. Cara Mengatasi Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid - IME Android -->

Cara Mengatasi Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Konten [Tampil]
Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid - Bagi pengguna smartphone yang memakai kartu seluler biasanya pernah mengalami berbagai masalah, Mulai dari masalah teknis , eror aplikasi maupun terkait jaringan yang dipakai.

Salah satunya muncul notifikasi Kode MMI tidak valid. Biasnya ini terjadi ketika melakukan panggilan atau dial. Tiba-tiba muncul pesan notifikasi eror yang berisi informasi masalah kode yang dipakai tidak valid.

Biasanya terjadi ketika mengecek pulsa, mengecek sisa kuota, maupun pemakaian kode rahasia android kalian. Itu bisa terjadi pada siapa saja, pengguna kartu provider apapun.

Notifikasi Pesan Kode MMI tidak Valid.

Info operator kode MMI tidak valid bisa terjadi pada semua jenis provider, Telkomsel, Indosat, Tri, Axis, XL. Merupakan pesan info yang mengatakan sambungan dalam masalah tidak valid.

Penyebabnya beragam, sehingga tidak dapat secara langsung disimpulkan begitu saja.

MMI kepanjangan dari Man Machine Interface. Yakni sebuah perintah memakai nomor dan karakter tertentu dan memiliki maksud dan tujuan mengakses fitur khusu pada telepon seluler. Baik sifatnya fitur lokal device maupun interaksi antara pengguna dan penyedia jaringan.

Contoh cek pulsa, mengecek sisa paket internet, kode mengunci jaringan dan lain sebagainya. Umumnya setiap kode berbeda beda berdasarkan merek hp. 

Contohnya Kode rahasia samsung dan kode rahasia OPPO. Antara keduanya tentu memiliki jenis kode yang berbeda dan fungsinya.

Atau pemakaian kode mengecek pulsa atar operator seluler, misalkan *123# adalah kode cek pulsa dan kuota XL , maka apabila diterapkan pada operator Telkomsel mungkin sebagai perintah lain.

Sehingga itulah salah satu pentingnya penggunaan kode supaya tidak mengalami masalah kode MMI tidak valid.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Sebenarnya apa penyebab kode mmi tidak valid pada hp android? seperti yang telah disinggung diatas, bahwa bisa disebabkan oleh penggunaan yang tidak tepat. Masih banyak lagi penyebab lain, hal ini tergantung dari maksud dan tujuan pemakaian kode. 

Berikut beberapa sumber membuat kode MMI Android tidak Valid.
  1. Kode tidak sesuai pada device kalian, sehingga kode tersebut tidak mengandung perintah apapun pada saat memakai kode rahasia.
  2. Kesalahan pengaturan jaringan pada ponsel. Bukan hanya mmi tidak valid saja, bahkan bisa berakibat fatal "Sinyal hilang".
  3. Pengaruh sistem yang dipenuhi oleh fil sampah, file chace menggangu koneksi jaringan ponsel.
  4. Kartu SIM rusak, Bukan hanya kode mmi saja akan terganggu. Biasanya ketika sim card telah usang dan sering eror dapat menjadi penyebab sinyal sering hilang dan muncul.
  5. Jaringan sedang eror , Ini dikarenakan provider dalam masalah. Entah sifatnya lokal pada daerah anda saja atau keseluruhan.
  6. Sistem pada perangkat memiliki bug, eror karena Malware, salah Oprek menetapkan setelan.
  7. Kualitas sinyal sedang tidak bagus , karena cuaca,daerah terpencil.
  8. Jaringan tidak terjangkau , misal berada di lokasi pelosok.
  9. Hardware bermasalah, sehingga hp tidak bisa mendeteksi kartu sim
Itulah penyebab umum yang bisa berakibat masalah kode MMI android kalian tidak valid. Lantas bagaimana memperbaiki mmi tidak valid.?

Baca juga ,
Penyebab kartu sim tidak terbaca di Hp Oppo
Mengatasi Kartu SIM tidak terbaca Hp Xiaomi

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Masalah ini bisa  terjadi tidak memandang merek hp atau provider yang dipakai. cara mengatasi kode mmi tidak valid telkomsel, indosat , tri , axis, xl atau apapun relatif sama. Bahkan semua merek hp Samsung, Xiaomi,Asus, Vivo,  Advan, Realme, Lenovo, Huawei, Oppo, LG, maupun pengguna smartphone lain.

Berikut memperbaiki Kode MMI tidak Valid

1. Kode USSD/UMB 

Penulisan maupun pemakaian kode Rahasia maupun UMB salah. Yang harus kalian lakukan sangat mudah, yakni memastikan kode tersebut berlaku utuk provider maupun hp yang digunakan.

Bahkan pemakaian dial ussd bisa juga akan mendapati pesan mmi tidak valid ketika kelamaan membuka dan tida merespon perintah dari provider, Contohnya cek pulsa , lalu di diamkan begitu saja, maka notifikasi tersebut tidak otomatis tertutup melainkan akan muncul pesan tidak valid.

2. Restart  Dan refresh sistem Hp

Cara yang kedua memperbaiki kode MMI tidak valid adalah dengan cara matikan hp dan menyalakan kembali. Dengan begitu sistem akan melakukan recovery sederhana mengembalikan semua posisinya dan menjadi normal kemabli.

Belum banyak yang mengetahui bahwa dengan reboot maka kalian telah menyegarkan kembali hp, menjadi lebih fresh dan perbaikan bug kecil yang menggangu.

3. Menghapus file sampah

Yang ketiga tidak dapat disepelekan, file sampah yang menumpuk pada ponsel bisa menyebabkan sistem manjadi kacau. Tidak hanya itu saja,penumpukan dalam jumlah banyak dapat mengganggu kinerja dan menjadikan lemot.

Cara menghapus file sampah android sangat mudah,ini tidak banyak diketahui meskipun sangat penting dilakukan. Teknik ini juga bisa dipakai pada perangkat yang sering mengalami aplikasi force close program.

Cara hapus  File cache.
  • Buka menu Settings (Setelan telepon).
  • Gulir dan temukan Klik Aplikasi Manager.
  • Buka Semua aplikasi,kemudian cari apk telepon.
  • Klik , Kemudian pilih "Hapus data"
  • Lalu Klik OK, verifikasi menghapus file data telepon tersebut.
Kalian juga bisa menghapus data aplikasi sesuai pilihan. Pastikan setiap aplikasi yang membutuhkan login untuk mengingat password-nya.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Recovery jaringan paling sederhana yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengatur ponsel menjadi mode terbang beberapa saat. Ini menjadi alternatif paling mudah memperbaiki sambungan MMI tidak valid. 

Caranya mudah, cukup slide notifikasi bar ponsel kalian, lalu klik icon pesawat. Seketika sinyal akan hilang dan ponsel tidak bisa dihubungi dan terhubung ke internet.

Tips ini banyak digunakan ketika ingin memperbaiki sambungan internet yang eror, mengembalikan saluran kedalam mode normal. Biasanya cukup menyetel mode terbang dalam waktu 2-3 menit, maka semuanya akan pulih setelah dinonaktifkan.

5. Beralih ke Jaringan 3G

Pada artikel saya sebelumnya terkait "mengunci jaringan 4G ", inilah salah satu solusi mengatasi mmi tidak dapat berjalan dengan baik, Kalian bisa menggunakan jaringan 3G terlebih dahulu. Mungkin karena area tinggal anda tidak mendukung LTE maka akan mengalami masalah jaringan ketika memakai kode MMI.

Bagaimana cara mengubah jaringan ke 3G, Berikut langkahnya:
  • Kalian buka Pengaturan (Settings) Pada menu perangkat.
  • Pilih opsi Jaringan Seluler.
  • Sekarang ubah jaringan dari 4G ke 2G/3G.
  • Berikutnya simpan pengaturan.
  • Selesai dan tes jaringan dan kode mmi kalian.
Apabila memungkinkan setelah mengubah setelan tersebut,silahkan restart ponsel atau mengalihkan jaringan ke mode terbang terlebih dahulu.

6. Menyisipkan Karakter lain.

Cara ke enam ini sangat jarang diketahui bahwa salah satu cara mengatasi kode mmi tidak valid yakni dengan melalui menambahkan karakter.

Kode rahasia Xiaomi, Kode rahasia OPPO, samsung , Atau kode pengecekan lain seperti cek kuota, cek paket , umumnya memakai kombinasi angka dan karakter. Contohnya *123# atay *888# dan lain sebagainya.

Ketika sambungan tidak valid , maka bisa mencoba menambah tanda Plus,Koma pada kode USSD tersebut.

Contohnya:

Menambah Tanda Koma (,)
Dalam memperbaiki eror pada pemakaian USSD yang menimbulkan kode MMI tidak valid, kalian dapat mencoba menambah tanda koma. Contoh pada saat akan memakai USSD *888#. Dengan menambah koma maka menjadi *888,#. Supaya dapat menampilkan koma, kalian dapat menekan tanda * selama beberapa detik.
 
Menambah Tanda Plus (+)
Tanda kedua yang bisa dipakai untuk mengatasi MMI tidak valid adalah dengan menambah tanda + pada kode USSD.  Penempatannya setelah *, Jadi contoh penulisannya menjadi *+888#.

Cara menampilkan tanda Plus, Silahkan Klik dan tahan angka Nol beberapa detik hingga muncul tanda +.

7. Hard Reset Hp.

Cara yang ketujuh terbilang ekstrem karena mengharuskan mengembalikan ponsel kedalam pengaturan pabrik. Teknik ini hanya berlaku pada smartphone yang eror di karenakan masalah terhadap sistem, menjadikan pemakaian kode USSD tidak dapat berjalan karena jaringan bermasalah.

Masalah jaringan tidak melulu karena kartu, area , saja. Tetapi hal ini juga bisa dipicu oleh sistem yang telah bermasalah, Biasanya ini bisa terjadi pada hp sudah root.

8. Memperbaiki Hp (Service Hardware).

Jika perangkat masih dalam masa garansi, silahkan bawa ke Service center sesuai merek ponsel dan ajukan klaim garansi.

Ini berlaku pada hp sinyal kadang hilang dan muncul yang dikarenakan permasalahan hardware. Memang cukup kompleks masalah kode mmi tidak valid, untuk itu pastikan kalian mengatasinya dengan cara paling mudah terlebih dahulu.

Penutup
Itulah beberapa solusi sebagai cara mengatasi Kode MMI Tidak valid, Mulai dari sektor software, hardware, jaringan dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel