. Cara memperbaiki hp oppo bootloop tanpa flash ulang - IME Android -->

Cara memperbaiki hp oppo bootloop tanpa flash ulang

Konten [Tampil]

Mengatasi Hp Oppo Bootloop - Halo sahabat ime android, kali ini akan membahas bagaimana cara mengatasi hp oppo bootloop atau stuck di logo ketika dinyalakan.

Ya hanya berhenti di logo saja, tidak bisa masuk ke dalam menu utama smartphone ini yang biasanya kita sebut dengan bootloop.

Kerusakan ini termasuk masalah yang cukup serius, karena dengan terjadi hal tersebut maka secara fungsi smartphone anda tidak bisa gunakan sama sekali.

..tetapi jangan perlu kita cari solusi masalah ini.

pastinya bisa diatasi tidak sulit lagi yang terpenting adalah ketelitian anda dalam mengatasinya.
Cara mengatatasi hp oppo bootloop


Cara memperbaiki hp android OPPO bootloop hanya muncul logo.


Penyebab hp android Error Atau Stuck Logo.

Bukan tanpa sebab kerusakan pada sistem dan mengakibatkan mentok logo. Untuk itu mari kita simak beberapa penyebab utamanya.
  • Memori internal pada smartphone sudah mulai penuh. Sehingga sistem pada smartphone akan menjadi berat dalam beroperasi yang akhirnya kinerja lambat dan tidak menutup kemungkinan berakhir bootloop.
  • MOD sistem file (Stock ROM) yang anda install tidak kompatibel dengan standar hardware yang dimiliki   oppo anda sehingga sistem tidak dapat bekerja atau berjalan sesuai ( Kesalahan custom ROM)
  • Melakukan Overclock sistem Android bagi anda yang sudah melakukan root ponselnya   pastinya akrab dengan istilah ini. Terutama pada anda seorang gamer akan lebih suka dengan ponsel yang memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Teknik overclock adalah teknik memaksimalkan kecepatan atau performa pada smartphone / komputer dengan menggunakan kecepatan maksimal dari hardware yang ada.
  • Modifikasi isi script pada sistem juga sangat berpotensi menyebabkan bootloop hal hal ini biasanya untuk smartphone yang sudah di root.
  • Terdapat komponen yang sudah lemah atau sudah tidak mampu bekerja dengan baik sehingga sistem dalam smartphone anda tidak dapat di eksekusi / perintah perintah yang ada dalam script sistem tidak dapat dilaksanakan sampai menjadi sebuah tampilan menu smartphone.
  • Kena virus,smartphone yang terkena virus sehingga sistem tidak bekerja dengan baik atau terjadi kerusakan pada file sistem.

Dan banyak lagi penyebab hp oppo bootloop atau gagal fungsi.

Sedangkan bootloop ada 3 jenis.

  • Bootloop jenis Ringan
Error ringan ini cukup menyebalkan juga ya karena secara fungsi juga masih sama! smartphone tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Ciri cirinya hp bootloop adalah hp tetap bisa nyala dan masuk ke halaman utama / menu   tetapi tidak dapat dioperasikan atau lag / hang kemudian hp melakukan restart kembali.

Untuk jenis ini didominasi oleh kerusakan sistem atau memori hp terlalu penuh, sehingga performa smartphone tidak dapat bekerja secara maksimal.
  • Bootloop jenis sedang
Untuk bagian sedang kurang lebih hampir sama dengan yang ringan ,smartphone dapat dinyalakan dan masuk ke animasi logo atau boot animasi dan berhasil masuk ke menu utama saja.
  • Bootloop jenis Berat.
Sebenarnya gak berat berat amat :)

tetapi percayalah jika kita mengalami hal ini pastinya sangat jengkel karena kerusakan jenis ini hp anda hanya berhenti di logo saja ketika dinyalakan,setelah itu sudah tidak bisa apa apa lagi.

..jangankan masuk menu atau melakukan panggilan.

Tetapi jangan kuatir apapun masalah pada Hp oppo anda pastinya tetap bisa diselesaikan dengan indah .

Relatif mudah ko untuk mengembalikan hp android yang bootloop.

Sehingga anda juga tidak perlu pergi ke tempat servis, kecuali kerusakan yang disebabkan pada komponen yang ada pada mesin smartphone anda.
Kemudian setelah kita tau penyebabnya dan jenisnya ,kita beranjak ke cara mengatasinya.

Caranya anda hanya perlu simak baik baik dulu agar paham alur problem solvingnya ya gaes..


Baca juga Daftar harga update Hp Oppo Semua tipe

Cara memperbaiki hp oppo bootloop.

Cara mengatasi bisa kita lakukan dengan dua cara, yang pertama dengan cara recovery mode dan wipe data dan yang kedua dengan cara melakukan flashing.

1.Pertama melalui Recovery mode dan wipe data/factory reset.

Trik android mengembalikan smartphone ke dalam kondisi seperti semula (standart), bisa kita lakukan meskipun hp dalam kondisi hardbrick atau tingkat keras, sekeras hatimu!!! :).

Setiap smartphone tidak hanya oppo terdapat menu recovery mode yang disematkan sebagai alat jika sewaktu waktu terjadi masalah pada sistem atau firmware.

.. ,tetapi untuk dapat masuk kedalam menu ini tidak mudah bagi orang awam.

Artinya karena menu ini tersemat maka tidak cukup familiar bagi kita yang tidak berkecimpung dalam dunia repair ponsel.

Di Dalam menu recovery mode anda bisa melihat beberapa menu di dalamnya seperti :
  • Wipe Data / factory data reset = Berfungsi mereset data dan mengembalikan ke kondisi standar pabrik atau pengaturan pabrik Smartphone Android.
  • Install / Apply Update From Sdcard = Berfungsi sebagai jalur menginstall/memilih file yang ada   di SdCard,biasanya untuk proses root,update dan lainya.
  • Wipe Cache = Berfungsi untuk menghapus cache/ file sampah yang mengendap pada sistem dan tidak dapat dihapus melalui aplikasi lain,menggunakan akses ini hp Android akan bersih kembali dari file cache yang memberatkan kinerja.
  • Reboot System Now = Berfungsi sangat jelas sebagai akses reboot/ Restart kembali android.


Bagaimana cara masuk ke recovery mode hp oppo?.,

Kembali lagi hp oppo bootloop ,kenapa pembahasan tentang recovery mode ...kan yang dibutuhkan ya cara mengatasinya ,, bukan penjabaran tentang recovery mode!!

OK !! Jadi mengapa ada pembahasan tentang recovery mode.

Cara mengatasi smartphone yang mengalami kerusakan pada sistem dadapat kita atasi tanpa harus Flash ulang, 

.. nah dengan cara wipe data maka kita bisa mengembalikan dengan mudah hp oppo anda ke kondisi normal kembali!!

Caraya :

Matikan terlebih dulu hp anda dan nyalakan kembali dengan menekan tombol kombinasi "Volume up + Tombol power" agar masuk ke dalam recovery mode.

Untuk secara lengkapdan detailnya bisa anda baca " Cara mengatasi bootlloop oppo tanpa flash" disana saya sudah siapkan artikelnya dengan lengkap dan detail bergambar.



2. Cara mengatasi Hp android Oppo Stuck Logo dengan Flash.

Untuk teknik yang kedua bisa anda lakukan dengan cara flash ulang,tetapi saya merekomendasikan sebelum flash ulang sebaiknya anda coba terlebih dahulu dengan cara di atas.

karena untuk melakukan flashing anda perlu memperhatikan beberapa hal penting agar proses flashing berhasil.

Banyak kawan kawan,kolega,kaula muda yang gagal melakukan install ulang hp karena kurang teliti dalam memahami tutorial yang ada.

Untuk itu saya akan coba jelaskan sebelum ke langkah flash point penting yang perlu anda perhatikan seperti :

1.Jenis Firmware / Stock ROM.

Pemilihan jenis firmware harus tepat !! Non Negotiable,hal ini wajib menggunakan ROM yang sesuai dengan versi hp oppo, tidak sembarangan download.

Pastikan file download yang benar dan tidak corrupt .Untuk menghindari file stock ROM yang diunduh corrupt sebaiknya ketika download firmware pastikan data dan jaringan internet anda kuat !.

2. Menggunakan kabel data original.
Bukan hanya stock ROM tetapi kabel data juga ikut menyumbang tingkat keberhasilan,

..gunakan kabel data sesuai merek jika perlu dan memperhatikan soket yang terhubung antara komputer dan smartphone yang sedang di flash.

Bukan tidak mungkin proses flash terhenti atau gagal karena soket usb data yang terhubung pada keduanya mudah lepas / disconnect .

..hal ini sangat penting karena proses distribusi ketika flashing sangat mengandalkan kabel data.

3. Aplikasi / Tools Flashing.

Menggunakan tools flashing yang tepat juga penting!!

Banyak tools flashing yang bisa anda download dan digunakan, tetapi bukan berarti semuanya bisa digunakan pada semua merek smartphone,untuk melakukan flash Hp Oppo anda bisa menggunakan Flashtool.

Kemudian untuk langkah flash oppo anda bisa lihat di artikel saya sebelumnya yang berjudul "Flash Hp Oppo joy Via Flash tools ".

Dari sana anda akan paham proses flash Hp oppo dan bisa anda terapkan melakukan flash pada hp android anda.

Sekian dulu artikel saya tentang mengatasi hp oppo bootloop,l.

Secara teknik anda bisa menggunakan dua cara tersebut " Melalui recovery mode dan Dengan flash ulang " , jika di tidak sebabkan oleh kerusakan komponen maka PASTI !! Berhasil.

Kecuali terdapat kerusakan pada komponen Hardware smartphone anda ,maka sebelum flashing wajib di perbaiki komponen nya terlebih dulu.

Terimakasih atas kunjungannya..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel