. Cara masuk atau aktifkan safe mode pada Hp android Lengkap - IME Android -->

Cara masuk atau aktifkan safe mode pada Hp android Lengkap

Konten [Tampil]
Cara aktifkan Mode Aman Smartphone- Safe mode pada hp android merupakan fitur bawaan untuk dapat menampilkan kondisi smartphone dalam mode aman.

Cara aktifkan safe mode tidak begitu saja, ada beberapa langkah  yang harus dilakukan.

Apabila anda seorang yang sering menggunakan komputer akan lebih familiar dengan kata kata safe mode atau mode aman. Umumnya memiliki tujuan tertentu seperti melakukan scanning, contohnya menghapus virus yang bandel.

Pengertian dari mode aman adalah di mana hp akan dalam kondisi sistem hanya mengoperasikan fungsi dasar / fungsi utama saja. Biasa dilakukan oleh pengguna yang akan memperbaiki BUGS sistem.

Safe mode ini sengaja disematkan yang bisa di akses jika dalam kondisi darurat, merupakan versi emergency untuk melakukan analisa error, virus dan lainya.

Alasan mengapa harus dalam safe mode ini, karena seluruh aplikasi pihak ketiga yang sudah terinstall tidak berjalan, hal ini tentu bukan pada android saja melainkan pada komputer juga.

Apa saja yang bisa dimanfaatkan dengan mode  tersebut?

Mengatasi Hp  tiba tiba mati sendiri dan sulit untuk dapat masuk ke dalam menu utama, anda dapat mengatasinya setelah masuk kedalam menu safe mode pada ponsel kalian .

Dan dengan mengaktifkan safe mode masalah tersebut akan hilang, kemudian anda bisa analisa dari mana sumbernya dengan melakukan audit terhadap aplikasi yang terinstall.

Ketika berada pada mode aman semua fungsi android akan terlihat sama, namun yang membedakan yakni pada layar terdapat tulisan "safe mode" yang terdapat pada pojok kiri di bagian bawah.

Fungsinya melakukan diagnosis kinerja sistem operasi, yakni dengan ini anda dapat memperbaiki sistem operasi dan aplikasi terinstall yang menjadi penyebab masalah.


safe mode

Baca juga

Cara masuk ke safe mode Hp android .


Nah setelah anda paham tentang definisi dan fungsinya, kita lanjutkan dengan cara masuk ke mode aman.

1. Android Versi dibawah 4.0.

Saya disini tidak membicarakan secara spesifik ke sebuah merek perangkat, tetapi lebih ke sebuah versi android . Dan cara pertama untuk android dengan versi dibawah 4.0 ( Kitkat) seperti maka  berikut cara masuk safe mode android.

  • Yang pertama silahkan matikan smartphone..
  • Kemudian tekan dan tahan tombol power.
  • Setelah muncul logo boot di layar, silahkan tekan dan tahan tombol volume + (Up), Volume - (down) secara bersamaan hingga booting selesai . Dengan begitu secara otomatis akan berada pada mode aman seperti ciri cirinya sudah saya sebutkan diatas.

Apa saja versi android di bawah 4.0 yaitu Android ICS, Honeycomb, Gingerbread, Frozen yogurt dll.

Artinya ini bukan hanya sekedar cara masuk safe mode android advan saja melainkan lebih berbicara pada versi / tipe android.


2. Versi Android Kitkat (4.1) Up

Gambaran ini merupakan secara umum, Jadi mungkin ada beberapa merek yang tidak work dengan cara ini. Sebagian besar sih work untuk android dengan versi diatas kitkat sebagai berikut caranya.

  • Matikan terlebih dulu ponsel,
  • Tekan kemudian tahan tombol power hingga muncul pop up .
  • Selanjutnya setelah menu tampil, Tahan menu opsi power Off hingga muncul pop up dan tap "Ok" kemudian reboot ke mode aman, setelah restart maka anda sudah berhasil.
Jika anda pengguna vivo, untuk cara masuk safe mode vivo pun kurang lebih sama, silahkan di coba.


3. Versi Android 5.0 (Lollipop) ke atas

Cukup banyak pada versi ini yang masih menggunakan dari berbagai merk mulai dari samsung, oppo, advan, lenovo dan masih banyak lagi.Bagaimana cara masuk Mode aman pada android versi lollipop, berikut anunya..
  • Yang pertama silahkan masuk dan aktifkan developer option pada hp anda terlebih dahulu, dengan cara ke "menu, pengaturan, about phone, dan tap hingga minimal 5 kali " pada Build number hingga menjadi mode pengembang.
  • Selanjutnya jika sudah berhasil menjadi mode pengembang silahkan tekan dan tahan tombol power  hingga muncul Pop Up.
  • Tap dan tahan Pilihan "Reboot" jika muncul notifikasi silahkan ok.
  • Tunggu proses restart selesai dan selesai sudah dalam mode aman.

4. Masuk Safe mode di Samsung Galaxy

Untuk anda pengguna samsung dan maka caranya sebagai berikut.
  • Tekan tombol power dan tahan, kemudian pilih power Off dan matikan handphone dan nyalakan kembali dengan Tekan serta tahan Tombol power hingga muncul animasi logo samsung.
  • Selanjutnya susul dengan tekan dan tahan tombol volume down setelah boot dan akan secara otomatis masuk kedalam safe mode android anda.

Jika berhasil maka pada layar gadget akan terdapat tulisan safe mode di pojok kiri bawah.

Mudah bukan??

Demikian artikel saya kali ini cara masuk ke safe mode android semoga bermanfaat, jangan lupa banyak artikel menarik lainya yang menanti anda di imeandroid.com, jika anda memiliki akun facebook share juga ke kawan seperjuangan anda di sana sedang ngoprek hp.Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel