Cara hard reset Hp Samsung A6 / Plus Series Mengatasi Bootloop dan eror

Cara reset ulang HP Samsung Galaxy A6 Plus




Samsung adalah merk HP yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Samsung telah merilis Galaxy A6 plus pada awal Mei.  Banyak peminat bukan merupakan kualitas hp bagus, ada kalanya smartphone mengalami bootloop

Tetapi Anda jangan takut kali ini saya akan membahas bagaimana cara melakukan reset pada Samsung Galaxy A6 Plus. 

Kebanyakan pengguna smartphone melakukan reset ketika lupa password, kinerja smartphone yang berat dan masalah lainnya. Sebelumnya Anda harus mencadangkan semua data karena proses reset akan menghilangkan seluluh data yang ada dan akan menjadikan smartphone seperti pertama kali menggunakannya.


Factory Reset Samsung Galaxy A6 Plus.


Metode factory reset ini hanya dapat di gunakan pada hp yang masih dalam keadaan menyala normal / masih dapat masuk ke menu utama.Nah pada umumnya melakukan factory reset melalui pengaturan di lakukan untuk mengembalikan kondisi ponsel kedalam standart pabrik.

Kenapa perlu ini?

Mengembalikan ke kondisi setelan pabrik yakni sebagian solusi mengatasi hp yang lemot,kena virus,aplikasi sering stuck,dll.

Dengan di kembalikan kestandard pabrik hp samsung A6 anda akan memiliki performa layaknya ponsel baru.

Namun ada resikonya..

Semua data atau file yang ada di ponsel tersebut akan di reset atau di hapus secara permanen,nah untuk itu saya sarankan anda melakukan backup terlebih dulu.

Baca:
Cara melakukan full backup Kontak / Nomor telepon ke SDcard
Cara melakukan backup aplikasi.

Untuk itu persiapan paling mendasar bagi anda yang akan melakukan factory reset adalah melakukan mencadangkan file apapun yang di anggap penting,MP3,Foto dll,dan secara umum cara hard reset ini dapat di lakukan pada samsung A6 Plus.
Dan ntuk melakukan factory reset langkah-langkahnya sebagai berikut:


  • Yang pertama silahkan nyalakan HP anda,kemudain masuk ke menu "Setting -  General – Back up and Reset 0 Factory Data Reset – selanjutnya pilih Reset Device".
  • Akan muncul Notifikasi, Anda pilih hapus semua.
  • Tunggu beberapa menit  smartphonne  akan mereset dan kembali ke pengaturan pabrik. 
  • Samsung Galaxy A6 Plus akan kembali ke seperti pada saat Anda baru menggunakannya ketika proses reset selesai

Cara Hard Reset Samsung Galaxy A6 Plus


Jika metode factory reset gagal, Anda bisa melakukannya denggan cara hard reset. Cara ini bisa kalian lakukan ketika kamu lupa password, PIN, pola maupun ketika smartphone mengalami bootloop. Bagaimana sih caranya ? ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Matikan smartphone Samsung Galaxy A6 Plus. 
  • Kemudian, tekan Tekan Tombol "Volume Up" dan Tombol "Power" secara bersamaan beberapa detik untuk masuk ke recovery mode. 
  • Selanjutnya akan muncul gambar robot Android beserta tulisan “No Command” , Anda bisa mengetuk layar untuk melanjutkkannya. 
  • Arahkan highlight ke menu "wipe data" , untuk mengkonfirmasi tekan tombol power. 
  • Peringatan Confirm wipe all user data akan muncul, kalian pilih "Yes" lalu tekan tombol power untuk mengkonfirmasi dan tunggu prosesnya. 
  • Jika sudah selesai, kembali ke menu utama yaitu recovery mode. Kemudian pilih "reboot" system dan smartphone akan melakukan proses booting. 
  • Setelah proses booting selesai, akan muncul pengaturan untuk mengatur  bahasa, wilayah, dan Wi-fi. Ikuti instruksinya hingga selesai seperti hp yang baru di beli,/setting konfigurasi dasar. 
  • Hard reset telah selesai dan smartphone Anda kembali ke pengaturan pabrik. 
Sejatinya semua perangkat elektronik dari mulai yang bermerk ataupun tidak pasti tidak lepas dari permasalahan, entah itu bootloop, kinerja smarthphone lemot, lupa password ataupun yang lain. Anda bisa memperbaikinya tanpa perlu pergi ke konter , Anda bisa melakukan 2 cara diatas dan ikuti sesuai prosedurnya. Semoga bermanfaat.

Share This :