. Tips merawat baterai smartphone awet [Baterai hp tidak cepat rusak] - IME Android -->

Tips merawat baterai smartphone awet [Baterai hp tidak cepat rusak]

Konten [Tampil]

Cara agar baterai hp awet - Pada artikel saya kali ini akan membahas tentang tips merawat baterai hp menjadi awet ,baik secara umum dan durasi dari daya baterai.

Mengatasi baterai tanam boros dengan kualitas daya cepat habis padahal kondisinya terlihat masih bagus secara fisik.

Baterai pada hp cepat rusak atau tidaknya itu tergantung dari penggunaan, nah sebagai pihak pengguna cerdas sebaiknya peduli akan perawatan smartphone dan hal yang bisa menyebabkan baterai rusak.

Cara Merawat baterai agar awet saya kira gampang-gampang susah, karena ini akan berkaitan dengan kebiasaan dalam penggunaan ponsel tersebut.


Tips merawat baterai Hp agar awet.

Baterai tanam awet
Cara baterai awet


Cara memelihara nya tidak sulit, tapi harus benar. Penyebab kerusakan selain dari sisi usianya yang paling menyumbang terbesar yakni dari sisi perilaku pemakainya.

Dan berikut tips merawat baterai ponsel. 

1. Beri waktu untuk istirahat, dan Manage aplikasi


Hal ini sederhana saja sih, bukan Trik android yang sangat luar biasa.. tapi banyak dari kita tidak memperhatikan untuk mengistirahatkan smartphone.

Maksud dari mengistirahatkan adalah memberikan waktu untuk kondisi mati. Bukan hanya pada baterai saja yang dimanjakan,akan tetapi komponen ponsel lainnya juga akan ikut istirahat.

# Memperhatikan install aplikasi. 

Smartphone memiliki kemampuan multitasking yang selalu bekerja tanpa kita ketahui, beberapa aplikasi yang terinstall selalu terhubung dengan internet. ...dan hal tersebut membutuhkan konsumsi daya tinggi.

Untuk itu sebaiknya selalu memperhatikan aplikasi - aplikasi yang terinstall pada hp, dengan tidak menginstall secara berlebihan dan memenuhi memori. 

#Jaga temperatur baterai smartphone. 

Suhu ideal yang aman smartphone adalah kamar, yaitu sekitar 18-35 derajat celcius. Usahakan tidak  terlalu rendah,karena baterai Anda akan mengalami pengurangan kapasitas.

Sebaiknya tidak disimpan pada temperatur terlalu tinggi /panas,  hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen smartphone.

Pastikan selalu memperhatikan tempat penyimpanan, jangan simpan hp di bawah jok motor, di atas mesin, di dashboard yang secara langsung terkena terik matahari dll.

Baca juga Penyebab utama baterai hp jadi boros. 

2. Menggunakan charger original dan Penggunaan hp . 


Dengan memberikan asupan daya sesuai yang dibutuhkan baterai dan besaran arus yang tepat ini akan membuat baterai pada smartphone lebih awet. 

Hanya karena jenis socket/port sama bukan berarti setiap charger dapat digunakan pada smartphone kita, dengan menggunakan charger asli kondisi smartphone kita sudah diberi asupan daya yang benar sesuai dengan spesifikasi baterai.

Walaupun terpaksa melakukan charging   menggunakan charger dari ponsel lain sebaiknya perhatikan voltase outputnya, kenapa?

Sel elektronik yang ada pada baterai kondisi dan strukturnya sudah di sesuaikan antara charger dan baterai oleh produsen secara standar.

Dengan melakukan isi daya menggunakan charger asli berarti tindakan yang kita lakukan adalah salah satu bentuk upaya merawat baterai. 

# Tidak mengoperasikan ponsel Saat mengisi daya.

Untuk merawat baterai agar umurnya bisa lebih awet   tidak direkomendasikan untuk menggunakan ketika smartphone sedang dalam pengisian daya atau di cas, dalam kondisi pengisian daya sebaiknya non aktifkan smartphone setidaknya dalam kondisi mode terbang.

Kemudian beberapa resiko yang dapat menyebabkan kerusakan pada Hp ketika sedang di charging,baterai cepat panas, kerusakan sel komponen baterai, dan bisa berimbas pada komponen lain yang ada pada komponen utama smartphone lainya seperti IC, dan lainya.



# Jangan melakukan pengisian daya berlebihan

Sekalipun saat ini hp sudah di beri kemampuan memutus daya ketika sudah mencapai 100% saat pengisian, tapi tidak disarankan terlalu lama smartphone anda tetap terhubung   terlalu lama dan membiarkan berjam - jam.

Selain itu hal ini sangat berpotensi menyebabkan baterai melembung, bahkan dari berapa kasus bisa menyebabkan meledak. 
Ngeri juga bukan...!!

Nah untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya dihindari saja bukan!? 

# Lakukan charging sebelum mencapai 10% 

Daya dalam baterai hp anda sebaiknya tidak dibiarkan habis total, selalu mengisi daya secepatnya atau segera menonaktifkan saja ketika sudah diambang kehabisan daya.

.. untuk parameternya kurang lebih setelah baterai Hp sudah pada posisi 10%. 

Jika baterai tanam anda sering dibiarkan habis, kapasitas dan umur baterai tersebut bisa lebih pendek.

Dan pastikan menggunakan charger original, bila kondisi dalam perjalanan untuk alternatif bisa menggunakan power bank seperlunya.


# Kondisikan baterai terisi penuh ketika akan disimpan. 

Pada saat baterai akan disimpan dalam waktu yang cukup lama maka sebaiknya isi baterai sampai penuh terlebih dulu sebelum menyimpanya, dan charging secara berkala 3 minggu sekali, baterai smartphone tidak boleh kosong sama sekali meskipun tidak digunakan.

Dengan mengaplikasikan tips diatas pastinya baterai menjadi lebih awet, usia baterai menjadi lebih panjang.


Baca juga Ciri ciri baterai tanam pada Hp sudah bocor


Demikian artikel saya kali ini tentang Tips merawat baterai ,meskipun sederhana akan tetapi hal ini cukup penting untuk mengatasi baterai hp agar lebih awet,lebih tahan lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel