. Sudah tau sejarah android ? Ternyata awalnya bukan milik google - IME Android -->

Sudah tau sejarah android ? Ternyata awalnya bukan milik google

Konten [Tampil]
Sejarah Android  - Sistem operasi yang sangat populer saat ini di kalangan smartphone, kita mengenalnya adalah milik dari google dan didirikan pertama kalinya oleh google pula.

Namun faktanya dari sejarah android ternyata tidak demikian,melainkan google telah membelinya pada tahun 2003 pada bulan oktober oleh Andy rubyn.

Saya awalnya mengira bahwa android merupakan produk murni ciptaan dari google. Hasilnya berbeda setelah saya mencoba mencari informasi dari beberapa referensi salah satunya adalah android wikipedia.

Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana sejarah android lengkap mulai dari pertama hingga saat ini.

Bukan hanya dari sisi versi sistem operasinya saja. Melainkan akan saya kupas siapa pendiri dari android dan bagaimana sepak terjangnya yang kian hari kian meroket sistem operasi ini.

Kita mulai dari pengertian dari android ,yang jika kita memberikannya sebagai orang awam android ini seolah olah adalah sebuah hp atau smartphone namun ini adalah kesalahan kecil yang sering terjadi.

Pada dasarnya android itu sendiri adalah sistem operasi yang saat ini populer digunakan oleh smartphone dari berbagai merk mulai dari samsung, Xiaomi, oppo, Motorola , Nexus dan masih banyak lagi merek dan tipe.

Secara pengertian android adalah sistem operasi yang berbasis linux yang dirancang untuk mobile dengan konsep layar sentuh seperti smartphone maupun tablet.

Tentang Android yang awalnya bukan milik Google 

Android pada awalnya di kembangkan oleh perusahaan android inc dengan dukungan secara finansial dari google.  Selanjutnya di beli pada tahun 2005 oleh google sehingga menjadi secara kepemilikan sepenuhnya milik google.

Kemudian secara resmi pada tahun 2007 bersamaan dengan didirikan open handset alliance ,konsorsium industri hardware ,software serta telekomunikasi yang bertujuan memajukan standar dari perangkat seluler.

Saat ini kita kenal dengan bahasa Hp jadul, pada dasarnya mungkin ini adalah salah satu induk acuan dari perkembangan smartphone.
Sebelumnya hp hanya sebatas untuk melakukan panggilan,menerima panggilan dan sms.

Tapi dengan hadirnya smartphone menjadi lebih multifungsi, karena tingkat kecerdasanya di upgrade menjadi alat super pintar.

Jika anda lahir pada tahun 1990 an kebawah mungkin akrab dengan beberapa tipe hp seperti NOKIA 1200,6610,6615 atau Samsung SGH 100 yang notabene telah menjadi alat komunikasi yang mendahului sistem operasi android.

Seperti yang kita tahu bahwa android dengan ponsel pertamanya yakni mulai dijual tahun 2008 tepatnya bulan oktober.

Android memiliki antarmuka secara umum menggunakan manipulasi langsung dengan didukung gerakan sentuh melalui tindakan nyata.

Contohnya mengetuk,menggeser,mengetik virtual dengan tanpa keypad fisik dan masih banyak lagi.

Hal ini pastinya menggeser konsep lama dari Hp, awalnya secara fungsi serba terbatas. Sehingga ketika keluarnya android seperti sebuah jawaban teknologi yang di nanti oleh masyarakat.

Selain dengan perangkat layar sentuh juga sistem operasi ini terus berkembang menjadi android TV yakni untuk sebuah pesawat televisi ,atau android auto yakni dihadirkan untuk Mobil serta android wear yakni untuk jam tangan dan dari masing masingnya memiliki antarmuka yang berbeda.
Baca juga,12 Aplikasi mempercepat kinerja Hp android

Pengertian dan sejarah android [ Sistem Operasi ]


sejarah android dari awal

Secara pengertian artinya dapat kita garis bawahi bahwa android adalah sistem operasi atau perangkat lunak yang biasa digunakan sebagai software smartphone.

Meskipun pada beberapa produk yang dilengkapi dengan android seperti Android auto,android TV. Sistem operasi dengan berbasis linux dan Open source serta google merilis kodenya di bawah lisensi Apache.

Artinya dengan Lisensi terbuka maka memungkinkan pengguna dapat secara bebas melakukan modifikasi dan mendistribusikan oleh developer ,pengembang aplikasi,operator nirkabel.

Selain itu pada android memiliki jumlah besar komunitas developer Apps dan memperluas fungsional dari perangkat dengan dilengkapi versi kostumisasi bahasa pemrograman java.

Bulan oktober tahun 2013 lebih dari satu juta aplikasi yang tersedia untuk hp android dan kurang lebih 50 milyar aplikasi diunduh melalui play store.

Kemudian pada survei bulan April hingga mei 2013 menyatakan bahwa android adalah platform sistem operasi yang paling populer bagi para pengembang dan digunakan hingga 71% Developer bergerak.

Terdapat lebih dari satu Miliar pengguna aktif bulanan android yang meningkat dari 583 juta per bulan juni 2013,di google I/O th 2014.

Tahun dua 2010 merupakan tahun dimana symbian terkalahkan oleh android, faktor diatas telah memberikan kontribusi langsung terhadap perkembangan android menjadi sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Sistem operasi android juga memberikan pilihan terhadap perusahaan teknologi yang memungkinkan operating sistem dengan harga atau biaya yang relatif murah serta ringan tanpa harus mengembangkan dari awal dan dapat dilakukan custom.

Dengan Sistem operasi berlisensi open source menjadi salah satu faktor yang mendorong sejumlah komunitas pengembang aplikasi dan tumbuh besar.

Dengan lisensi kode open source sebagai dasar proyek membangun aplikasi
,melalui menambahkan fitur fitur baru bagi pengguna tingkat lanjut atau mengoperasikan android pada perangkat secara resmi dirilis melalui sistem operasi lain.

Android telah menguasai pangsa global pada smartphone di tahun 2013 bulan november.

Awalnya dipimpin oleh produk dari samsung dengan 64 persen pada bulan maret di tahun 2013. Selanjutnya tidak hanya berhenti di sana saja, pada bulan juli 2013 terdapat 11.868 dengan android berbagai versi.

Saya kira ini merupakan sejarah android singkat bahkan memiliki perkembangan yang dibilang dengan jangka waktu yang cukup cepat apabila kita baca dari beberapa keterangan dari atas.

Hal ini dalam konteks keberhasilan menjadikan target litigasi yang paten "Kompetisi smartphone" antar perusahaan teknologi yang memproduksi ponsel pintar.

Total 900 juta perangkat android yang telah diaktifkan di seluruh belahan dunia. Serta dengan 48 Miliar aplikasi yang sudah terpasang di playstore,, dahsyat bukan.?

Mungkin untuk saat ini bisa anda bayangkan bukan berapa banyak perangkat android yang sudah beredar di dunia..jawabanya sangat banyak ,Dapat anda lihat berdasarkan urutan versi android saja sudah cukup banyak seperti berikut.

Sejarah android Secara Singkat.

sejarah singkat android
Andy Rubin [ Source : Wikipedia ]
Seperti yang telah saya katakan diatas bahwa awalnya memang bukan milik dari  google.

Didirikan oleh Palo Alto pada bulan oktober tahun 2003 ,Andy Rubin sebagai pendiri danger ,Nick Sears Mantan dari VP T-Mobile,Rich miner pendiri dari Wild fire Communication,Chris White Sebagai kepala design developer interface Web TV sepakat untuk mengembangkan smartphone dengan lebih peka terhadap lokasi ,preferensi pengguna.

Pada awalya mengembangkan sistem operasi android adalah sistem operasi canggih yang lebih diperuntukan untuk kamera digital.

Namun dengan cepat disadari bahwa pangsa pasar dari perangkat kamera tidak memiliki kapasitas yang besar, yang kemudian pengembanganya di alihkan ke pasar Smartphone sebagai penyaring symbian serta windows mobile dan Iphone pastinya meskipun belum rilis waktu itu.

Meskipun para developer android merupakan pakar pakar dari teknologi yang handal dan berpengalaman ,Android Inc sendiri di operasikan dengan diam diam dan hanya diungkapkan para developer yang sedang menciptakan software yang dibuat untuk ponsel.

Masih di tahun yang sama ahirnya Rubin kehabisan dana ,ini merupakan bisnis yang tidak membutuhkan biaya kecil sehingga bukan uang sedikit yang dibutuhkan ,Steve Perlman adalah seorang teman dekat Rubin sehingga memberikan pinjaman uang tunai $10.000 tunai serta menolak tawaran saham pada perusahaan.

Pada tanggal 17 Agustus th 2005 merupakan menjadi momen bersejarah dimana google mengakuisisi Android Inc sebagai anak perusahaan milik google sepenuhnya serta kondisi para pendirinya masih tetap bekerja disana ,seperti Rubin,White.  Selanjutnya perkembanganya tidak diketahui banyak orang namun banyak juga yang beranggapan bahwa google memiliki rencana memasuki pasar telepon genggam / Hp .

Tim yang dipimpin oleh Rubin di Google mulai mengembangkan platform perangkat Smartphone dengan menggunakan kernel dari Linux .

Google memasarkan platform tersebut kepada Operator nirkabel dan Perangkat seluler dengan menjanjikan menyediakan sistem operasi yang flexibel serta dapat di Update.

Baca juga Cara screenshot hp Vivo dengan mudah [Empat Cara]

Hp pertama menggunakan Android.


Karena ini merupakan sejarah pastinya ada beberapa poin pentingnya salah satunya adalah merek hp yang pertama menggunakan sistem Operasi android.Nah HTC Dream merupakan Hp yang pertama menggunakan sistem operasi android.
sejarah android
Source : Wikipedia

Spekulasi tentang keinginan dari Google memasuki pangsa pasar Ponsel sehingga terus berkembang sampai bulan desember di Th 2006 ,BBC serta Wall Street Journal melaporkan bahwa google sedang bekerja keras untuk menyiapkan Aplikasi dan Search engine Smartphone.

Banyak media cetak yang mengabarkan bahwa google sedang melakukan perkembangan Ponsel dengan merek Google serta beberapa diantaranya berspekulasi Google sudah menentukan Spesifikasi teknis,termasuk operator jaringan dan produsen dari ponsel.

Kemudian pada bulan desember 2007 google telah mengajukan list beberapa aplikasi paten di bidang Seluler di laporkan oleh InformationWeek.

Sedangkan pada tgl 5 Nov 2007 OHA ( Open Handset Alliance di Didirikan,Nah Apa itu OHA ?? OHA adalah Konsorsium dari perusahaan 2 teknologi seperti google,Produsen hardware Seperti Samsung,Sony,HTC dan operator nirkabel seperti Sprint Nextek serta Mobile dan Produsen chipset Qualcomm ,Texas Instrument.

OHA Sendiri memiliki tujuan mengembangkan Standar terbuka bagi ponsel ,Saat itu android telah diresmikan sebagai produk pertamanya dengan platform menggunakan kernel Linux V 2.6.Dengan Seluler komersial yang pertama dengan Sistem Operasi android adalah HTC Dream yang diluncurkan pada 22-10-2008.

Dilanjutkan Google merilis seri nexus perangkat smartphone serta tablet dengan sistem operasi android yang telah diproduksi oleh mitra produsen seluler seperti HTC ,Samsung,LG.

Kerja sama antara Google dan HTC  membuahkan hasil produk pertamanya dengan merilis Nexus One.Kemudian di perbaharui seperti nexus 4 ,nexus 10 dari LG dan samsung.

Sejarah berikutnya pastinya terus bergulir dengan seiring berjalanya waktu meskipun hingga pada 15 -10-2014 Google mengumumkan Nexus 6,Nexus 9 yang telah di produksi Motorola dan HTC.

Sedangkan pada tahun sebelumnya sejarah android juga mencatat ,google mengumumkan 13 maret 2013 dalam postingan Larry page pada postingan blognya mengatakan bahwa Andy Rubin telah dipindahkan dari divisi android kemudian mengerjakan new project di Google kemudian digantikan oleh Sundar Pichai yang sebelumnya sebagai Kepala Divisi Google Chrome yang telah mengembangkan Chrome OS.

Sejak pada tahun 2008 Google secara bertahap telah melakukan sejumlah update sebagai bentuk peningkatan kinerja sistem operasi dengan menambahkan banyak fitur baru serta memperbaiki BUG yang terdapat di versi android sebelumnya.

Android Version yang diRilis secara alfabetis berdasarkan nama masakan cuci mulut dengan identik bergula atau memiliki rasa manis.

Misalnya urutan versi android di mulai dari 1.5 dengan nama Cupcake ,selanjutnya 1.6 Donut,Kitkat atau 5.0 dengan versi Lollipop yang telah dirilis 15-10-2014,bahkan android versi 9,Pastinya Hingga detik ini perkembangan selalu dilakukan hingga sempurna.

Untuk lebih jelasnya mari kita cek urutan Versi android terupdate.

Urutan Versi android dari awal hingga versi terupdate.

Perkembangan versi android dari awal hingga akhir saat ini yang beredar di pasaran dan digunakan pada berbagai smartphone seperti banyak merek baru yang kita dapat kita jumpai di pasaran seperti Phocophone,Advan,Xiaomi,Oppo dan masih banyak lagi.

Saya tidak perlu membuat artikel sejarah android pdf bukan? namun jika anda membutuhkanya untuk referesi sebuah pelajaran silahkan imeandroid.com untuk diizinkan membantu menyempurnakan artikel sejarah android hingga urutan versi android.

Urutan versi android 2018 hingga artikel ini telah saya terbitkan bahkan akan menjelang tahun 2019 ini masih berada pada posisi teratas yakni versi android pie  atau bisa kita kenal dengan versi android 9.

Jejak sejarah merupakan urutan versi - versi android ini dari awal hingga akhir merupakan salah satu bukti bahwa android selalu melakukan evolusi dan update android dari versi lama ke versi yang baru secara berkala

Versi - versi android secara urut lengkap

Berikut ini rangkuman dari urutan versi android secara lengkap bukan hanya 2018 saja ,melainkan artikel ini saya akan coba secara konsisten insya Allah akan saya update versi android 2019,2020 dan seterusnya hingga lengkap.

Versi 1.0 di kenal dengan Android Astro (Alpha)

Sebelumnya pada catatan sejarahnya android memiliki dua nama versi yang sebelumnya dengan nama android Alpha dan android Beta ,Tidak lepas dari pentingnya sebuah nama disinilah menjadi awal perkembangannya hingga saat ini menjadi nama android pie.

Namun untuk penamaan versi pertama ini sebenarnya diberi nama dengan Android Astro tetapi karena alasan Hak Paten Nama atau hak cipta sehingga Nama Astro tidak jadi digunakan.

Dan pada versi awal ini merupakan Sistem operasi yang tidak dijual secara komersial sehingga tidak kita temukan pada ponsel merek apapun dan tipe apapun,yang kemudian Versi 1.0 ini di kembangkan menjadi V 1.1

Android Versi v1.1 Bender (Beta)
Di rilis pada 5 November 2007 merupakan versi lanjutan dari 1.0 yang sebelumnya tidak dijual secara komersial ,begitu pula dengan nama Bender yang tidak bisa digunakan karena alasan Hak cipta ,pada versi pertama ini sudah mulai digunakan dan dikomersilkan dan di gunakan pada Hp android HTC Dream.

Versi 1.5 dengan nama android Cupcake.

Kemudian terus berkembang sehingga lahirlah android Cupcake yang rilis pada tanggal 30 April 2009 yang mengawali penamaan setiap versinya menggunakan nama nama makanan manis sebagai inisial identitas.

Setelah Cupcake android ini melahirkan kembali versi baru pada tanggal 15 september 2009 yang tepat genap satu tahun dari versi sebelumnya kemudian diberi nama Donut.

Android v1.6 Donut hadir menjadi bentuk penyempurnaan dari versi sebelumnya dengan menutup BUG sekaligus menambahkan beberapa fitur seperti mendukung layar yang lebih besar.


Versi  v2.0 – 2.1 dengan Nama android Eclair.

Pada tanggal 26 oktober 2009 yang tidak genap satu tahun setelah versi sebelumnya akhirnya rilis kembali yang masih fokus dalam menutupi bug yang ada dan juga menambahkan fitur dari versi sebelumnya seperti Bluetooth,Flash kamera,Multi Touch,Digital Zoom pada kamera,live wallpaper dan lainya .

Ini Merupakan OS yang digunakan oleh perangkat merek Google yang pertama kali muncul dengan seri Nexus ,kemudian HTC nexus One juga Menggunakan OS Eclair ini.


Versi v2.2 dengan nama Frozen Yoghurt.

20 Mei 2010 Yang dikenal dengan versi android Froyo meskipun masih jauh dari kata populer kala itu yang belum seperti Symbian dan Windows namun kehadirannya terus berkembang dan dilirik oleh pasar.

Namun pengguna sadar akan hadirnya dengan penawaran baru yang lebih flexibel dan sehingga pengguna merasa OS ini jauh lebih menjanjikan akan teknologi yang lebih menyenangkan dengan tersedianya ribuan aplikasi yang dapat kita install dan uninstall secara bebas dan gratis.

Android Versi v2.3 [ Gingerbread ]
Kemudian pada desember 2010 tanggal 6,Versi Gingerbread yang bersamaan dengan Nexus S yang telah di produksi oleh Nexus.Versi ini menjadi gerbang awal kesuksesan bagi android meskipun belum sepopuler dengan Blackberry kala itu.

Kesadaran ini terus berlanjut hingga beberapa vendor dari Perangkat seluler ini mulai menggarap peruntukan OS Android seperti dari samsung galaxy kala itu yang memiliki peranan besar dalam kesuksesan android.
Mungkin kala itu bisa dikatakan banyak yang beranggapan bahwa OS android adalah milik samsung karena kuatnya mer
Promosi yang luar biasa gencarnya membuat orang awam mulai mengenal sistem operasi Android. Bahkan saat itu sebagian besar orang beranggapan bahwa OS Android adalah milik Samsung karena kuatnya merek yang dilakukan oleh Samsung. Ini juga menjadi awal mula kejayaan Samsung di jagad smartphone.


Android Versi v3.0 – 3.2 Dengan Nama Honeycomb.

Dirilis 10 Mei 2011 serta dirancang khusus untuk perangkat tablet, yang saat itu mulai populer di pasaran salah satunya berkat promosi dari Samsung beserta kepopuleran Apple iPad.


Android Versi v4.0 dinamai Ice Cream Sandwich [ICS]

Dirilis pada 16 Desember 2011.Pada varian android ini dapat kita katakan merupakan bentuk penyempurnaan dari type android Honeycomb dan telah dioptimalkan untuk penggunaan tablet dan smartphone.

Perubahan yang paling dominan pada versi sebelumnya adalah dari user interface yang tampak lebih bersih serta elegan serta dalam urusan multitaskingnya.
Serta juga Google memperkenalkan Perangkat Nexus yang bersamaan dengan ICS yang telah diproduksi oleh samsung beserta terus berlanjut setelah versi ini Google rutin memperkenalkan Nexus setiap kali memperkenalkan OS android terbaru.

Android v4.1 – 4.3 Jelly Bean.

Dirilis pada Tahun 2012 tgl 9 bln Juli .Dengan bersamaan memperkenalkan OS Versi 4.1 di tanggal 27 Juni 2012 Google juga memperkenalkan Nexus 7 yang telah di produksi Oleh Asus .Nexus 7 sebagai generasi pertama merupakan perangkat Tablet.Pada Jelly Bean sendiri mengalami 3 kali Update versi 4.1 kemudaian 4.2 serta 4.3.Pada Versi 4.2 yakni bersamaan dengan hadirnya Nexus 4 yakni smartphone dengan pabrikan dari LFG plus  Nexus 10 adalah tablet dari samsung .

Nexus 7 generasi 2 yakni bersamaan dengan android versi 4.3 yakni perangkat tersebut diproduksi Oleh asus dengan beberapa peningkatan seperti penambahan kamera belakang dan dukungan koneksi internet.

Android Versi v4.4 dengan nama Kitkat.

Masih diberi dengan nama nama makanan manis yakni pada versi ini diberi nama dengan inisial "K" yang awalnya diduga dengan nama Key Lime Pie ,namun dengan beberapa pertimbangan maka Google memutuskan untuk penamaan diberi nama Kitkat.

Nama tersebut adalah salah satu cemilan yang tersedia pada dapur kantor yang biasa menemani para programer Google ,sehingga ide nama tersebut muncul dari salah satu di Google kemudian dari pihak Google menghubungi pihak Nestle sebagai pemegang merek dagang tersebut untuk mendapatkan persetujuan penggunaan nama sebagai Sistem Operasi ini.

Tentu versi ini merupakan salah satu perbaikan dari versi versi sebelumnya yang diklaim lebih ramah dengan perangkat dengan low spesifikasi bahkan kita tau banyak smartphone dengan RAM 512 mampu dengan mulus berjalan dengan menggunakan KITKAT.

Berbeda dengan Versi jelly bean yang berjalan dengan minimal RAM 756 MB supaya mampu berjalan Mulus bersamaan dengan rilisnya kitkat pada tanggal 31 desember 2013 Google juga merilis ponsel cerdas Nexus 5 yang di produksi LG.

Android Versi v5.0 – 5.1dengan Lollipop.

Tampak perubahan besar pada versi ini dari segi UI yang tampak lebih flat dengan konsep Material Design yang dirilis pada tanggal 15 desember 2014 dengan mendukung arsitektur 64-bit serta membuat makin banyak diadopsi oleh para vendor.Hal ini semakin dilirik keberadaanya pastinya sehingga mulai dirilis dan diterapkan untuk Hp android flagship hingga Hp dengan kelas menengah kebawah.

Bersamaan dengan versi 5.0 ini Google juga merilis perangkat smartphone Nexus 6 yang telah diproduksi oleh Motorola di mana pada saat itu motorola juga masih milik Google ,Kemudian sudah berlanjut pada perangkat dengan android pertama mengusung RAM 3GB adalah Asus Zenfone 2 yang mengusung kapasitas RAM 4GB.

Versi Android v6.0 diBeri Nama Marshmallow.

September tahun  2015 Android versi marshmallow resmi dirilis dengan bersamaan google merilis dan memperkenalkan 2 perangkat nexus sekaligus yang telah di produksi oleh berbeda.

Yang pertama adalah Nexus 5X yang di cap sebagai nexus kelas menengah dengan layar menggunakan 5.2inc telah diproduksi oleh LG sedangkan yang satunya yakni dengan spesifikasi layar yang lebih lebar dengan 5.7inc dengan nama Nexus 6P yang merupakan smartphone flagship hasil dari kerja sama antara Huawei dengan google.

Versi v7.0 yang akrab dengan Android Nougat.

Versi ini telah resmi diperkenalkan pada akhir 2016 yang membuat banyak spekulasi netizen dengan android versi N ini adalah akan menggunakan nama Nutella .Namun Google menepis nama tersebut kemudian resmi memberikan nama bersamaan dengan di pamerkan patung Icon android yang berdiri di atas potongan Nougat.

Sebelumnya google sudah mengundang para pengguna untuk memberikan ide bersamaan dengan versi ini beberapa nama termasuk Nutella dan nastar pun muncul menjadi spekulasi sehingga Google memutuskan untuk menggunakan Nama Nougat.

Versi 8.0 atau Android Oreo



Versi ini dirilis pada tanggal 25 Juni 2017 yang awalnya banyak juga spekulasi dari nama android ini akan menggunakan Oatmeal Cookie yang berasal dari Inisial O.

Versi ini dikenal dengan lebih mantap dengan user interface yang lebih indah dengan beberapa kelebihan dari versi sebelumnya yang dikenal dengan boros baterai namun di versi ini lebih ramah terhadap baterai.

Baca juga Kelebihan Versi Android Oreo Menarik!! [Jangan]

Android Pie yang bisa juga di kenal dengan Android 9.

Versi android setelah Oreo juga masih sama dengan mengusung nama dari makanan manis namun terlepas dari itu pastinya banyak update dari fitur sebelumnya.

Fitur fitur yang terdapat pada android pie seperti smart notifikasi ,fitur gelap dan masih banyak lagi yang dapat kita dapatkan dengan memiliki smartphone yang telah menggunakan versi ini.

Berbeda dengan versi sebelumnya jika kita mudah dalam cara root android namun di setiap versinya biasanya selalu melakukan upgrade keamanan sehingga untuk root sendiri setiap versinya biasanya memiliki karakter atau cara yang tidak sama.

Penutup
Demikian artikel saya kali ini mengulas tentang sejarah android yang cukup menarik membuat saya ingin menulisnya. Sekian artikel saya di imenadroid.com dan silahkan baca artikel menarik lainya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel