. Daftar urutan versi android dari terendah sampai tertinggi - IME Android -->

Daftar urutan versi android dari terendah sampai tertinggi

Konten [Tampil]
Urutan versi Android - Sejarah singkat dari perjalanan perkembangan sistem operasi android yang saat ini banyak digunakan pada smartphone. Mulai dari versi android alpha hingga android 10 saat ini terbaru. 

Namun bukan berarti ini adalah akhir dari urutan android. Tidak menutup kemungkinan akan ada update versi terbaru di tahun 2021.

Andy Rubyn adalah salah satu pendiri dari android inc, yang awalnya masih berdiri tidak dalam payung Google hingga saat ini sudah diakuisisi oleh perusahaan raksasa ini.

Tahapan perkembanganya selalu berlanjut, hingga se populer saat ini.

Perjalanan bisnis ini memang cukup pesat, seperti yang kita dapat melihat hanya dalam waktu singkat dari sejarah android yang pernah saya baca.

Dari sisi perangkat dulu saya dikenalkan awalnya oleh jenis android samsung. Namun seperti yang dapat anda lihat sekarang, cukup banyak brand ponsel smartphone dengan berbagai merk.

Xiaomi, oppo, motorolla, asus, lenovo, vivo dan masih banyak lagi yang kini menggunakan sistem operasi android.

Dan jangan kaget, untuk versi android terbaru 2020 mungkin adalah android 10 namun ini pastinya bukan jenis terakhir.

.. mungkin nanti android versi terbaru 2021 juga bakalan rilis yang di imbangi dengan penggunaan jaringan internet 5G nya.

Hingga evolusi masa ke massa jenis semakin mutakhir dengan gadget canggih setiap brand smartphone hampir rata rata menggunakan OS android, dan beberapa persen menggunakan IOS dan Windows phone.

Urutan android 2020 tercatat sudah versi OS android 10 yang telah dibekali fitur menarik mendukung kemampuan canggih.

Dapat bayangkan bukan ??

Perkembangan yang begitu pesat  berbagai merek hp sudah menggunakan versi OS yang super keren ini. Jika kita teliti lebih dalam lagi dapat kita lihat satu jenis merek saja dari jenis android samsung, Artinya seluruh tipe samsung yang menggunakan android.

Baca juga

Urutan Versi android dari tingkatan terendah sampai tertinggi.

versi android dari awal sampai saat ini
Ini merupakan sebuah catatan tentang perjalanan perkembangan android mulai dari tingkatan terendah hingga yang tertinggi dan terbaik 2020.

Untuk versi terbaru 2021 sendiri saya belum mendengar kabar update. Jangan khawatir nanti jika sudah tersedia pastinya anda bisa download sistem android terbaru untuk update berdasarkan ketersediaanya sesuai dengan merek yang dimiliki masing-masing.

Nama - nama yang digunakan biasanya memakai jenis makanan, tetapi tidak untuk versi android Q yang menggunakan nama "Android 10".

Dan berikut daftar nama -nama dan tingkatan versi android yang sudah rilis.

1. Android Alpha (Beta)


Android Alpha

Baik kita mulai saya versi android yang pertama  dengan nama android Astro ( Alpha) yakni dalam perjalanan sejarahnya pertama kali sistem operasi android di ciptakan yani diberi nama Astro atau android alpa yang kemudian melakukan upgrade menjadi android Beta.

Namun karena nama tersebut karena alasan hak cipta atau merek dagang terkait hak paten tersebut dimiliki oleh perusahaan lain maka jika awalnya diberi nama dengan android Astro kemudian berubah menjadi Alpha.

Pada varian ini merupakan sistem operasi yang tidak dijual secara resmi/ komersialkan sehingga kita tidak dapat menemukan pada Smartphone manapun.Versi Alpha 1.0 kemudian berevolusi menjadi 1.1 Beta.

2. Android v1.1 Bender (Beta). 

Versi android bender

Merupakan android versi dari lanjutan 1.1 yang tidak di perjual belikan secara komersial. Namun dengan versi 1.1 yang rilis pada 2007 november tgl 5 ini sudah mulai di perjual belikan dengan penggunaanya pada smartphon pertama yang menggunakan android yakni HTC dream. 

Hp android pertama yang menggunakan sistem operasi android ini adalah dari HTC, Dan peredaranya pun masih di luar indonesia.


3. Versi 1.5 dengan nama android Cupcake.


Perkembangan sistem operasi ini kian berlanjut dengan lahirlah versi 1.5 yakni menjadi versi pertama yang menggunakan nama makanan dengan nama cup cake. 

Versi ini rilispada tanggal 30 aprl 2009. Apa anda ingat hp android apa yang menggunakan versi ini? 
Android cupcake


Jika kita berbicara pada pangsa pasar indonesia saya sendiri tidak ingat tipe hp apa yang menggunakan versi ini, namun dapat dipastikan bahwa ini merupakan bukti bahwa android terus berkembang.

Pada tgl 15 sep 2009 tepat satu tahun dari versi sebelumnya yang kemudian diberi nama dengan donut. 

Hadir sebagai bentuk penyempurnaan dari versi sebelumnya, yakni dengan menyempurnakan BUG yang sekaligus menambahkan fitur dan mendukung layar yang lebih besar. 

4. Versi  v2.0 – 2.1 dengan Nama android Eclair.


Tepatnya genap satu tahun dari versi donut 26-10-2009 rilis kembali yang masih fokus terhadap menutupi BUG / Celah kerentanan terhadap berbagai kemungkinan serta menambahkan fitur seperti Bluetooth, multitouch, Kamera flash, live walpaper dan sebagainya yang notabene lebih lengkap dari pada sebelumnya. 
Versi android eclair

Eclair merupakan OS android yang pertama digunakan oleh perangkat merek google yakni pertama kali munculnya NEXUS, selanjutnya HTC nexus one juga menggunakan OS eclair. 

5. Versi v2.2 [Froyo] atau Frozen Yoghurt.


Urutan Android froyo

Dengan akrab dikenal dengan versi Froyo yang dikenalkan 20-05-2010 Yang tidak populer kala itu, karena di zaman itu lebih terkenal dengan blackberry dan windows phone, namun dengan tawaran open source dan aplikasi yang tersedia gratis untuk pengguna, maka ini menjadi perhatian khusus. 

Akhirnya kehadiran nya pun cukup memberikan nuansa baru dalam dunia ponsel, ribuan aplikasi yang dapat di install dan uninstall bebas penggunanya sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Kala itu android terasa menjawab kebutuhan manusia, kecepatan, kebebasan, dalam genggaman seolah olah memberikan wajah baru. 

6. Versi v2.3 [ Android Gingerbread ]


Urutan versi android gingerbread

Bersamaan dengan hadirnya Nexus S pada desember 2010 tgl 6 lahir juga android terbaru yakni diberi nama Gingerbread v2.3 meskipun populernya masih kalah dengan Blackberry waktu itu. 

Beberapa vendor perangkat seluler mulai serius menggarap seluler dengan OS android yang di awali dengan kita kenal pertama pada samsung galaxy yang mempunyai peran cukup besar dalam populernya android.

Kuatnya android melekat terhadap samsung bahkan kala itu seperti android adalah milik samsung, opini publik tentang kepemilikan android oleh samsung pun tidak dapat hindarkan.

Peranan terhadap suksesnya android memang tidak lepas dari samsung, namun ini bukan hal yang menguntungkan satu sisi saja karena dengan adanya android maka membuat nama samsung mencuat hingga saat ini. 

Kualitas samsung kalau itu memang tidak diragukan namun kepopuleranya memang kalah dengan nokia, dan blackberry. Kondisi ini berbalik justru berkat adanya android menjadikan kejayaan samsung yang hingga saat ini masih menjadi produk unggulan di indonesia. 

7. Versi v3.0 – 3.2 Android Honeycomb.


Bulan mei melahirkan urutan android pada tgl 10 th 2011 dengan versi 3.0-3.2 yang khusus dirancang untuk tablet.

Kepopuleran iPad mendorong samsung juga menampilkan produk yang menjadi primadona kalangan pengusaha kala itu.

Android HoneyComb

Jawaban tentang penggunaan teknologi sebagai penunjang usaha dalam melakukan segala aktifitas digitalnya mamlu diwakilkan menggunakan samsung Tab atau iPad. Nah pada sisi android itu sendiri menggunakan sistem operasi Honeycomb yang digunakan pada samsung

8. Versi v4.0 Ice Cream Sandwich [ICS]


Seperti halnya dengan versi sebelumnya, update android versi merupakan bentuk penyempurnaan dari versi yang sebelumnya. 16-12-2011 Google telah merilis android dengan versi v4. 0 dengan nama ICS Sebagai bentuk penyempurnaan dari versi Honeycomb untuk smartphone dan tablet.

Android ice Cream sandwich

Jika kita lihat dari perubahan yang paling mencolok adalah dengan memberikan antar muka yang lebih bersih dan elegan, multitasking. 
Selain hadirnya ICS Google juga memperkenalkan smartphone NEXUS yang diproduksi oleh samsung. 

Setelah versi ini Google selalu memperkenalkan perangkat Nexus dalam merilis versi android terbarunya. 

9. Android v4.1 – 4.3 Jelly Bean.


Jellybean

Nexus 7 merupakan merupakan perangkat yang diproduksi oleh asus kemudian di kenalkan oleh google dengan bersamaan dengan sistem operasi terbarunya yakni Jelly Bean.Jelly bean dirilis pada tahun 2012 -07-09 .

Nexus 7 merupakan perangkat pertama tablet yang menggunakan android jelly bean melakukan update versi 4.1, 4.2, 4.3.Pada versi 4.2 bersamaan dengan munculnya nexus 4 yang diproduksi oleh LG plus dan Nexus 10 dari samsung.

10. Versi v4.4 Android Kitkat.


Tingkatan android kitkat

Android versi ini masih teringat benar belum lama ini yang awalnya ramai di perbincangkan dengan inisial android K, sebelumnya diduga dengan nama key lime pie yang akhirnya dengan beberapa pertimbangan diputuskan dengan nama Kitkat.

Android kitkat rilis pada tanggal 3 September 2013 dengan perangkat pertama yang menggunakan kitkat yakni Google nexus 5 pada tanggal 31 okt 2013 yakni dengan berbagai kelebihan dari OS ini.

Pada versi ini merupakan perbaikan dari versi yang sebelumnya dengan diklaim sebagai versi yang ramah terhadap hp dengan spesifikasi rendah yang mampu berjalan lancar meskipun dengan ram 512.

Hal Ini berbeda dengan versi android jelly bean yang berjalan dengan mulus pada android dengan spesifikasi minimal dengan ram 756 MB.Rilisnya android kitkat juga dibarengi dengan Nexus 5 besutan dari LG.

11. Versi v5.0 – 5.1 Android Lollipop.


Tingkatan versi android terendah sampai tertinggi

Pada versi ini dapat terlihat perubahan yang cukup signifikan mulai dari UI flat Design dengan konsep material yang rilis   pada tanggal 15 desember 2014 dengan di dukung arsitektur 64-bit yang semakin dapat diadopsi oleh para pembuat perangkat keras.

Artinya keberadaan android pada sistem operasi smartphone semakin hari menjadi semakin berkilau sehingga mulai dari android lollipop banyak produsen yang menerapkan pada smartphone flagshipnya hingga low price nya.

Nexus 6 merupakan hp android yang dirilis bersamaan dengan lahirnya versi 5.0 yang diproduksi oleh motorola yang mana pada saat itu motorola merupakan milik dari google.

12. Versi v6.0 Android Marshmallow.


Tingkatan android dari terendah sampai tertinggi

Pada bulan september 2015 adalah dimana versi android marshmallow dengan barengi
memperkenalkan 2 perangkat nexus yang sekaligus diproduksi oleh vendor yang berbeda.

Yang pertama adalah Nexus 5X yang di label dengan Nexus kelas menengah dengan layar 5.2 yang telah diproduksi oleh LG yang satunya diproduksi Oleh huawei dengan layar 5.7Inci dengan nama Nexus 6P yang menjadi Hp Flagship hasil dari kerja sama antara huawei dengan google.

Banyak sekali perbaikan dari versi mulai dari bug, fitur dan masih banyak lagi dan merupakan OS yang cukup sulit di root.Jika cara root hp dengan versi di bawah marshmallow dapat dilakukan dengan mudah yang langsung menggunakan aplikasi maka kondisi yang berbeda jika pada marshmallow.

13. Versi v7.0 Android Nougat.

Tingkatan android


Masih ingat benar dengan versi ini, meskipun saat ini sudah beranjak pada tahun 2019 namun terasa masih hangat android nougat.Awalnya spekulasi netizen dengan hadirnya inisial android N akan menggunakan Nutella .

Namun potongan Nougat yang terdapat android dalam bentuk patung merupakan jawaban google dalam menepis rumor nama nutella.

Setiap dari versi terbaru dari android pastinya terdapat perbaikan dari versi yang sebelumnya sehingga dapat dipastikan banyak kelebihan dari versi android nougat.

Baca:

14. Versi 8.0 Android Oreo


Android oreo

25 Juni 2017 Versi android Oreo ini telah dirilis oleh google di pasar , untuk nama sendiri memang cukup banyak spekulasi yang awalnya di banyak pula yang beranggapan dengan inisial "O" ini akan diberi nama Oatmeal Cookie .

Banyak kelebihan dari versi 8.0 ini sehingga dinilai dengan versi android dengan ramah terhadap pengguna dan dilengkapi fitur canggih lainya.

15. Versi  9.0 Android Pie


Android Pie rilis pada 6 Agustus 2018 yang dalam masa pengembangan diberi nama dengan inisial" P " yang pertama kali diumumkan oleh Google pada 7 Maret 2018.

Smartphone pertama yang menggunakan versi ini yakni Google pixel dan telepon Esensial, Sony xperia sebagai perangkat pertama yang menggunakan pie. 
Android 9

Jika kita membahas kelebihan pastinya sangat banyak dibanding dengan versi sebelumnya salah satunya adalah gitu adaptif yakni memaksimalkan baterai melalui memprioritaskan aplikasi yang memungkinkan akan digunakan oleh user berikutnya.

Selanjutnya adalah versi android setelah pie yang lebih tepatnya android 2019, kira kira namanya apa dan apa kelebihannya.. Nah kita nantikan bersama..

16. Versi 10, Android 10

Android 10


Berikutnya setelah nama android sebelumnya dengan menggunakan nama-nama makanan kini resmi pada versi 10 dengan nama Android 10.

Penamaan nya sebagai memperingati bahwa telah mencapai 1 dekade. Cukup banyak penyempurnaan dari varian sebelumnya, diantaranya adalah penyempurnaan mode gelap, kualitas audio dan lain sebagainya.

Entah apa berikutnya, apa pada versi berikutnya akan menamai menggunakan angka atau memberikan nama makanan kembali.

Demikian artikel saya kali ini tentang sejarah urutan versi android dari awal hingga saat ini, 2020 saat ini yang belum terdengar keluarnya versi terbaru sehingga untuk versi android yang terlahir masih diduduki oleh android 10.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel