. Jenis Hingga Pembagian Zona waktu Pada Peta Indonesia - IME Android -->

Jenis Hingga Pembagian Zona waktu Pada Peta Indonesia

Konten [Tampil]

Peta merupakan alat yang penting dalam memvisualisasikan informasi geografis. Di Indonesia, dengan ribuan pulau dan keanekaragaman lanskap, peta memiliki peran krusial dalam memahami topografi dan distribusi wilayah.

Saat berada di bangku sekolah, umumnya Anda akan mempelajari ilmu geografi, untuk mengenal hingga mendalami gambar peta Indonesia.  Pengetahuan terkait peta dapat memberikan pengetahuan kepada Anda terkait petunjuk arah, hingga mampu mengidentifikasi keadaan alam di wilayah tertentu.

Adapun hal-hal yang termuat dalam peta memiliki klasifikasinya. Mulai dari warna, simbol, titik dan huruf yang akan memudahkan Anda untuk mengenali suatu wilayah secara geografis. Tak hanya itu, peta juga memiliki beberapa jenis berdasarkan indikator tertentu. Hal itu juga yang membuat kegunaan setiap peta akan berbeda.

Peta yang biasa Anda temui saat pengenalan di bangku sekolah merupakan kategori peta umum. Hanya dengan melihat peta tersebut, Anda dapat menemukan dan mengenali suatu daerah dengan mudah. Peta umum bisa Anda temui dengan mudah di buku atlas dan website.

Apa Itu Peta Indonesia?

Peta indonesia juga merupakan gambar atau sebuah lukisan yang dimana lukisan ini memberikan presentasi wilayah yang ada di indonesia dalam bentuk gambar datar. Dengan peta indonesia kalian diharuskan dapat memahami wilayah-wilayah yang ada di indonesia seperti pulau, provinsi, batas daerah hingga pegunungan dan batas laut.

Peta adalah sebuah sketsa permukaan bumi yang dapat dilihat pada satu bidang datar serta skala tertentu. Peta bisa digambarkan dalam berbagai cara yang berbeda untuk dilihat, mulai dari peta tradisional yang bentuknya cetak sampai peta digital yang muncul pada layar komputer.

Adapun fungsi dari peta ini untuk membantu pekerjaan manusia dalam mencari arah atau tujuan yang ingin di lalui. Bisa juga mencari jalan alternatif agar cepat sampai ke tujuan. Selain itu ada fungsi lain dari peta provinsi ini sebagai berikut:

  • Berfungsi sebagai penunjuk lokasi atau posisi satu tempat pada permukaan bumi.
  • Berfungsi sebagai melihat ukuran jarak, luas dan arah satu tempat pada permukaan bumi.
  • Berfungsi untuk mempermudah penelitian sebelum lakukan survei ke lapang untuk mengecek kondisi daerah yang ingin diteliti.
  • Berfungsi sebagai memberi informasi data tentang potensi salah satu wilayah atau semua wilayah.
  • Berfungsi sebagai alat menganalisis yang mendapatkan satu solusi atau kesimpulan.
  • Berfungsi sebagai alat dalam menjelaskan rencana yang akan dipakai atau diajukan.
  • Berfungsi sebagai alat dalam memahami tentang hubungan kedekatan antara fenomena atau gejala geografis yang ada pada di permukaan bumi.

Gambaran Peta Indonesia

Bagi kalian yang sedang mencari ilustrasi peta indonesia simple beserta namanya, mungkin rekomendasi gambar di bawah ini dapat membantu kalian. Sebenarnya menggambar peta indonesia sangat mudah, asalkan kalian dapat menguasai teknik menggambar yang kalian sukai dan kuasai.

Peta indonesia simple beserta namanya di bawah ini akan membantu kalian untuk menyelesaikan tugas-tugas di sekolah, pastinya dengan rekomendasi kali ini kalian hanya akan ditampilkan gambar simplenya saja. Agar dapat memudahkan kalian menyelesaikan Peta Indonesia se indah dan semenarik mungkin.

Silahkan ikuti rekomendasi Peta indonesia simple beserta namanya  di bawah ini.



  


 


Berdasarkan gambar peta Indonesia yang ada di atas, Anda mengidentifikasi wilayah berdasarkan zona waktu. Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara dengan tiga zona waktu.

Hal tersebut ditentukan berdasarkan pembagian wilayah, serta jarak antar provinsi sesuai bujur dan lintang. Mengutip Tata Ruang, letak geografis Indonesia pada garis bujur menyebabkan daerah satu dengan yang lain memiliki selisih waktu satu jam. Berikut penjelasan singkat mengenai pembagian waktu pada gambar peta Indonesia:

1. Waktu Indonesia Barat (WIB)

Wilayah yang termasuk WIB berada pada garis 105º. Zona waktu ini serupa dengan di wilayah negara kawasan Asia Tenggara, yakni Thailand. Di samping itu, apabila berpatokan pada GMT (Greenwich Mean Time), selisihnya adalah tujuh jam.

2. Waktu Indonesia Tengah (WITA)

Zona waktu ini memiliki selisih satu jam lebih cepat dari WIB, tepatnya perbedaan delapan jam dengan GMT. Beberapa provinsi yang termasuk ke dalamnya adalah Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, NTT, NTB dan masih banyak lagi.

3. Waktu Indonesia Timur (WIT)

WIT memiliki perbedaan dua jam dengan WIB dan satu jam lebih cepat dari WITA. Wilayah yang termasuk di dalamnya berada pada garis 135º BT (Bujur Timur). Provinsi yang termasuk ke dalam zona WIT adalah Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Pegunungan, Papua Selatan dan Papua Tengah.

Jenis-Jenis Peta

Jika kalian sudah mengetahui dan mendapatkan referensi sebuah gambar peta simple beserta penjelasan pembagian zona waktu di atas tadi, kalian juga wajib harus tahu tentang jenis-jenis peta dan penjelasannya di bawah ini. Tentu saja banyak pengertian singkat yang wajib kalian tahu untuk pengetahuan umum.

1. Peta Berdasarkan Skala

Peta Kadaster

Skala peta ini antara 1:100 hingga 1:5000. Memiliki skala yang sangat besar, umumnya peta ini digunakan untuk menggambarkan keadaan tanah (peta tanah) yang biasanya disertakan dalam sertifikat tanah.

Peta Besar

Ada pun yang termasuk ke dalam jenis adalah peta berskala 1:5000 hingga 1:250.000. Biasanya menggambarkan wilayah daerah yang spesifik. Misalnya seperti kelurahan, desa dan kecamatan.

Peta Sedang

Memiliki skala yang lebih besar lagi, peta jenis ini kerap digunakan untuk menunjukkan wilayah kota, provinsi dan kawasan tertentu yang cenderung lebih luas. Skalanya berada di antara 1:250.000 hingga 1:500.000.

Peta Kecil

Skala peta ini adalah 1:500.000 hingga 1:1.000.000. Biasanya digunakan untuk peta dunia.

2. Peta Berdasarkan Isi (Peta Umum)

Peta Umum

Peta jenis ini berisi objek yang bersifat umum. Contohnya terspesifikasi ke dalam dua jenis peta di bawah ini:

a. Peta Topografi

Peta jenis ini menggambarkan permukaan atau relief bumi yang sesungguhnya. Melansir Geografi.org, relief tersebut meliputi gunung, pegunungan, lembah, dataran tinggi, dataran rendah, danau, sungai, rawa. Demikian juga dengan buatan manusia seperti lalu lintas, pemukiman dan lain-lain.

b. Peta Korografi

Jenis ini merupakan salah satu yang mungkin Anda sering lihat. Tepatnya yang termuat dalam buku atlas. Umumnya, peta korografi menggambarkan wilayah yang sangat luas, misalnya peta dunia.

Peta Tematik

Berbeda dengan peta umum, gambar peta Indonesia tematik bersifat khusus, karena menggambarkan kenampakan tertentu saja. Berikut ini adalah jenis peta yang termasuk di dalamnya:

  • Peta iklim, yakni peta yang menunjukkan persebaran iklim.
  • Peta perhubungan, yakni menggambarkan perhubungan udara dan laut antar wilayah.
  • Peta persebaran penduduk, yakni menunjukkan persebaran wilayah, umumnya di suatu negara.
  • Peta persebaran hasil pertanian, menggambarkan persebaran hasil pertanian di suatu wilayah tertentu.
  • Peta pariwisata, khusus menggambarkan tempat atau lokasi wisata.
  • Peta geologi, jenis gambar peta Indonesia yang menggambarkan struktur batuan.
  • Peta tanah, menunjukkan jenis tanah.
  • Peta tata guna tanah atau lahan, umumnya menggambarkan kesesuaian jenis tanah dengan aktivitas warga di wilayah tertentu.

Peta Berdasarkan Bentuk

1.Peta Datar Peta

ini berupa dua dimensi yang sering kita lihat. Permukaannya tidak bertekstur layaknya peta tiga dimensi. Anda hanya dapat mengidentifikasi secara lebih jelas melalui visualnya.

2.Peta Timbul

Peta tiga dimensi ini merupakan peta yang permukaannya dibuat semirip mungkin dengan bumi. Namun dengan proyeksi skala yang tentu lebih kecil.

3.Peta Digital

Ketika dahulu kita biasanya melihat peta di buku atau secara langsung memegang lembarannya, sekarang ada alternatif yang lebih mudah. Tentu saja, apalagi kalau bukan peta digital yang dapat Anda lihat di layar ponsel atau personal computer (PC).

 

Penting untuk diingat bahwa peta bukan hanya sekadar gambaran visual, melainkan juga alat penting untuk navigasi, analisis geografis, dan pengambilan keputusan strategis. Dalam berbagai konteks, baik itu untuk keperluan akademik, perencanaan kota, atau mitigasi bencana, pemahaman yang baik tentang berbagai jenis peta akan membantu memperkaya perspektif kita terhadap wilayah Indonesia. Demikianlah penjelasan mengenai gambar peta Indonesia, beserta jenis-jenisnya tergantung kebutuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel