. Redmi 12C Vs Redmi 13C - Mana Yang Lebih Unggul? - IME Android -->

Redmi 12C Vs Redmi 13C - Mana Yang Lebih Unggul?

Konten [Tampil]

Setelah sukses merilis smartphone premium mereka melalui seri Xiaomi 13T, kini Xiaomi Indonesia beralih ke pasar entry-level dengan menghadirkan Xiaomi Redmi 13C yang merupakan suksestor dari Xiaomi Redmi 12C yang diluncurkan pada 9 Maret 2023 lalu dengan melakukan penyegaran pada sektor desain sehingga terlihat lebih modern dibandingkan dengan smartphone di kelasnya. Adapun keunggulan utama yang ditawarkan pada Xiaomi Redmi 13C dibandingkan pendahulunya adalah layarnya sudah mengusung refresh rate lebih tinggi serta sudah memiliki fitur NFC (Near Field Communication).

Berbicara soal performa, smartphone Xiaomi Redmi 13C ini tak jauh berbeda dengan Xiaomi Redmi 12C yang mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core dipadukan dengan memori RAM 6 GB atau 8 GB. Bahkan, Xiaomi Redmi 13C dijanjikan akan mendapatkan update OS sebanyak 2 kali dan mendapatkan garansi lebih dari satu tahun. Hadirnya smartphone Xiaomi Redmi 13C juga diiringi dengan penurunan harga Xiaomi Redmi 12C yang merupakan pendahulunya. Lalu apa saja sih perbedaan Xiaomi Redmi 12C dan Xiaomi Redmi 13C? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan sebagai berikut.

Perbedaan Redmi 12C dan Redmi 13C

Redmi 12C dan Redmi 13C menjadi dua pilihan HP kelas entry yang patut diperhatikan. Nah, agar tidak bingung untuk memilih, berikut beberapa perbedaan antara Redmi 13C dan Redmi 13C yang harus diperhatikan.

1. Layar

Baik Xiaomi Redmi 12C dan Xiaomi Redmi 13C sudah sama-sama dibekali layar sentuh berponi minimalis pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,7 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai di angka 268 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 450 nits yang cemerlang.

Kendati demikian, layar dari Xiaomi Redmi 13C sudah mengalami peningkatan di sektor refresh rate-nya. Kini, Xiaomi Redmi 13C telah didukung refresh rate 90Hz. Sedangkan Xiaomi Redmi 12C hanya mengusung refresh rate 60Hz yang standar.

2. Desain

Salah satu perbedaan yang cukup terlihat antara Redmi 13C dan Redmi 12C adalah tampilan desainnya. Sebut saja bagian modul kameranya yang sama sekali berbeda satu sama lainnya.

Redmi 12C menggunakan modul kamera persegi yang sedikit menonjol. Modul kamera tersebut memiliki bagian berwarna hitam yang diisi oleh dua lingkaran sebagai kamera dan LED flash. Sedangkan bagian luarnya diisi oleh tulisan “Redmi” dan lingkaran untuk fingerprint.

Penempatan fingerprint di dalam modul kamera ini sebenarnya cukup menarik. Hal ini membuat bodi bagian belakangnya terlihat sedikit lebih bersih tanpa ada lingkaran fingerprint di tengah-tengah. Sedangkan Redmi 13C hadir dengan modul kamera persegi yang rata atau tidak menonjol. Modul kamera ini juga terlihat lebih kekinian dengan garis-garis tipis ala Redmi Note 13 Pro. Di dalamnya terdapat dua lingkaran yang berisi satu kamera utama di atas dan dua kamera lainnya di lingkaran bagian bawah.

Selain itu, Redmi 13C juga sudah menyimpan fingerprint di bagian samping sehingga bodi bagian belakangnya ini terlihat bersih dan minimalis. Hal lain yang tidak kalah menarik adalah Redmi 13C memiliki desain bodi belakang flat atau rata. Berbedad dengan Redmi 12C yang melengkung seperti HP kelas entry pada umumnya. Teksturnya juga cukup terasa murah, berbeda dengan Redmi 13C yang punya tekstur lebih halus dan nyaman disentuh.

Untuk ukurannya, keduanya tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Redmi 12C memiliki dimensi 168,8 x 76,4 x 8,8 mm, sedangkan Redmi 13C sedikit lebih tipis yaitu 168 x 78 x 8,1 mm. Sementara untuk bobotnya sama saja yaitu 192 gram.

3. Performa

Sektor performa, smartphone Xiaomi Redmi 12C dan Xiaomi Redmi 13C sudah sama-sama ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.8 GHz, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 2EEMC2.

Meski demikian, Xiaomi Redmi 13C memiliki keunggulan dengan kapasitas RAM yang lebih besar yaitu 6 GB atau 8 GB sehingga lebih leluasa menjalankan banyak aplikasi atau multitasking. Sedangkan OPPO A38 performanya sedikit terbatasi akibat hanya dibekali RAM 3 GB atau 4 GB saja.

4. Kamera

Perbedaan lainnya yang dimiliki oleh kedua HP ini ada pada sektor kameranya. Redmi 12C hanya dibekali dua kamera di bagian belakang. Sedangkan Redmi 13C hadir dengan konfigurasi tiga kamera di bagian belakangnya.

Meski begitu, kedua HP ini sama-sama mengandalkan kamera utama 50 MP (f/1.8). Kamera ini merupakan hasil pixel binning yang menggabungkan piksel berdekatan menjadi satu piksel besar. Penggabungan ini membuat kemampuan kamera lebih mampu dalam mendapatkan detail dan cahaya yang dibutuhkan.

Selain itu, keduanya juga sudah dibekali fitur PDAF agar mudah mendapatkan fokus saat proses pemotretan. Kemudian, persamaan lain yang dimiliki keduanya ada pada kamera tambahan yang diberi nama auxiliary lens beresolusi 0,08 MP. Tampaknya, fungsi dari kamera ini adalah sebagai kamera depth untuk menciptakan bokeh.

Perbedaan lainnya yang ada pada sektor kamera ini adalah kamera depan atau kamera selfie. Redmi 12C hanya dibekali kamera selfie 5 MP (f/2.2), sedangkan Redmi 13C dibekali kamera 8 MP (f/2.0). Selain itu, terdapat fitur HDR untuk kamera depan Redmi 13C sehingga hasilnya bisa lebih baik dibandingkan pendahulunya.

5. Fingerprint

Untuk posisi fingerprint atau sensor sidik jari, Xiaomi Redmi 13C sudah menghadirkan sensor sidik jari di samping yang terintegrasi dengan tombol power. Sedangkan Xiaomi Redmi 12C masih mengusung sensor sidik jari di belakang bodi yang sudah mulai ditinggalkan.

6. Fitur NFC

Untuk urusan fitur NFC (Near Field Communication), tentu Xiaomi Redmi 13C lebih unggul atas Xiaomi Redmi 12C berkat kehadiran fitur NFC (Near Field Communication) yang sudah didukung oleh fitur Google Play. Perlu diketahui, fitur ini memiliki banyak fungsi seperti transfer file, transaksi cashless, cek saldo e-money, dan lain sebagainya.

7. Port USB

Penggunaan tipe USB menjadi salah satu perbedaan lain yang juga dimiliki oleh kedua HP ini. Sebagai pendahulunya, Redmi 12C masih menggunakan microUSB yang dianggap lebih lambat. Sedangkan Redmi 13C sudah menggunakan USB Type-C yang memiliki kecepatan transfer lebih oke.

Berbicara soal kecepatan, Redmi 12C juga bisa dibilang lebih lambat saat mengisi daya. Pasalnya, HP tersebut hanya dibekali fitur pengisian daya 10 W saja. Sehingga Anda harus menunggu sedikit lebih lama saat mengisi daya HP

Sementara itu, Redmi 13C dibekali fitur pengisian daya cepat 18 W. Meski masih terbilang lambat, kemampuan pengisian dayanya sedikit lebih baik dibandingkan pendahulunya. Selain penggunaan kabel USB, kedua HP ini juga menggunakan jenis Bluetooth yang berbeda. Redmi 12C masih menggunakan Bluetooth 5.1, sedangkan Redmi 13C sudah menggunakan Bluetooth 5.3.

8. Jaminan Update OS

Bagi siapapun yang membeli smartphone Xiaomi Redmi 13C, akan mendapatkan jaminan garansi sampai 15 bulan. Ini menarik karena cukup jarang smartphone Rp 1 jutaan, dapat garansi lebih dari satu tahun.

Tak hanya itu, Xiaomi Redmi 13C juga rupanya dapat jaminan update OS. Xiaomi Indonesia menjanjikan jika ponsel ini dapat OS sampai 2 tahun atau 2 kali. Sejak awal peluncurannya, Xiaomi Redmi 13C menggunakan sistem operasi Android 13. Itu artinya, Xiaomi Redmi 13C dapat pembaruan hingga Android 15.

Sedangkan Xiaomi Redmi 12C hanya mengandalkan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13. Untungnya, Xiaomi Redmi 12C mendapatkan dukungan security patch sampai 3 tahun lamanya, serta memiliki upgrade versi Android sebanyak dua kali. Rinciannya adalah update sistem operasi sebanyak dua kali (hingga Android 14) dan pembaruan keamanan sampai 3 tahun atau hingga 2026.

9. Pengisian Cepat

Kedua dari smartphone Xiaomi Redmi 12C dan Xiaomi Redmi 13C ini sudah sama-sama ditopang baterai berkapasitas 5000 mAh. Akan tetapi, Xiaomi Redmi 13C telah mengalami peningkatan di sektor pengisian cepat. Kini, Xiaomi Redmi 13C sudah mengusung pengisian cepat 18W. Sedangkan Xiaomi Redmi 12C tidak memiliki fitur pengisian cepat, alias hanya mendukung pengisian standar 10W.

10.  Harga

Redmi 12C hadir lebih dulu dan dirilis pada Maret 2023 di Indonesia. HP ini hadir dengan menawarkan dua pilihan variasi warna yaitu Graphite Gray dan Ocean Blue. Sedangkan untuk kapasitas memorinya terdapat tiga varian yang bisa dipilih.

Untuk harganya, Redmi 12C dijual mulai dari Rp1 jutaan saja untuk varian memori terkecil yaitu 3/32 GB. Sedangkan varian lainnya yaitu 4/64 GB dijual dengan harga Rp1,1 jutaan. Kemudian varian tertingginya yaitu 4/128 GB dijual dengan harga Rp1,2 jutaan saja.

Redmi 13C rilis di Indonesia dengan berbagai pilihan warna yang menarik. Untuk harganya sendiri ada di bawah Rp2 juta. Untuk varian RAM 8 GB dengan storage 256 GB harganya Rp1,9 juta. Sementara untuk varian RAM 6 GB dengan storage 128 GB, harganya Rp1,7 juta.


Nah, itulah beberapa perbedaan yang dimiliki oleh Redmi 13C dan Redmi 12C. Kedua HP kelas entry dari Xiaomi ini cukup menarik dengan harga yang ditawarkannya masing-masing. Jadi, mana yang lebih menarik perhatian Anda, apakah Redmi 13C atau Redmi 12C? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel