. Cara flash samsung A9 Pro SM-A910F Via ODIN (Flashing 99.9% Work) - IME Android -->

Cara flash samsung A9 Pro SM-A910F Via ODIN (Flashing 99.9% Work)

Konten [Tampil]

Tutorial flash samsung - Kali ini saya akan membahas cara flash hp samsung A9 SM-A910F via odin yang sangat bermanfaat untuk pengguna jika mengalami kerusakan pada hp samsungnya khususnya pada A9.

Flash merupakan salah satu teknik untuk mengatasi hp bootloop sehingga sangat tepat sekali jika hp samsung anda sedang bermasalah dengan software yakni dengan flash ulang. 

Bukan hanya itu saja, dengan melakukan flash ulang maka mengembalikan kondisi hp ke dalam keadaan standar lagi. Virus, cepat panas, sering eror atau hp sering restart sendiri akan kembali normal. 

Yang perlu kita garis bawahi adalah segala kerusakan yang disebabkan oleh software, namun jika kerusakan tersebut adalah dampak dari hardware atau komponen maka dengan flash ulang pun tidak akan membuahkan hasil. 

Cara flash Hp samsung A9 Pro Via ODIN


Sebelum flash ulang pastikan kerusakan disebabkan oleh software / sistem ya.. 

Contoh kasus,Hp cepat panas ini memiliki 2 kemungkinan penyebabnya dari virus, atau terdapat kerusakan sistem atau bisa juga dari baterai hp yang sudah tidak normal atau rusak sehingga mudah mengalami peningkatan suhu. 

Baca juga : Cara masuk Recovery Mode hp samsung Semua Tipe

Bahan perlengkapan sebelum flash.

Secara umum untuk flash hp samsung baik tipe apapun yakni membutuhkan bahan perlengkapan untuk  sebagai alat bantunya,nah berikut bahan bahan yang harus kalian download.


  • Frimware samsung A9 Pro SM-A910F
  • Download ODIN Flasher
  • Samsung USB Driver


Selain Itu karena kita akan flash samsung A9 Pro maka pastikan anda download firmware sesuai dengan tipe hp yang kalian miliki .

Jangan sampai salah ya .. karena jika Stock ROM yang kalian download tidak sesuai dengan tipe Hp anda maka sudah dapat dipastikan proses flash akan gagal.

Bukan hanya itu saja ,pastikan anda menggunakan kabel data original,karena ini akan berkaitan dengan proses transfer data pada hp anda.


Apa itu Firmware ?


bagi anda yang baru memulai belajar flash hp samsung mungkin akan terdengar asing dengan nama firmware. 

Firmware adalah perangkat lunak atau software dengan berisi program yang memiliki sifat tetap yang akan ditanam atau diaplikasikan pada hardware. 

.. yang kemudian akan menjadi eksekutor untuk melakukan tugas sesuai dengan isi dari program tersebut.Dalam hal ini dapat kita sederhanakan adalah Sistem Operasi android.

Cara mengaplikasikan firmware atau stock ROM ini yang akan di sebut dengan teknik flash ,apabila dalam komputer kita kenal dengan istilah install ulang yakni mengganti sistem operasi yang lama menjadi sistem operasi yang baru.

Pada Komponen hp android kita akan mengenal juga dengan ROM yakni tempat menyimpan Software/Frimware/ Sistem Operasi yang kita install yang besaran kapasitasnya di sesuai kan dengan spesifikasi Hp anda masing masing.


Apa Itu ROM pada smartphone.

Setelah perangkat ponsel berevolusi menjadi smartphone yang mengalami sejarah singkat kini dalam hardware kita akan mengenal dengan nama ROM.

Kemudian seperti halnya dengan komputer yang membutuhkan hardisk sebagai media penyimpanan ,maka dalam ponsel cerdas kita akan di kenalkan dengan ROM.

Pengertian rom dapat kita sederhanakan dengan melihat dari kepanjangan dari Read Only Memori yakni media penyimpanan yang hanya dapat dibaca dan tidak bisa di edit ,yang berisi sebuah file ROM sistem Operasi utama android.

Baca juga : Cara memperbaiki Hp Samsung A6 Bootloop

Manfaat Flashing Samsung A9.


Bukan tanpa manfaat pastinya,Manfaat flash hp tergolong sangat penting yakni sebagai troubleshooting atau mengatasi permasalahan smartphone yang berkaitan dengan kerusakan pada software.

Cara mengatasi Hp rusak cukup beragam namun dalam kontek flash maka hanya bersifat memperbaiki pada sisi software saja ,tidak pada hardware.

Apa saja yang bisa teratasi dengan flashing?

Hp samsung lupa pola,ya.. salah satunya adalah mengatasi hp lupa password,bukan hanya itu saja ,hp cepat panas,sering lag,sering mengalami force close,jaringan sering eror ,kena virus,bootloop dan masih banyak lagi.

Dengan melakukan flashing maka hp anda akan dikembalikan dalam kondisi standar pabrik sehingga sudah dipastikan akan normal seperti sedia kala layaknya hp baru yang baru dibeli dari toko.

Namun melakukan flash juga memiliki resiko sehingga perlu kita hindari berikut beberapa resiko yang mungkin dapat terjadi akibat flash ulang,seperti:

  • Hp menjadi Bootloop yang disebabkan biasanya file yang kita download tidak sesuai dengan tipe hp yang di flash,atau file yang telah didownload mengalami corupt  untuk itu ketika download pastikan anda memiliki jaringan yang baik.
  • Data pada hp akan hilang karena akan di hapus / format ketika proses flashing,untuk itu pastikan anda melakukan backup terlebih dahulu semua data data penting  yang ada pada Hp.Data yang hilang adalah data yang tersimpan pada memori internal sehingga anda tidak perlu kuatir jika yang tersimpan pada memori external.
  • Eror,atau hp mengalami cepat panas,aplikasi sering eror dll ,maka jika mengalami hal tersebut silahkan lakukan flash ulang karena kemungkinan terjadi kesalahan pada file Firmware yang telah anda unduh.
Setelah memahami diatas mari kita lanjutkan dengan langkahnya..
Baca juga : Cara hard Reset Hp samsung Semua tipe

Cara flashing samsung A9 Pro SM-A910F menggunakan PC.


Yang saya maksud menggunakan PC yakni menggunakan ODIN, sehingga pastikan anda sudah download sesuai dengan link yang telah saya sediakan di atas, Download samsung a9 flash file diatas.

Setelah di download silahkan kumpulkan dalam satu folder dan extrak semua file diatas ,tujuannya supaya kita akan mudah dalam pencarian.

  • Pastikan baterai pada Hp anda minimal 80% Untuk menghindari kehabisan daya ketika dalam prose flashing.
  • Silahkan Install USB driver di PC anda.
  • Kemudian Buka ODIN.
  • Matikan Hp samsung A9 dan nyalakan kembali dengan masuk ke mode Download dengan cara tekan tombol "Power + Volume Down + Home " secara bersamaan hingga muncul halaman warning ,Kemudian tekan "Volume up" agar masuk mode download .sebagai ilustasi Cek gambar berikut.
Cara flasing samsung a9 via odin

  • Langkah Berikutnya silahkan Hubungkan Ponsel samsung A9 ,pastikan terdeteksi pada ODIN dengan di tandai pada bar Odin berwarna Biru dengan tulisan "COM".
cara mengatasi samsung a9 cepat panas

  • Ceklis Auto Reboot, F. Reset time dan AP pada Odin.
  • Selanjutnya Klik "PDA/AP" dan arahkan file firmware yang sudah di download dan extrak berekstensi.MD5,seperti gambar dibawah.
flashing samsung a9

  • Kemudian Klik  "START" maka proses flashing akan berlangsung .
  • Tunggu hingga proses flash selesai dengan di tandai tulisan " PASS " dan hp akan melakukan reboot.
  • Setelah reboot silahkan cabut hp samsung anda,apabila berhasil maka hp akan kembali meminta melakukan konfigurasi dasar seperti hp baru yang di beli di konter.
  • Ikuti Instruksi hingga selesai.

Penutup.
Demikian artikel saya kali ini tentang cara flashing hp samsung A9 Pro via ODIN semoga bermanfaat.Secara konsep caranya adalahs seperti diatas jika mengalami kegagalan silahkan koreksi lagi.Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel