. Pengertian Apaa Itu Root Android dan Fungsi nya - IME Android -->

Pengertian Apaa Itu Root Android dan Fungsi nya

Konten [Tampil]
Pengertian Apa Itu Root android - Buat anda yang sering baca tentang modifikasi hp android mungkin pernah membaca dengan "Hp wajib di root" ini akan membuat pertanyaan besar bagi anda karena anda belum tau tentang pengertian root dan fungsinya.

Ini suatu kesempatan buat saya sedikit berbagi tentang pengertian Apa Itu root Android , saya mohon maaf sering membuat tutorial root namun baru punya kesempatan untuk menyampaikan dari fungsi root itu sendiri.

Sebenarnya langkah tersebut merupakan salah satu tindakan yang cukup berbahaya terhadap kelangsungan sistem yang dapat mengakibatkan hp menjadi lag, cepat panas maupun yang paling parahnya adalah bootloop.

Untuk itu bagi anda yang ingin memiliki niatan root hp android saya sarankan untuk paham terlebih dulu tentang pengertian dan fungsinya karena ini merupakan hal yang memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing.

Android merupakan salah satu sistem operasi yang populer di dunia yang di kenal dengan menjadi sistem operasi yang paling banyak di gunakan oleh perangkat pintar, padahal dalam sejarah android sendiri awalnya di bilang kalah populer terhadap blackbarry pada tahun 2010.

Namun seiring dengan jalannya perkembangan sehingga menjadi sangat populer di kalangan smartphone meskipun masih ada beberapa tipe OS seperti IOS namun keberadaan para developer apk yang jumlahnya milyaran dan dengan lisensi open source nya membuat para penggunanya tertarik.

Kita tinggalkan dulu tentang cerita dari perjalanan android, namun dengan rentetan proses tersebut kita kenal dengan kata open source atau dengan bebas dapat dimodifikasi dan didistribusikan hal ini berkembang juga dengan melakukan root sebuah sistem pada smartphone untuk itu kita bahas tentang pengertianya.

Pengertian Apa itu root dan Fungsinya di hp android 

fungsi root
source :makeuseof.com

Saya awalnya belum paham apa itu root hp dan bagaimana caranya, karena saya penasaran akhirnya mulai melakukan pencarian dan mempraktekan meskipun rela mengorbankan yang akhirnya terjadi error atau hp menjadi rusak secara sistem sehingga mengharuskan untuk saya pribadi belajar flash hp.

Apakah root itu berbahaya, nah ini dia yang saya maksud dengan resiko karena memang melakukan rooting hp memang memiliki dampak positif dan dampak negatif yang perlu anda tahu sebelum melakukanya.

Mungkin jika saya sebutkan beberapa dampak positifnya cukup banyak juga namun saya akan coba menyebutkan beberapa dampak negatifnya seperti, berpotensi bootloop, Hp mudah kena virus atau lebih rentan, Bisa sering eror, mudah panas dan lainya.

Cara root samsung dan Hp Oppo dapat dikatakan memiliki cara yang sama artinya kita dapat melakukan tanpa pc atau menggunakan aplikasi yang langsung di instal pada hp atau dapat juga root menggunakan komputer.

Prosesnya juga cepat asal sesuai dengan tutorialnya maka dalam hitungan detik sudah selesai, untuk cara mengetahui android sudah di root atau belum maka dapat menggunakan aplikasi root checker yang bisa anda download di playstore.
Baca juga: Cara root samsung J3, Ampuh

Pengertian Root Smartphone

Sebelum kita membahas tentang fungsinya maka kita perlu juga tau tentang pengertian lengkap root, biar tidak salah paham mengenai akar .

Mungkin secara pengertian hampir sama dengan pengertian root pada komputer namun disini berbeda dengan objeknya, Root berasal dari bahasa inggris yang artinya "Akar" akar sendiri jika pada sebuah tumbuhan merupakan sebuah inti dari kehidupan dan pertumbuhan pohon. 

Namun kata akar disini di gunakan pada Gadget yang kurang lebihnya adalah "Inti" yang artinya untuk dapat masuk kedalam file sistem memerlukan membuka gerbang akar yang terkunci.

Hp android yang baru dalam kondisi aman dan terkunci file "Root" Atau File sistemnya sehingga seorang user tidak dapat mengakses, mengedit file tersebut sebelum menjadi super User.

Sampai disini mudah di pahami? artinya untuk menjadi super user kita memerlukan Root terlebih dulu hp tersebut agar memiliki kebebasan.Root adalah akun sistem yang mempunyai kekuasaan absolute mengakses dan eksekusi seluruh file, system, command.

Yang pada hp android di kenal dengan sistem operasi yang berbasis linux sehingga kita dapat  mengubah, menghapus, memodifikasi, tweak dan masih banyak lagi setelah hp dalam kondisi ter-Root, Inilah yang menjadi tujuan root.

Secara singkat tujuan root hp android adalah mendapatkan akses full terhadap fullsystem dan dapat melakukan edit, modif, secara penuh dengan menjadi super user.
Baca juga: Cara root hp dengan tepat, semua tipe

Fungsi melakukan Root Android.

Setelah kita mendapatkan akses kemudian bisa kita katakan berbagai macam keuntungan dan fungsinya, artinya secara singkat jelas fungsi nya adalah menjadi super user dan memiliki hak akses secara penuh terhadap super user.

Biasanya ini di lakukan pada mereka yang ingin melakukan custom ROM, contohnya Hp android advan ingin memiliki Tampilan Full samsung, dll.Jika pada kondisi sebelumnya hp yang belum ter-Root kita tidak dapat sama sekali mengakses file sistem karena kondisi tersembunyi atau Hidden.

Berikut keuntungan melakukan root dan gunanya.

  • Mengatur / hapus aplikasi bawaan , mengurangi apliaksi terisntall pada memori internal dan di install pada memori external agar hp lebih ringan.
  • Mendapatkan akses tidak terbatas seluruh  file yang ada pada Hp anda sehingga mudah melakukan modifikasi, edit, bahkan hapus.
  • Melakukan Backup full sistem dan aplikasi .
  • Install Custom ROM sesuai selera anda atau install aplikasi yang membutuhkan akses root seperti aplikasi internet gratis, tools hacking.
  • Melakukan Overclock dengan penuh untuk meningkatkan performa sehingga hp akan pada tingkat kecepatan di angka maksimal.

Dan masih banyak lagi fungsinya root hp android, dan setelah hp root banyak sekali aplikasi dahsyat yang membuat kita kagum, contoh aplikasi setelah root netcut yang mampu digunakan untuk memutus jaringan internet wifi orang lain.

Demikian artikel saya kali ini tentang fungsi root dan pengertianya yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.Sekedar mengingatkan sebelum anda melakukanya pastikan anda paham akan kekurangan dan kelebihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel