. Cara memperbaiki headset HP Semua Merek - IME Android -->

Cara memperbaiki headset HP Semua Merek

Konten [Tampil]
Cara memperbaiki Headset - Fungsinya bagi sebagian orang menjadi aksesoris smartphone yang penting. Memungkinkan mendengarkan musik , panggilan dan menonton video dengan suara yang teredam dan lirih secara pesonal. Bukan berarti tidak nyaman ya,, tetapi saat ini juga banyak sekali jenis Headset berkualitas.

Headset saya pikir adalah metode paling aman pada saat memutar musik supaya tidak mengganggu orang lain. Selain itu , pemakaian untuk panggilan bisa mempermudah tanpa harus menggenggam ponsel dan menempelkan ketelinga.

Fungsi headset dalam panggilan biasanya terdapat tombol mengecilkan suara, memperbesar , menerima panggilan. Namun sayang sekali , namanya juga produk tentu akan mengalami masalah. Nah bagaimana cara memperbaiki headset?

Masalah Headset yang sering terjadi.

Cara memperbaiki headset
Gambar: Pixabay

Beragam masalah bisa saja menghampiri headset yang kalian miliki. Sehingga secara performa tidak dapat berfunsgi dengan baik, atau bisa dikatakan "Rusak". Pilihannya ada dua , yakni memperbaiki headset tersebut atau membuangnya dan membeli kembali yang baru.

Tips membeli headset sebenarnya mudah saja, untuk mendapatkan yang berkualitas, suara ngebas, empuk dan adem maka kalian dapat membeli produk original, Original Sesuai brand ponsel ,atau original yang telah diproduksi oleh vendor lain yang telah ternama.

Ada berbagai jenis masalah pada headset yang memungkinakan terjadi. Apa saja ? Headset tidak ada suaranya, Hasil suara hanya sebelah saja, Suara yang dikeluarkan pecah tidak jernih,suara putus-putus dan lain sebagainya.

Penyebab Headset rusak cukup beragam, sedangkan bagian yang bermsalah dapat dibagi menjadi 3. Pertama Jek audio , Kabel dan Speaker.

Jek Audio, Biasanya pada pangkal sambungan antara jek dan kabel terdapat lekukan yang menyebabkan kabel didalamnya putus. Ini sering terjadi.
Kabel , Sepanjang kabel ntara jek hinga speaker merupakan saluran vital mengubungkan ke device dan menyalurkan suara. Ini cukup sulit di periksa ketika pada lapisan luar masih utuh namun didalamnya ternyata sudah putus.
Speaker, jangan heran kualitas suara dihasilkan menjadi sember, pecah maupun mati sebelah. 
Masalah yang sering terjadi diatas harus di tekan, artinya kita harus memahami penyebab yang memicu headset hp kalian menjadi rusak. 

Pada kabel hingga pangkal jek, pastikan terhindar terjadi penekukan secara ekstream. Hal ini dapat berakibat serabut wire didalamya putus menimbulkan headset mati sebelah. Sedangkan pada bagian sepeaker hindari terkena air, minyak maupun terjadi benturan keras yang bisa menyebabkan speaker mati.

Untuk beberapa earphone berkualitas mungkin di bekali dengan struktur penggunaan komponen yang super pula. Tetapi dalam hal ini tentu tidak ada alasan pula untuk selalu menjaga. 

Jangan bingung apabila suara headset tidak jernih,suara headset kecil, tidak bersuara sama sekali. Selain dari karena kabel, speaker sudah rusak, biasanya juga disebabkan karena tidak cocok antara jek audio dan ponsel kalian.

Contohnya masalah yang umum ditemukan. Ketika headset digunakan pada ponsel normal, namu suara headset kecil di pc tidak optimal layaknya pemakian di smartphone.

Artikel lain

Cara Memperbaiki headset tidak bersuara

 Pada saat menemukan masalah , cara memperbaiki headset suara vokal kecil,suara pecah, mati sebelah, maupun masalah lainya. Maka yang pertama kalian coba lakukan adalah melalui cek pakai ponsel lain.

Semua masalah tersebut bisa saja disebabkan oleh port jek audio yang terpasang pada ponsel kalian sudah aus dan sulit menghantarkan suara keluar. Apabila masalah tersebut benar karena port jack, sayang sekali akan membuang waktu menganalisa kerusakan.

Langkah pertama mengatasi Earphone rusak yakni kalian harus menyiapkan peralatan.  Pastikan semua alatnya memadai yah, salah satunya avo meter.

Atau biasa disebut multi tester yang berfungsi untuk mengecek teganggan. Avo meter hampir dimiliki oleh semua teknisi komputer, laptop, hp dan lain sebagainya.

Cek Kabel Earphone.


Lakukan pemeriksaan sambungan kabel dengan menggunakan AVOmeter. Caranya mudah, langkahnya setel AVO Meter ke bagian ohm meter memastikan tegangan sambungan kabel masih berfungsi dengan baik. Apabila Jarum Bergerak ke kanan , artinya menunjukan bahwa kabel headset masih berfungsi dengan baik.

Bisa juga dengan secara visual, yakni apabila terdapat bekas lekukan, jepitan, Melilit maupun gepeng yang mengecil umumnya dapat mengakibatkan kabel Earphone terputus. Itulah salah satu penyebab headset tidak bersuara atau mati sebelah.

Memastikanya, Kupas pada bagian yang mencurigakan tersebut. Kemudian sambungkan kembali mamakai solder. Jika sulit, Dapat meminta bantuan teknisi yang sudah terbiasa mengatasi headdset rusak.

Analisa lainnya, ?

Kamu dapat mengecek langsung dengan cara memutar musik memakai earphone tersebut. Pasang ke telinga seperti biasa. Silahkan coba mengecek beberapa titik antara mulai dari port jack audio hingga ke speaker. Tekuk, pelintir dengan perlahan hingga mendapatkan area yang bermasalah.

Langkah ini dapat digunakan ketika headset mati sebelah, suara tersendat, maupun mati total yang disebabkan oleh terputusnya kabel.

Pebaikannya, Silahkan Potong atau kupas memakai cutter area yang dianggap sebagai sumber masalah. Setelah terlihat kabel kecil, Pisahkan dan panaskan memakai korek api hingga isolator terlepas.
Dari sana kalian bisa mengukur sambungan memakai avometer. Berikutnya sambungkan kembali, dan rapihkan lalu cek hasilnya.

Jika sudah teratasi ? Silahkan sambungan diperbaiki memakai solder, solasi dengan rapih. Apabila suara masih pecah atau bahkan tidak ada sama sekali, Mulai pindah pengecekan pada bagian lain.

Periksa kabel sambungan jack.

Sambungan antara Jack ke kabel merupakan bagian yang terbilang rentan putus tanpa telihat. Cara memperbaiki dalam masalah ini cukup sulit. Memerlukan keberanian dan ketelitian , mengukur memakai multitester memastikan masih berfungsi dengan baik.

Apabila sudah ditemukan masalah terputus antara jack dan kabel, kupas dan bersihkan hingga benar-benar rapih. Kemudian solder. Pada masalah terkait memperbaiki headset rusak memang terbilang rumit, pasalnya benda kerja kecil dan terlindungi.

Sambungan Speaker putus.

Penyebab headset mati tidak ada suara sama sekali juga sering terjadi pada bagian sambungan antara speaker. Hal itu bisa disebabkan oleh tarikan yang tidak sengaja dan kencang.

Umumnya kabel yang terhubung dengan speaker terdapat dua buah bagian. Apabila salah satunya terlepas, hal itu dapat dipastikan akan menyebakan masalah speaker mati. Umumnya ciri-cirinya hanya mati sebelah saja.

Ketika mempunyai headset sebelah bersuara dan yang sebelahnya lagi mati , maka kalian dapat memeriksa sambungan / konektor speaker. Memeriksa kabel dibagian speaker memng cukup sulit, karena kita harus membongkar cover.

Pada beberapa tipe earphone relatif mudah, namun untuk beberapa jenis lain terbilang sulit tergantung dari merek. Pelajari cara membuka, jika telah berhasil dan menemukan yang terputus silahkan sambungk kembali memakai solder.

Setelah semua tersambung,pemeriksaan sudah normal,silahkan colokan jack dan putar musik. Test hasilnya.

Masih mati sebelah ? Bukan tidak mungkin apabila speaker mengalami kerusakan serius. Biasanya di sebabkan kena air, spull rusak dan lainya. Pada masalahh ini tidak ada pilihan lain kecuali mengganti speaker tersebut atau membeli earphone baru.

Suara Headset pecah , Berisik.?

Bagaimana Memperbaiki Headset pecah suara. Untuk masalah ini terbilang lebih fokus terhadap speaker. Ketika handset mengalami suara berisik, sember, pecah pada saat volume tinggi biasanya headphone tersebut bermasalah pada bagian spul, kondisi speaker goyang, sobek, berlubang, ada kotoran, dan lain sebagainya.

Tentu harus membongkarnya dan memeriksa , dan pastikan akan diperbaiki atau membeli baru saja. karena ukurannya sangat kecil, hal ini mempersulit proses perbaikan penggantian spul, pecah dan lainya. Itulah cara memperbaiki headset suara pecah , rusak mati sebelah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel