. 3 Cara Update MIUI Xiaomi Install ke Versi yang terbaru [ Flash ROM Official ] - IME Android -->

3 Cara Update MIUI Xiaomi Install ke Versi yang terbaru [ Flash ROM Official ]

Konten [Tampil]
Cara update MIUI - Flash MIUI 10 global official dapat kita lakukan dengan 3 cara, namun dari 3 metode ini ada yang paling mudah dengan cara sistem update. Yakni menggunakan aplikasi bawan yang sudah di bekali ke setiap smartphone xiaomi.

Banyak kelebihan yang dapat ditemukan setelah melakukan upgrade salah satunya adalah memiliki konsumsi daya yang lebih hemat. Bukan cuma itu saja dilengkapi dengan manajemen RAM Sehingga hp menjadi lebih ringan.

Kinerja sistem yang lebih maksimal dan hp menjadi lebih ringan menjadi salah satu alasan mengapa kita harus melakukan pembaharuan.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang update ROM maka kita harus mengenal lebih jauh terlebih dulu tentang ROM.

Secara Umum ROM di Bagi menjadi 2 jenis yakni Fasboot ROM dan Recovery ROM yang mana penggunaanya berbeda berikut perbedaan antara fasboot ROM dan Recovery ROM Sebelum Update Versi MIUI.

1. Fastboot ROM biasanya file ROM yang memiliki ekstensi .tgz dan .tar yakni file ini bekerja menghapus seluruh data yang ada di internal.Untuk frimware ini hanya dapat digunakan atau dipasang memakai metode fastboot update dan mode EDL melalui aplikasi Mi Flash Tools atau SP Flash Tool .

File ini dapat dipakai untuk anda yang akan melakukan downgrade, update , Mengatasi Xiaomi Bootloop atau Hardbrick.

2. Recovery ROM yakni dengan extensi .zip dan cara melakukanya ada dapat melalui Recovery update TWRP atau melalui Mi Recovery.

Cara ini tidak menghapus data internal kecuali anda memilih melakukan wipe/ factory reset. Cara ini untuk melakukan Upgrade versi ROM namun tidak dapat melakukan downgrade.

Langkah Install Update MIUI Pada Hp Xiaomi

Ada empat cara yang dapat anda lakukan untuk flash Xiaomi melakukan Upgrade MIUI 10, Dari masing masing cara tinggal anda pilih mana yang lebih mudah.
Baca juga: Cara Maksimalkan MIUI 9 Saat Main Game dengan Fitur Rahasia

1. Upgrade MIUI Melalui System Update

  • Cara ini dapat kita katakan yang paling mudah, yang pertama silahkan download ROM Sesuai dengan Tipe HP anda(wajib sesuai dengan Tipe Xiaomi yang anda gunakan) 
  • Setelah download selesai silahkan buat nama folder dengan nama "Download_rom"s di memori internal.Selanjutnya pindahkan file  ROM yang telah anda download ke folder tadi.
  • Kemudian jalankan aplikasi Updater yang ada pada Hp anda , atau dapat melalui "Setting >> About Phone >> System updates".

cara update MIUI


  • Kemudian pilih tiga titik pada pojok kanan atas dan pilih " Choose update package" seperti gambar di bawah.


  • Kemudian silahkan arahkan ke folder yang berisi ROM yang telah anda buat dengan nama "Download_rom".
cara update rom MIUI Via Updater

  • Selanjutnya Hp anda akan melakukan Update secara otomatis , setelah selesai akan melakukan restart secara otomatis.
Proses booting membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya dengan ROM Versi baru yang anda gunakan.Selesai sudah update sistem Melalui updater , ini adalah cara yang pertama.

Selain cara ini anda juga melalui cara yang kedua berikut,

Baca juga: Cara paling Mudah Update MIUI [ All Type Xiaomi ]

2. Melalui Recovery update


Seperti biasa yang pertama yang perlu anda lakukan adalah download  ROM sesuai dengan tipe HP anda ,   Download ROM Xiaomi Lengkap.

Pastikan paket data anda cukup ya, karena file tersebut cukup besar. Setelah download selesai silahkan ganti nama ROM tersebut dengan naman update.zip dengan huruf kecil semua.

Contohnya

Awalnya file tersebut  namanya 'miui_MI4X_V8.2.3.0.NXKCNEC_a80a794f89_7.0.zip' kemudian diganti menjadi 'update.zip', ini sifatnya wajib karena jika tidak mengganti nama tidak dapat melakukan update dan muncul pesan error 'Can’t Verify Update File'.

Kemudian berkas update tersebut silahkan disimpan kedalam memori internal , dan jangan didalam folder apapun.
Update Versi android MIUI ke 9


Langkah berikutnya silahkan masuk ke menu recovery mode , anda dapat menggunakan tombol kombinasi "Tombol Power + Volume up" pencet dan tahan tombol tersebut secara bersamaan hingga muncul logo Mi , kemudian lepaskan.

Atau

Anda dapat menggunakan Aplikasi Updater bawaan dengan cara di bawah,



Tap tiga titik di atas, kemudian pilih muat ke 'mode pemulihan atau Reboot to recovery mode' dapat anda lihat gambar diatas.

Setelah sudah masuk ke Recovery mode anda dapat menggunakan tombol Volume Up dan down , serta tombol Power Untuk memilih.



cara update miui via recovery mode


Selanjutnya 'install update.zip to system'  Dan konfirmasi dengan menggunakan tombol 'power'.
Selanjutnya pilih 'Yes' dan tunggu proses flash update molai, tunggu hingga selesai.
Upgrade MIUI



Apabila sudah selesai silahkan , pilih Back dan Reboot selanjutnya Hp xiaomi anda akan restart dan masuk ke homescreen.Setelah selesai melakukan update maka akan booting dan dengan ROM baru .Biasanya memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya.

Note Cara ini hanya tersedia untuk hp xiaomi lama, untuk Xiaomi baru sudah tidak terdapat recovery mode dengan install update.zip to sistem


3. Cara Update MIUI dengan Mode EDL

Cara ini biasanya dilakukan untuk Hp android yang masih dalam kondisi belum melakukan UBL (unlock Bootloader) atau pengguna ROM xiaomi abal abal dan stuck tidak dapat melakukan update melalui Recovery Update atau System Update.

Bagi anda yang awam dalam dunia komputer tidak direkomendasikan, karena cara ini dapat menyebabkan resiko kerusakan sistem.Segala sesuatu yang ada di artikel ini merupakan sebuah pembelajaran, Resiko yang ditimbulkan sepenuhnya bukan tanggung jawab imeandroid.com.

Tutorial ini untuk Hp xiaomi dengan prosesor Qualcomm dan snapdragon saja, jadi tidak berlaku untuk pengguna mediatek.

Persiapan dan peralatan

Pastikan daya baterai minimal 70% untuk menghindari kehabisan daya ketika proses flashing.
Kabel data original /atau dengan kualitas file transfer yang bagus.
Laptop atau PC dengan Windows 7 up dan telah menonaktifkan driver signiature

Bahan Ube Rampe
  • Download MiFlashTools V 20170425 aplikasi ini sudah termasuk dengan driver Windows 32/64 bit jadi sudah tidak perlu install driver lain.
  • Download ROM Fastboot sesuai dengan tipe Hp  anda, dan pastikan sesuai dengan tipe yang akan anda flash.
  • Download dan Install Xiaomi Android USB Driver ,  ADB Installer yang fungsinya fastboot command, driver ADB Interface serta Bootloader Interface.


Langkah flashing,
  • Yang pertama silahkan install Mi Flash tools di komputer anda.
  • Selanjutnya Silahkan ekstrak, install di komputer anda QDLoader HS-USB Driver hingga selesai.
  • Kemudian silahkan buka MiFlash Tools dengan cara menuju ke 'C:\XiaoMi\XiaoMiFlash silahan klik kanan Run as Administrator pada XiaoMiFlash.exe'.
  • Hubungkan Xiaomi anda ke PC dengan kabel data yang sudah anda siapkan.
  • Matikan HP anda dan masuk ke fastboot mode dengan cara menekan tombol kombinasi "Power + Volume Down" Secara bersamaan dan tahan beberapa detik sampai muncul logo Xiaomi fastboot.
  • Selanjutnya silahkan buka MiFlash tools dan Klik 'Refresh' Jika Hp anda sudah terdeteksi maka akan muncul kode unik seperti di bawah.
Upgrade MIUI Xiaomi

  • Selanjutnya Klik 'Select' dan arahkan ke file ROM yang telah anda download dan extract.
  • I bagian bawah Miflash tools terdapat  opsi silahkan pilih 'Clean all' Agar tidak ada bug setelah Flash
cara flash xiaomi mi

  • Berikutnya silahkan klik 'Flash' maka proses flashing akan berjalan dan tunggu hingga selesai.

cara update Miui via fastboot

Jika sudah selesai maka terdapat notifikasi 'flash done' , Maka Hp xiaomi yang anda flash akan secara otomatis melakukan restart jika tidak silahkan nyalakan seperti biasa.

Perlu diketahui proses booting setelah flashing biasanya memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya. Dan apabila proses booting yang muncul Logo Mi tanpa Tulisan android dengan animasi tiga titik pada bagian bawah maka hp anda bootloop. Jika tidak tunggu saja hingga proses booting selesai.

Cara berikutnya anda dapat menggunakan dengan cara flash menggunakan Miflash tools , cara ini memang memiliki cara yang lebih ribet.
Cara ini sudah pernah saya tulis silahkan anda bisa kunjungi "cara flash Hp Xiaomi melalui Mi Flash Tools"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel