. Hp Lag Saat bermain Game? Cara Mengatasi Hp Lag Saat Bermain Game - IME Android -->

Hp Lag Saat bermain Game? Cara Mengatasi Hp Lag Saat Bermain Game

Konten [Tampil]

 Cara Mengatasi Hp Lag Saat Bermain Game - Berbagai jenis permainan yang saat ini telah beredar dan dapat di pasang secara gratis. Berbagai genre , dan berbasis online maupun Offline.

Hp lah saat main game
Gambar:pixabay

Imeandroid.com akan menjelaskan cara mengatasi hp lag saat bermain game , penyebab game lag jeda merespon.

Ketika hp Sering Lag, Hal itu bukan pengalaman menyenangkan. Tidak sepenuhnya di pengaruhi oleh gadget , namun ada beberapa kemunginan yang mengakibatkan game jeda dalam permainan.

Penyebab hp lag saat main game.

Game saat ini tidak hanya sebagai permainan untuk mengisi waktu luang dan sekedar hobi saja. Bahkan kini menjadi salah satu trend mendapatkan uang lewat internet.

Kehadirannya sudah diakui , dengan adanya berbagai turnamen yang diselenggarakan. Hal itu memungkinan siapapun mendapatkan pundi-pundi rupiah. Banyak cara lain menghasilkan uang dari internet dengan main game.

Jenis game smartphone kini sangat beragam , mulai dari game online, offline dari berbagai genre.

Spesifikasi requirement gadget nya juga berbeda. Setiap game mempunyai standard tersendiri agar bisa berjalan dengan baik saat di mainkan. 

Hal itu mencegah terjadinya lagi, hp lemot saat main game. Dan berikut beberapa penyebab smartphone lelet saat main game.

1. Device spek rendah

Spesifikasi hp untuk main game
Gambar : pixabay

Selalu memperhatikan spesifikasi ponsel ketika akan memasang game. Perlu disadari bahwa tidak setiap ponsel dapat menjalankan semua jenis game.

penyebab game sering lag saat di mainkan yang pertama adalah di karenakan kemampuan ponsel yang tidak mumpuni untuk mengoperasikan jenis game tersebut. Kalian bisa mengoreksi ulang , jenis game dan spesifikasi yang dibutuhkan oleh permainan tersebut.

RAM 

RAM Menjadi faktor yang sangat penting dalam menunjang performa ponsel dalam melakukan berbagai pekerjaan. Kapasitas nya harus diperhitungkan untuk menjalankan game.

Memori internal.

Media penyimpanan penting juga diperhatikan kapasitas nya. Semakin kecil , maka akan cepat penuh yang dapat berakibat hp lemot saat main game. Hal ini sering disepelekan oleh pengguna ponsel cerdas, sehingga lambat lain karena tidak di manage dengan baik hp menjadi sangat lelet.

Chipset dan GPU

Menjadi otak utama dalam menjalankan operasi dan rendering grafis. Kesalahan serius ketika install game hanya mengedepankan keinginan tanpa melirik sisi kemampuan chipset dan GPU.

2. Jenis game tidak tepat.

Penyebab kedua adalah jenis game yang tidak tepat. Artinya , apabila spesifikasi hp sudah kalian pahami, maka seharusnya memilih game yang sesuai dengan kemampuannya.

Opsinya dua, pada saat hal ini terjadi. Hp menyesuaikan jenis game atau memilih permainan yang tepat untuk ponsel tersebut.

3. Game bug atau eror.

Yang ketiga dari sisi aplikasi yang di pasang. Jika ponsel sudah bagus, game requirement telah sesuai masih sering lag. Pastikan kembali itu bukan Bugs dari aplikasi game.

Ini penyebab hp lemot saat main game yang jarang disadari. Sumber download game sebaiknya melalui link resmi menekan potensi kesalahan skrip game yang di modifikasi.

Tidak hanya itu, bug juga dikarenakan game tidak update. Penting sekali memperbaruinya untuk mendapat perbaikan , penambahan fitur dan lain sebagainya.

4. Jaringan internet.

Khusus game online akan berjalan dengan baik ketika memakai jaringan internet yang stabil dan lancar. Hampir semua faktor diatas penting menunjang main game tanpa lag, tetapi jangan lupa pula menyangkut dengan koneksi yang digunakan.

Itulah poin penting yang harus diperhatikan ketika main game, mulai dari spesifikasi hp, pemilihan jenis game , aplikasi terpasang, jaringan internet.

Tetapi itu saja tidak cukup tanpa membahas cara mengatasi hp ngelag saat main game. Karena bukan hal yang tidak mungkin,respon ponsel lambat pada saat main game.

11 Cara ampuh menghemat baterai hp jadi super irit.

Mengatasi tombol error tidak berfungsi (Macet)

Mengatasi hp lag saat main game online dan offline.

Pembahasannya akan digabung mengatasi ngelag saat main game. Yakni game online maupun offline.

Masalah yang sering dihadapi , lag menjadi momok menyebalkan. Pastikan Kalian telah memahami , antara lag dan slow respon.

Respon lambat menanggapi perintah kalian pada saat mengoperasikan game juga bisa disebabkan oleh layar yang sudah tidak sensitif ya. Cara mengatasi layar hp tidak sensitif bisa dengan cara kalibrasi touchscreen.

Selain itu ,berikut cara memperbaiki hp lag untuk main game:

1. Upgrade Smartphone gaming.

Upgrade hp gaming

Harga hp gaming murah saat ini sudah banyak dipasaran. Setidaknya apabila budget belum mencukupi untuk membeli ponsel gaming , kalian bisa mengganti smartphone yang mempunyai spesifikasi bagus.

Mulai dari chipset , kapasitas memori internal, RAM , hingga spesifikasi lainya .

Jangan terlalu memaksa perangkat untuk menjalankan game yang berat. Bukan hanya lah, tetapi dapat menyebabkan layar hp blank hitam karena overload.

Mengatasi hp Oppo layar blank hitam pernah saya bahas pada artikel sebelumnya. Memang tidak sepenuhnya ditengarai oleh main game atau aplikasi berat ,namun itu menjadi salah satu pemicu.

Biasanya apabila hp tidak mumpuni dengan suatu game berat di tandai :

Hp android mudah panas, sering lag, baterai smartphone boros, sering terjadi aplikasi sering menutup secara tiba-tiba dan lain sebagainya.

2. Manage storage.

Cara mengatasi hp ngelag main game
Gambar: Pixabay

Cara kedua adalah dengan memberikan penyimpanan atau mengaturnya agar tetap pada proporsi ideal.

Kalian dapat mengatur memori internal agar tetap longgar , maksimal pada 70%.  Memindah file di hp ke flashdisk ,memori Eksternal maupun ke perangkat lain seperti laptop, komputer dan cloud gratisan sepeti google drive, mi cloud dan lain sebagainya.

Baca juga, Cara pindahkan lagu ke Micro SD

Selain memindah, salah satu metode mengatur penyimpanan yang efektif yakni dengan menghapus file tidak terpakai. Junk file , berkas sampah download , cache aplikasi.

Cara hapus cache

Masuk ke pengaturan , manage aplikasi , klik aplikasi yang akan dibersihkan, kemudian pilih hapus file sampah. Untuk lebih detail bisa melihat artikel kami yang sudah live melalui kolom pencairan web.

 Itulah cara kedua meningkatkan performa smartphone agar tidak lelet untuk main game.

3. Gunakan Aplikasi.

Cara yang ketiga yakni memanfaatkan peranan aplikasi bantuan dari google play maupun bawaan perangkat. Saat ini banyak juga smartphone yang sudah mempunyai fitur game booster sepeti Xiaomi.

Peranan aplikasi umumnya membantu memaksimalkan kinerja ponsel , mulai dari meningkatkan dan memprioritaskan game. Membantu sistem menangani aplikasi yang tidak terpakai agar RAM bisa lebih optimal.

Aplikasi meningkatkan kecepatan hp biasanya dibagi menjadi dua. Yang pertama tanpa root dan kedua harus me-root smartphone terlebih dulu.

Dengan bantuan pihak ketiga kita akan lebih mudah, apps akan memberikan informasi terkait apa saja yang harus di hapus, ditutup maupun yang membuat ponsel melambat.

4. Update Apps

Memperbaiki hp lag main game
Ilustrasi : Pixabay

Update menjadi perilaku yang membingungkan karena disisi lain memperbarui aplikasi memperbaiki bug, menambah fitur , maupun keperluan lain yang berkaitan dengan perbaikan. Tetapi pandangan lain update juga akan menambah beban penyimpanan perangkat.

Mengapa ?

Umumnya aplikasi terbaru akan berubah kapasitasnya. Contohnya sebelum pembaruan apl hanya berukuran 20mb , namun versi teranyarnya berukuran 40mb.

Tetapi ini menjadi pilihan yang tidak bisa kalian hindari ketika game hp yang kalian gunakan sering lag, respon lambat, sering tutup sendiri.

5. Ganti Game.

Yang kelima adalah pemilihan jenis game. Saya sarankan anda lebih mengenali smartphone yang kalian miliki , jangan egois terhadap ambisi.

Banyak jenis game mirip Garena offline, jangan memaksa main game berat seperti PUBG, atau Mobile legend jika spek perangkat low end.

Memilih jenis game online / offline menyesuaikan spek hp.

6. Koneksi internet.

Ketika bermain game online koneksi internet menjadi asupan utama supaya bisa berjalan lancar. Pada saat itu , jaringan yang di pakai seharusnya tidak bermasalah.

Jaringan internet tanpa kita sadari bermasalah, hal itu menyebabkan game menjadi lag. Solusi atas game lemot dalam hal ini cukup mudah, kalian bisa memakai jaringan WiFi , atau pindah lokasi menyesuaikan kekuatan sinyal.

Atau bisa mencoba untuk reboot hp android kalian , memulihkan kondisi sistem dan menghapus data cache.

Baca juga

4 hp Xiaomi Spesifikasi gaming murah

Cara mengunci 4G LTE Samsung

7. Masalah terhadap layar sentuh.

Berikutnya adalah mengatasi lelet pada layar sentuh. Bisa saja semuanya normal baik dari sisi software , aplikasi dan spesifikasi hp. Tetapi kita jangan lupa, ketika main game dan respon lelet bukan tidak mungkin karena touchscreen sudah tidak sensitif.

Kalian bisa mencoba kalibrasi touchscreen hp Samsung atau Xiaomi maupun merek lain yang digunakan. Selain itu kalibrasi akan mengembalikan sensitivitas , akurasi sentuhan.

Kalian juga bisa mengecek tempered glass, setidaknya pastikan tidak menjadi penghalang respon sentuhan.

8. Menurunkan setelan Grafik.

Semakin tinggi grafik yang di set kedalam permainan , maka semakin berat juga dalam pengolahan data. Tidak masalah jika ponsel memiliki spek dewa, namun untuk perangkat yang seadanya sebaiknya menurunkan grafik agar main game lancar tanpa ngelag.

9. Kemungkinan tak terduga

Terlepas dari mengatasi hp ngelag saat main game diatas , kalian juga bisa mencoba mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik.

Tidak menutup kemungkinan ponsel kena Malware ,menggangu sistem , membuat eror dan lemot. Dengan reset ulang, ponsel akan kembali dalam performa awal seperti hp baru. 

Tapi, ini akan menghapus seluruh file dan data perangkat. Sebaiknya lakukan full backup terlebih dulu. Secara otomatis ponsel akan bersih , penyimpanan longgar ,ram optimal, bebas virus hp dan lancar main game.

Apakah ada kemungkinan dari masalah lain, ?

Bisa jadi, hardware ponsel terdiri dari ratusan komponen yang bersinergi menjadi performa dan di sajikan melalui grafik layar. Apabila salah satu ada masalah, maka bukan mustahil menjadi lemot. Untuk masalah ini bisa konsultasi ke service center ,atau konter yang menyediakan jasa  service hp terpercaya.

Akhir kata,

Itulah beberapa cara mengatasi hp lag untuk main game. Pahami penyebab ponsel ngelag, dan tentukan cara memperbaiki dengan akurat. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel