. [2] Cara upgrade samsung J5 ke marshmallow - IME Android -->

[2] Cara upgrade samsung J5 ke marshmallow

Konten [Tampil]

Upgrade OS android - Samsung J5 memiliki fitur yang cukup menawan dan spek Hp yang di bilang cukup untuk harian. Apalagi aktivitas kita sebagai pelajar ini cukup sebagai alat komunikasi sekaligus selfie dengan mulut monyong monyong :).

Sebagai opening saya kira kata kata diatas sudah cukup ,. Sekarang mari kita lanjutkan pembahasan tentang Upgrade Android samsung J5.

Ada dua (2) Cara upgrade sistem oprasi pada HP android Khususnya pada ponsel ini.

Cara upgrade Samsung J5 ke marshmallow [SM J500G]


Dua cara Upgrade sistem operasi Android pada samsung J5 ini yang akan kita lakukan dengan cara yang detail untuk menghindari kegagalan.

1. Upgrade Versi android Melalui OTA Langsung dari HP


Melalui OTA, maksudnya anda mendowload langsung file update yang diperlukan dari perangkat anda.

.. atau langsung dari  samsung J5 anda tanpa alat bantu pihak ketiga seperti komputer atau laptop.

Karena ukuran file yang harus di unduh lumayan besar, PENTING sekali untuk agar mempersiapkan beberapa hal berikut ini, dan seyogyanya di perhatikan dengan benar karena gagal upgrade bisa mengakibatkan hal yang tidak baik bagi ponsel anda.

Syarat Upgrade Android J5 SM-J500G VIA OTA 

cara upgrade versi android versi

# Baterai dalam Kondisi full 100%

Pastikan baterai perangkat telah terisi 100%, karena kehabisan daya pada saat menginstall sistem bisa mengakibatkan KERUSAKAN FATAL pada perangkat.

Seandainya anda sudah terlanjur mendownload, sebaiknya cancel dan isi kembali daya atau jalankan update sambil melakukan pengisian daya dengan menghubungkan charger ( tidak direkomendasikan).

# Perangkat tidak dalam kondisi Root

Kedua, pastikan perangkat anda tidak dalam kondisi telah di Root. Tujuannya adalah untuk menghindari crash pada sistem yang disebabkan perubahan yang telah dilakukan setelah melakukan rooting pada sistem.

#Setidaknya tersedia 1GB ruang kosong dalam memory internall

Untuk menginstall firmware baru yang berukuran 800 MB lebih, pastikan pula memori internal perangkat Samsung Galaxy J5 anda tersedia setidaknya 1GB ruang kosong.

Untuk itu hapus atau pindahkan file-file seperti foto, musik, dan video yang ada pada memori internal ke SD card atau mentransfernya terlebih dahulu ke laptop (komputer).

# Tersedia paket data setidaknya 1,5GB

Pada saat menjalankan upadate, perangkat akan memberi peringatan sebaiknya proses download menggunakan jaringan internet yang cepat dan stabil seperti jaringan Wifi.

Ini bukan perkara wajib, melainkan saran saja karena kita juga bisa mendownload file update menggunakan paket data dengan kuota setidak-tidaknya 1,5 GB.

Jangan sampai anda beli paketnya yang ngepas ya, misalnya hanya 1 GB karena dari pengalaman saya update VIA OTA, dari 1,5 GB data internet, hanya tersisa 300 MB saja.

Setelah melengkapi persiapan diatas, kita bisa lanjut ke proses update..

Langkah : Cara Upgrade versi Android VIA OTA


Untuk mulai mengunduh pembaruan atau upgrade versi android , harus pastikan bawa poin penting syaratnya tidak ada yang terlewatkan. Pastikan jaringan internet stabil karena file Android sistem yang berukuran 800 MB lebih,Caranya buka menu :

Pengaturan-Tentang Perangkat-Pembaruan Perangkat Lunak-Cek Pembaruan , dan berikut ini adalah screenshot jalannya pross Upgrade Android via OTA :

samsung J5
Upgrade Android
Setelah pengecekan software Update maka anda akan memiliki informasi tentang ketersedian Software apakah bisa update atau tidak. Apabila bisa maka bisa mulai melakukan proses UPdate atau Upgrade samsung J5 Anda.
Ganti versi android samsung J5
Download Android
Dan ikuti langkahnya samapai dengan selesai Upgrade,selama proses upgrade sebaiknya jaringan internet,battrai dalam keadaan siap.

2.  Upgrade Android Samsung J5 melalui ODIN.

Stelah anda mengetahui bagaimana cara upgrade melalui OTA, maka di cara kedua ini sedikit berbeda.

Upgrade Android samsung J5 Melalui ODIN membutuhkan beberapa persiapan yang harus anda penuhi untuk dapat dialakukan Upgrade,apabiala anda tidak asing dengan proses Flashing maka cara ini sudah tidak kaget lagi :).

Perlengkapan dan persiapan upgrade android samsung J5


  •  Komputer, atau laptop untuk menghindari berhentinya proses update karena kejadian tidak terduga seperti mati lampu di rekomendasikan menggunakan Laptop.
  • Baterai perangkat telah terisi 100% atau setidaknya 80%
  • Perangkat dalam Developer Mode (Mode Pengembang) 
  • Download USB Driver Samsung dan Instal Pada Komputer [Download]
  • Odin multi downloader v.3.10, tool ini berfungsi membantu kita menginstall fimrware pada perangkat.[Download]
  • Firmware Samsung Galaxy J5, silahkan anda download firmware yang sesuai dengan perangkat anda dengan memperhatikan pita dasar yang perangkat anda gunakan.

Setelah persiapan sudah selesai maka selanjutnya proses Upgrade Samsung J5 di molai.

  • Matikan Dan hidupkan perangkat dan masuk ke DOWNLOAD MODE dengan menekan tombol Home + Power + Volume Bawah

cara update versi android samsung J5
Mode Download 


  • Seteah masuk ke halaman warning!! maka Tekan Volume Atas sekali nanti HP anda akan masuk ke mode download.
  • Hubungkan HP samsung J5 anda ke komputer dengan menggunakan kabel data yang asli.

upgrade android samsung j5
ODIN Upgrade
  • Buka ODIN pada komputer anda.
  • Apabila Perangkat samsung J5 anda terdeteksi oleh ODIN maka ada indikator COM26 (bisa juga beda) seperti gambar diatas.
  • Centang pada opsi Auto Reboot dan F.Time Reset.

cara upgrade Hp samsung J5
Odin
  • Pada tombol AP disebelah kanan pilih firmware Samsung Galaxy J5 SM-J500G  dengan ekstensi TAR.MD5 yang telah anda download sebelumnya dengan terlebih dahulu di ekstrak dengan Winrarr atau 7Zip (jika belum di extraksetelah download0
  • Jika sudah akan ada pesan “Checking md5 succesfully” dan “ leave css”
cara mudah upgrade samsung j5
Start Upgrade samsung J5

  • Klik start untuk memulai Proses update tunggu hingga proses selesai,setelah berhasil maka HP samsung J5 Anda otomatis restart.
  • Perangkat akan booting lebih lama dari biasanya. Hal ini disebabkan sistem yang baru membaca keseluruhan hardware pada perangkat.
Setelah proses boot selesai, ada proses install aplikasi yang kira-kira akan membutuhkan waktu beberapa menit. Untuk itu pada saat proses ini sebaiknya anda bersabar dulu ya.
Disclaimer :Artikel ini berfungsi sebagai pembelajaran dan pengetahuan,apabila terjadi sesuatu dan penyalah gunaan pada HP anda bukan tanggung jawab kami sepenuhnya.
Sampai proses ini, anda telah berhasil menjalankan update versi android J5 SM-J500G anda ke android marshmallow versi 6.0.1.

Baca :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel