. Cara mengatasi hp asus lemot / lambat paling ampuh [ 99.9% Pulih Kembali] - IME Android -->

Cara mengatasi hp asus lemot / lambat paling ampuh [ 99.9% Pulih Kembali]

Konten [Tampil]
Solusi Smartphone asus Lambat -  Cara mengatasi hp asus lemot  dan cepat panas  tanpa harus di bawa ke tempat service Sebagai user asus yang cerdas.

Kadang kita terlalu terburu buru untuk memutuskan membawa hp ke tempat service untuk melakukan perbaikan, padahal masalahnya hanya sepele.

..banyak kesempatan untuk belajar memperbaiki ketika mengalami masalah.

Hp asus lemot umumnya disebabkan dari faktor pengguna nya itu sendiri , karena setiap smartphone yang dibuat pastinya memiliki standar tersendiri dalam penggunaan nya.

Bukan hanya asus ,tapi merk lain pun tidak menutup kemungkinan mengalami hal tersebut. Karena seiring dengan berjalanya waktu,  usia dari ponsel akan mengalami penurunan performa, yakni ini artinya sudah tidak prima lagi.

Menyebalkan memang jika ponsel yang kita gunakan lambat dalam kinerjanya, tapi jangan buru buru kesel dulu karena ini bisa kita atasi dengan beberapa cara berikut.

Sebelum beraksi kita harus tau bahwa penyebabnya lemot ,.. cukup bervariasi sehingga setiap perangkat tidak bisa kita simpulkan memiliki permasalahan yang sama.

Perhatikan Ini sebelum anda membanting ponsel anda!! Apapun jenis hp asus anda,entah asus zenfone 3 max lemot,asus zenfone selfie lemot dan lain sebagainya anda harus memperhatikan berikut ini.
  • Memori Internal maupun external yang ada pada smartphone anda.
  • Kapasitas RAM yang ada pada asus anda.
  • Kapasitas Prosesor dan GPU  
  • Sinyal pada area anda
  • Aplikasi yang terinstall.
Ada lagi ? masih banyak pastinya, Tetapi secara garis besar point diatas adalah memiliki peranan penting dalam memberikan andil dalam sebagai cara mempercepat asus zenfone max lemot.

Baca juga: 3 Cara Flash Asus zenfone 5 Atasi bootloop,Lupa pola,Mati total

Memperbaiki hp asus lemot dan cepat panas.

Saya tidak akan berbicara pada satu tipe saja melainkan saya akan berbicara pada umumnya sebagai solusi lemot , berikut cara mengatasi hp asus zenfone max lag,zenfone c dll.

1. Audit Memori internal dan external

Hal pertama yang perlu anda lihat adalah kapasitas memori internal dan memori external,pastikan tidak menggunakan Ruang simpan pada ponsel secara menyeluruh.

Artinya setiap smartphone membutuhkan free space sebagai ruang gerak sistem dalam menjalankan setiap kinerjanya.

Akibat dari memori full biasanya perangkat akan sering mengalami lag,keyboard lemot dalam merespon dari setiap instruksi dari penggunanya.

Bukan hanya itu, jika pernah melihat notifikasi " Force close " atau tidak dapat melakukan perintah yang diberikan, maka salah satu penyebabnya dari memori full.

Cara mengatasinya ? Silahkan hapus beberapa file yang tidak terpakai,hapus cache jika memungkinkan gunakan aplikasi pembersih andalan anda untuk menghapus file sampah yang menumpuk dan memenuhi memori .

Baca juga: 2 Cara flash asus zenfone 4 tanpa PC dan via flash tools

2. Kapasitas RAM Yang tidak mumpuni.

"Maaf aplikasi terhenti" Atau force close dan masih banyak lagi yang di sebabkan jika perangkat anda tidak mampu melayani ambisi yang anda inginkan.

..untuk itu Cara mengatasi Yang   "tengok lah itu hp punya RAM".

Multitasking yang berjalan tidak mampu ditangani oleh RAM ,sehingga menjadi sering lag.

.,dan parahnya lagi potensi terjadi bootloop disebabkan oleh hal tersebut.Terlalu berat tugas yang anda berikan ini bisa menyebabkan lag dan softbrick.

Cara mengatasinya anda bisa melihat kapasitas ,kemudian selalu melakukan pembersihan aplikasi yang berjalan di belakang latar.

Fungsi RAM  adalah sebagai media penyimpanan yang bersifat sementara atau non volatile.

Semakin banyak aplikasi yang dibuka maka semakin banyak pula membutuhkan ruang simpan ,yang akan berimbas jika RAM penuh akan menyebabkan lemot.

Cara menambah RAM Asus Zenfone C,Ini dia yang menarik jika pada komputer kita dapat menambahkan RAM untuk meningkatkan kecepatan sehingga kinerja menjadi lebih cepat namun tidak untuk ponsel.

Penambahan RAM pada smartphone sejauh ini yang pernah saya lihat tidak bisa di lakukan ,karena Ponsel menggunakan RAM Onboard yang tidak bisa dipasang atau dicopot dengan menggunakan konsep removable.

Artinya..

Jika anda menginginkan menambahkannya pastinya tidak bisa,kecuali anda menggunakan Virtual RAM menggunakan aplikasi tambahan. Tetapi Ini tidak signifikan dalam meningkatkan kecepatan ,bahkan saya katakan saya belum pernah mendapatkan aplikasi menambah virtual RAM yang bekerja secara optimal.

3. Kapasitas Prosesor dan GPU.

Ini menjadi sebuah dapur pacu utama pada komputer dan smartphone saat ini, dimana semakin bagus spek yang digunakan maka akan semakin baik pula kecepatan yang dihasilkan.

Prosesor butut rasa HiTech,, Loh ya nanti dulu.. buat apa ada gadget dengan harga mahal yang menawarkan prosesor / hardware dengan spek dewa .

Ini dia yang anda garis bawahi tebal tebal.Jika anda memiliki asus zenfone C ya seyogyanya jangan instal game yang membutuhkan spek tinggi.

Jelas akan membuat lemot dan cepat panas karena kinerja antara beban dan kekuatan tidak seimbang.

Kesimpulanya adalah ketika anda akan menginstall aplikasi pastikan anda mempertimbangkan dari spek ,apapun yang akan anda install akan berpengaruh terhadap efek kinerja jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang berat sudah pasti melemah.


4.Sinyal / Jaringan.

Tidak menutup mata juga jika lelet terjadi dalam melakukan aktifitas di ponsel anda dan disebabkan oleh sinyal sedang buruk. Contoh anda akan mengakses aplikasi metatrader 4.

..Seperti yang anda tahu bahwa aplikasi trading tersebut membutuhkan koneksi internet.

Jika dalam melakukan aktivitas trading atau yang lainya berkaitan dengan sinyal kemudian anda merasa bahwa kinerja lambat, belum tentu hal tersebut disebabkan oleh ponsel ,artinya jika speknya tersebut sudah bagus ya silahkan cek sinyal ponsel anda.

Solusinya silahkan pastikan anda menggunakan jaringan 4G,jika memang perlu lakukan lock jaringan 4G anda supaya tetap stabil.

Selain itu pastikan aplikasi yang terhubung ke internet dibatasi,artinya jangan terlalu banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi internet secara terus menerus.


5.Aplikasi Terinstall

Ini dia yang paling mudah sangat mempengaruhi kinerja ponsel .

Beberapa kasus dari teman saya mengatakan bahwa smartphone asus yang dia miliki sering mengalami lag.

Setelah diperiksa.. hmm banyak sekali aplikasi terinstall,sedangkan spek dari ponsel tersebut bisa kita katakan low.

Ini dia permasalahan,kadang   ingin memiliki aplikasi canggih namun tidak mempertimbangkan spesifikasi smartphone,Ini salah!!

Kita perlu mempertimbangkan keras keras apa yang akan kita install ,dan di ukur dengan kemampuan gadget berdasarkan spesifikasinya.

Solusinya untuk mengatasi lelet maupun sering lag , coba lakukan pemilihan aplikasi dan uninstall yang tidak terpakai.

..aplikasi yang membutuhkan grafik tinggi seperti game online maupun offline,aplikasi sosial media tidak terlalu banyak,kurangi widget dan aplikasi bawaan.

Dengan begitu pasti ada perubahan.

Itulah beberapa penyebab yang paling umum sering lag,cepat panas,dan lainya namun jangan senang dulu,sebaiknya praktekan terlebih dulu.

Mengatasi Hp sering lag,cepat panas, paling Jitu.

Jika sudah melakukan 5 cara di atas tetapi belum ada perubahan maka ada kemungkinan berikut.
  • Kerusakan pada komponen atau hardware yang membuat kinerja tidak maksimal,apapun bentuk hardware yang ada pada ponsel pastinya mempunyai peranan penting dalam menunjang performa dan kecepatan.Lakukan pengecekan secara menyeluruh dari sisi hardware.
  • Terkena virus atau malware yang menghambat dan membebani dalam melakukan segala kinerjanya,biasanya ciri ciri hp kena virus,sering muncul iklan popup, sering lag,mudah atau cepat panas,memori full meskipun file hanya sedikit karena di penuhi dengan file hiden yang ada di smartphone.

Untuk mengatasi semua hal diatas adalah dengan cara dilakukan hard reset yakni perangkat akan kembali normal seperti baru di beli dari toko.Konsep dari hard reset adalah mengembalikannya ke dalam pengaturan pabrik.

Jadi apapun itu yang ada dalam smartphone anda dan tidak dalam kategori bawaan pabrik akan terhapus.

Sebelum melakukan hard reset sebaiknya lakukan backup data anda,karena file yang ada pada smartphone akan terhapus secara permanen ,untuk itu lakukan backup kontak,file penting pindahkan ke dalam memori external.

Cara hard reset Asus Zenfone all type.

Cara atasi hp asus lemot atau lelet

Berikutnya jika anda telah yakin maka bisa melakukan hard reset.

Sebelumnya saya ulangi lagi "lakukan backup semua file yang ada pada handphone yang akan di reset ke pengaturan pabrik" dan pastikan baterai dalam kondisi minimal terisi 50% untuk menghindari terhenti di tengah proses.

Cara berikut juga menjadi cara paling ampuh mengatasi Hape asus bootloop tanpa harus melakukan flash ulang.


  • Yang pertama silahkan matikan,kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol power dan tombol volume down (-) Secara bersamaan agar masuk kedalam menu recovery mode.
  • Setelah muncul logo asus maka lepaskan tombol power dan untuk tombol volume down tetap tahan hingga akan terlihat robot android tampil pada layar.
  • Kemudian silahkan tekan tombol power kembali dan disusul menekan tombol volume Up (+) beberapa detik ,selanjutnya akan masuk ke menu recovery mode asus.
  • Langkah berikutnya untuk melakukan hard reset anda bisa menggunakan tombol volume up dan volume down,power sebagai navigasi.Kemudian gunakan tombol volume down arakan ke menu "Wipe data cache partition" dan dipilih menggunakan tombol power.
  • Tunggu hingga   proses wipe data selesai,dan kembali ke menu awal,kemudian arahkan kembali menggunakan tombol power down dan arahkan ke "Wipe data and factory reset" dan dipilih menggunakan tombol power.
  • Notifikasi selanjutnya silahkan arahkan dan pilih "Yes-delete all user" dan tekan tombol power.
  • Tunggu hingga wipe data berlangsung ,setelah selesai dan kembali dalam menu awal silahkan pilih "reboot system now" maka setelah itu akan kembali normal seperti dalam setelan pabrik.
Cara ini adalah langkah terakhir untuk mengatasi lemot dan biasa digunakan untuk seluruh tipe smartphone yang mengalami lag,cepat panas,kena virus maupun bootloop.

Baca juga Kode rahasia Asus lengkap

Penutup
Demikian artikel saya di imeandroid.com tentang cara mengatasi hp asus lemot,semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel