.

Trik dan tips supaya baterai hp Asus awet dan irit yakni salah satunya harus memperhatikan penggunaan dan pemakaian internet .

Trik internet agar baterai irit
✓ Matikan paket data ketika sinyal Buruk .
✓ Kunci jaringan 4G LTE hp Asus agar lebih stabil .
✓ Menggunakan mode terbang pada saat baterai sudah minim.
✓ Tidak menggunakan dan membatasi pemakaian game online .

Itulah beberapa hal penting untuk menekan agar baterai hp Asus tidak boros ,menjadikan lebih hemat dan tahan lama yang bisa di aplikasikan ke semua perangkat Asus Zenfone,Zenpad. Zen 3,Zen 3 s, Zen Go, Zen Live, Zen Max M dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel