. Lenovo Vibe C ( A2020 ) Wifi,Hotspot dan Kamera Terjadi Kesalahan Dan Cara Mengatasinya - IME Android -->

Lenovo Vibe C ( A2020 ) Wifi,Hotspot dan Kamera Terjadi Kesalahan Dan Cara Mengatasinya

Konten [Tampil]

Mengatasi Lenovo Vibe C Error ~ Pada postingan kali ini saya akan membahas beberapa hal terkait dengan kerusakan Hp Lenovo Vibe C A2020. Ponsel ini merupakan keluaran 2016 ,jika kita amati secara usia rilis hingga saat ini sudah menginjak usia 4 tahun.

Secara umum perangkat elektronik seiring berjalan usia terkadang mengalami kendala atau masalah,cukup bervariasi seperti tidak bisa menyalakan wifi, Tidak bisa mengaktifkan Hotspot portabel atau kamera terjadi kesalahan (Error) pada saat akan digunakan.

Atau hal lain yang berkait dengan fungsi dari fitur perangkat. Mungkin secara fungsi melakukan panggilan dan menerima panggilan masih aman,bahkan masih bisa untuk SMS dan Memutar musik,tapi pastinya tidak nyaman kalau ada masalah pada ponsel.

Oke,, kita bahas bagaimana cara mengatasinya.
kamera Hp lenovo Vibe c terjadi kesalahan

Cara mengatasi Lenovo Vibe Kamera, Hotspot, WiFi dan kamera terjadi kesalahan.

Kita perjelas terlebih dulu terkait dengan Wifi,adalah fitur menangkap jaringan sinyal internet yang dapat diakses secara publik . Sedangkan Hotspot merupakan fitur melakukan tethering jaringan lokal area yang memberikan akses internet ke pengguna atau perangkat lain. Itu secara sederhana..

Artinya apabila Hotspot portable Lenovo Vibe C tidak dapat dinyalakan,maka tidak bisa menyebarkan wifinya. Dan sebaliknya apabila Wifi perangkat tidak bisa di aktifkan,hal ini membuat perangkat menerima atau menangkap jaringan internet wirelss.

Kamera,merupakan fitur menangkap atau mengabadikan momen menjadi sebuah video dan gambar, anggaplah sebagai fitur tambahan namun ketika kamera Hp lenovo Vibe C mengalami tidak bisa terhubung ( terjadi kesalahan) hal ini cukup menyebalkan.

.. Itulah garis bawah dari pembahasan saya kali ini.

Memperbaiki Hp lenovo vibe C tidak bisa menyalakan wifi atau hotspot ,Lenovo a2020/Vibe C tidak terdeteksi di pc ,kamera tidak bisa motret/selfi, setiap buka aplikasi kamera muncul keterangan kesalahan kamera .

Dalam hal tersebut ada dua kemungkinan,yang pertama permasalahan software Atau firmware dan yang kedua kerusakan hardware.

Sebelum beranjak mendalami komponen dan kerusakannya, anda dapat melakukan perbaiki dengan beberapa tahapan. Yang pertama perbaikan software, seperti dibawah.

Baca Juga, Penyebab Dan cara mengatasi Hp Lenovo Cepat panas

1. Mereset ulang.

Langkah pertama adalah mencoba untuk reset ulang smartphone,yakni mengembalikan kedalam pengaturan pabrik. Teknik ini adalah bentuk upaya mengatasi Lenovo vibe c error yang disebabkan oleh salah pengaturan, Frimware rusak atau corupt dan hal lainya yang berkaitan dengan software.

.. Resiko melakukan hard reset.

Sebelum mereset hp lenovo Vibe C pastikan anda melakukan full backup.
Pasalnya setelah di reset perangkat akan dalam kondisi setelan pabrik. Semua data yang tersimpan pada memori internal akan dihapus secara permanen.

Selain menghapus data  juga berpotensi bootloop ya gaes, jadi begini jika firmware didalamnya sudah tidak dapat dikembalikan pada default maka hal ini dapat memicu crash atau rusak. Biasanya hal tersebut pada perangkat yang sudah di root,.

Langkah Hard Reset :
  • Silahkan Matikan dulu perangkat  kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol kombinasi "Volume tombol Up + Tombol Power" hingga masuk logo lenovo.
  • Berikutnya lepas Tombol power setelah berada pada halaman logo (Startup) ,dan tekan Tombol Volume Up.
  • Gunakan tombol volume untuk navigasi,lalu arahkan ke "wipe data / factory reset",kemudian tekan tombol power untuk Konfirmasi.
  • Berikutnya pilih "Yes--delete all user data",lalu tekan Ok.
  • Tunggu hingga proses reset selesai,kemudian pilih "reboot system now".
  • Selesai,jika berhasil maka ponsel akan kembali normal seperti perangkat baru dan silahkan cek beberapa fungsi yang dianggap error, seperti kamera terjadi kesalahan,Wifi tidak dapat di aktifkan atau hotspot yang tidak bisa digunakan.

2. Flash Ulang.


Opsi kedua jika langkah di atas tidak berhasil,artinya hal ini dapat anda lewati apabila sudah menemukan jawaban.

Jadi begini,jika Hard reset berhasil namun masih kamera masih tidak dapat terhubung bagaimana?

Masih ada dua kemungkinan, apakah kerusakan komponen atau firmware namun secara garis besar kemungkinan ini sudah masuk ke tahap hardware rusak.

Indikasi lain, jika Kamera sudah normal kembali tetapi wifi dan Hotspot masih tidak dapat diaktifkan?

Dalam hal ini kemungkinan besar harus dilakukan pengecekan pada komponen dan perbaikan secara mendalam.  Anda bisa langsung skip tahap ini, Tetapi apabila langkah di atas gagal total atau tidak dapat melakukan reset maka perlu dilakukan flash ulang.

Secara konsep flashing hampir sama dengan hard reset yakni mengembalikan kondisi hp ke pengaturan pabrik .  Hanya saja tekniknya berbeda.,dan langsung saja ke tutorial flash Lenovo Vibe C.

Bahan Persiapan Flash Lenovo a2020a40 VIBE C

  • Pertama silahkan Download Firmware Lenovo a2020a40 VIBE C
  • Download USB Driver Lenovo
  • Download QPST/QFIL. V2.7.422
  • Siapkan Kabel data Original
  • Baterai Ponsel minimal 70 %.

Setelah semua bahan di atas didownload,silahkan kumpulkan semua file dalam 1 Folder untuk mempermudah pencarian.

Cara Flash lenovo Vibe C via Q fill.

  • Pertama Install USB Driver Pada PC dan Matikan Hp anda.
  • Buka File QPST QFil.exe,lalu klik kanan dan Pilih "Run As Administator".

flash mengatasi wifi tidak dapat diaktifkan


  • Setelah Aplikasi terbuka,silahkan pilih "Browse" Dan arahkan ke file "prog_emmc_firehose_8916.mbn"  pada folder yang sudah anda simpan,kemudian klik "Open".

Cara memperbaiki Kamera lenovo tidak bisa terhubung

Langkah berikutnya klik "Load XML" lalu Pilih "rawprogram_unsparse.xml"  pada bagian patch arahkan ke "patch0.xml",lalu tap Open.
Cara mengatasi Wifi tidak bisa diaktifkan
  • Setelah semua langkahnya sudah siap,tahap berikutnya adalah menghubungkan hape ke PC menggunakan kabel data sambil menekan Tombol Volume Atas Dan Volume bawah Secara bersamaan.
  • Dan Klik "Download" Untuk mulai proses flashing, tunggu hingga selesai.
  • Silahkan reboot ponsel, biasanya proses restart pertama kali akan memakan waktu lebih lama,Apabila berhasil smartphone lenovo Vibe anda akan kembali seperti hp baru beli.

Ikuti langkah setting dasar  hingga selesai,dan silahkan test fungsi kamera,fungsi hotspot dan wifi Pastikan semua sudah kembali normal.

Permasalahan ,jika ponsel tidak bisa terhubung dengan PC dan Semua fitur yang error masih belum kembali normal,apa yang harus di lakukan?

Dan ini akan menjadi masalah yang cukup serius,kemungkinan jika semua hal di atas sudah dilakukan namun hasilnya nihil berarti harus dilakukan bongkar dan pengecekan hardware.

Apa saja yang perlu dicek dan di perbaiki, berikut penjelasan dan tata caranya..

Baca juga, Cara hard reset HP lenovo

3. Memperbaiki Komponen yang rusak.

Teknik ini  tidak di rekomendasikan untuk mereka yang masih awam,karena jika dipaksakan dapat menyebabkan kerusakan fatal.

Sampai disini kita asumsikan ponsel lenovo vibe C A2020 tidak dapat terhubung Dengan PC, Kamera tidak bisa berfungsi baik depan maupun kamera belakang, Hotspot dan Wifi tidak bisa diaktifkan.

Ikuti langkah dibawah,

  • Silakan Cek Cek Konektor baterai menggunakan avometer short kecil.
  • Sebelum ke hardware, klik pengaturan tentang ponsel cek versi software, imei, pastikan semuanya aman,.
  • Lanjut bongkar cek ic wcn dan ic power, ic cpu, apabila kotor dan berdebu bersihkan menggunakan sikat gigi ,dan tetesi sedikit thiner dan pastikan semua dioda aman.
  • Coba hidupkan ponsel,lalu cek semua masalah di atas apabila tidak ada perubahan anda bisa beralih ke IC WCN dan IC CPU.
Cara memperbaiki lenovo Tidak terdeteksi pc
IC CPU

  • Panasi menggunakan Blower,dan Goyang sedikit IC WCN,kemudian cek apakah wifi sudah bisa aktif,seharusnya sampai disini Wifi  dan Hotspot sudah normal.Dan berdasarkan kasus sampai disni sih sudah solved,namun belum terdeteksi PC.
cara memperbaiki hotspot mati
IC WCN

  • Nah,lanjut agar Dapat terdeteksi PC,Silahkan panasi IC CPU sebentar hingga timah lumer dan  Stopp!! dan test konek ke komputer,pastikan sudah solved.
  • Masalah kamera ,anda bisa jumper pada jalur lampu flash sepeti gambar dibawah pasti langsung done deh.
kamera hp lenovo error

  • Selesai,dan pasang kembali hingga rapih .
Itulah tutorial perbaikan mengatasi Hp lenovo Vibe C, semoga bermanfaat. Anda juga dapat langsung ke markas kami untuk memperbaiki ponsel ke alamat Toko OVALIS SERVIS RAKET & HP . Desa Karanggude Kulon, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

Wa 082135167172.
Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel