. [Trik update ] Cara cek kerusakan hp samsung android - IME Android -->

[Trik update ] Cara cek kerusakan hp samsung android

Konten [Tampil]
Imeandroid - Cukup Mudah sebenarnya untuk cek kerusakan hp Samsung. Trik ini biasanya digunakan ketika hendak transaksi jual beli untuk menghindari pernyataan palsu.

Banyak cara mendeteksi masalah device, dan hal tersebut juga tergantung dari bagian mana yang akan di cek.

Cukup penting mendeteksi kondisi fisik maupun software. Contohnya jika akan beli hp bekas. Disitulah harus meneliti fitur ,fungsi dan komponen perangkat.

Ada berbagai cara cek kerusakan hp Samsung, melalui beberapa pengujian menganalisa masalah.

Tanpa ribet,berikut langkah dan berbagi metode yang bisa kamu coba.

Mengecek kerusakan hp Samsung.


Cara menganalisa dan mengecek beberapa fitur penting serta mengetahui error' atau tidak pada perangkat Samsung Smartphone.

Teknik pertama adalah menggunakan Kode cek hp Samsung, atau bisa di sebut sebagai kode rahasia.

Trik ini dapat digunakan ketika akan membeli ponsel bekas. Melalui general test maka akan terdeteksi semua jenis masalah dan kerusakan pada ponsel tersebut.

Berikut cek kondisi hp Samsung yang pertama.
Cek total hp Samsung bekas

1. Via kode cek hp samsung.

Sebenarnya cek kondisi hp android Samsung sudah ada dalam fitur bawaan. Namun belum banyak juga yang mengetahui .

..,fitur ini biasanya akrab digunakan sebagai tindakan mengecek kerusakan samsung yang akan diterima dari pejual ketika bertransaksi jual beli ponsel second.

Metode ini dianggap cukup akurat,karena fitur bukan aplikasi tambahan melainkan sudah disediakan oleh pihak produsen sebagai alat tester.

Tetapi sayangnya hanya dapat diakses bentuk kode rahasia sebagai akses utamanya yang disebut sebagai "General test mode".

Berikut cara cek kondisi smartphone menggunakan kode.

Bagaimana cara mengetahui normal atau tidak hp samsung dengan kode rahasia?

Metode pengetesan sangat mudah,tidak membutuhakn waktu berjam jam tapi sangat singkat.

Hanya dalam hitungan menit smartphone  sudah dapat terdeteksi normal atau tidaknya.

Silahkan perhatikan tahapan-tahapannya sebagai berikut:

# Melalui proses dial number, lalu ketik kode *#0*# Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah.

Hp Bekas masih bagus
kode dial
# Hasilnya akan muncul banyak kotak menu yang bisa kalian jadikan sebagai indikator untuk mengecek Samsung Asli ( Ponsel palsu tidak dapat bekerja)

Lihat gambar di bawah!
Cara Cek kerusakan hp samsung sindiri
General test mode
# Langkah selanjutnya tes satu persatu menu di atas, untuk lebih meyakinkan. Sehingga kalian tahu persis, apakah smartphone masih normal atau tidak.

Berikut ini penjelasan tentang makna dari menu di atas sebagai pemahaman sebelum melakukan uji general test hp android samsung.

.,untuk lebih mudah  saya sajikan dalam bahasa yang sederhana agar dapat di pahami dengan baik.

Red adalah menu untuk melihat kontras warna merah dihasilkan oleh smartphone samsung yang di test.

- Apabila hasilnya tingkat kecerahan warna red itu terang maksimal, artinya kontras merah smartphone Samsung yang kalian miliki tidak ada masalah.

Green adalah menu untuk mengetahui kontras warna hijau yang dihasilkan oleh smartphone smartphone android samsung anda.

Jika tingkat kecerahan warna green itu terang maksimal, artinya kontras hijau  perangkat yang kalian miliki tidak ada masalah.

Blue adalah menu untuk mengetahui kontras warna biru yang dihasilkan oleh Hp android samsung anda.

Apabila tingkat kecerahan blue color itu terang maksimal berarti kontras biru HP Samsung yang kalian miliki tidak ada masalah. Harus terang maksimal hal yang berkaitan dengan warna hp android anda.

Receiver adalah suatu bunyi yang menandakan bahwa ada notifikasi pemberitahuan pada smartphone.

Perhatikan baik-baik bunyi tersebut, jika suaranya enak didengar (tidak ada suara berisik) ,berarti ponsel keadaan baik. Nah receiver sebagai pengujian terhadap speaker pada hp android samsung .

Vibration media test getaran yang dihasilkan oleh smartphone kalian. Apabila getaran itu bergetar tanpa putus terasa di tangan kalian maka indikasi normal.

Apabila getaran tersendat-sendat artinya HP Samsung kalian kurang sehat.

Dimming kondisi dimana HP Samsung berada dalam keadaan diam. Apabila menu Dimming ini ditekan maka muncul tiga warna yakni merah, hijau, dan biru.

Jika salah satu dari ketiga warna tersebut disentuh, maka layar redup hal tersebut menandakan normal.

Mega Cam fitur mengakses kamera utama. Pada menu ini, kalian dapat mencoba semua fitur pada kamera utama untuk menguji apakah masih berfungsi normal atau mengalami kerusakan.

Sensor adalah menu yang digunakan untuk mengecek tingkat sensitive respon sensor Samsung asli dalam mendeteksi adanya perubahan pada smartphone.

Setiap smartphone terdiri dari banyak sensor, namun yang diuji pada General test hanya Accelerometer sensor (layar potrait dan landscape). Cara mengecek sensor Samsung asli.

Touch menu ini digunakan sebagai cara untuk mengecek layar (LCD) /tingkat sensitive touchscreen HP Samsung terutama menguji sensitivitas pada layar smartphone.

Jika kalian ingin melanjutkan uji pada menu General Tes yang lain,  maka wajib menyentuh semua kotak,dan dapatkan hasilnya bagaimana kesimpulan dari touch screen normal atau tidaknya.

Sleep adalah menempatkan HP Samsung berada dalam keadaan tidur atau lock screen. Jika saat menu ini ditekan HP Samsung langsung sleep maka tidak ada masalah.

Speaker adalah menu yang bertugas untuk menguji kejernihan suara pada smartphone Samsung. 
Amati suara yang muncul dari lubang speaker utama maka akan terdengar jelas apakah HP itu normal atau rusak.

Sub Key merupakan menu yang memiliki fungsi menguji semua tombol yang ada di HP Samsung seperti tombol power, volume, back, options, dll.
Jika menu ini ditekan maka akan mengalami perubahan warna pada layar yang artinya tombol itu masih berfungsi dengan semestinya.

Front Cam yakni menu yang berkewajiban dalam menguji fitur yang ada pada kamera depan.
Silahkan kalian ambil beberapa gambar ketika menjalankan menu ini untuk menguji keadaan kamera sekunder ini.

Black adalah menu untuk mengetahui kontras warna hitam yang dihasilkan oleh smartphone. Apabila tingkat kecerahan black color itu terang maksimal artinya kontras hitam HP Samsung yang kalian miliki tidak ada masalah.

Baca juga Cara memperbaiki hp samsung android yang rusak


2. Menganalisa kerusakan menggunakan AVO meter.

Selain cara di atas bisa menggunakan alat pendeteksi untuk mengetahui kerusakan,dengan Multi tester (AVO Meter).

Bagi orang elektro biasanya alat ini sangat familiar, salah satu alat wajib digunakan para teknisi.

Menggunakan Multi tester (AVOMeter) Multi meter merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik arus lemah.

Jadi jangan coba coba buat tes arus tegangan tinggi.

Alat ini sering dikenal oleh banyak orang dengan sebutan AVOMeter (Amphere Volt Ohm Meter).

Fungsi alat ini adalah untuk mengukur arus listrik, tegangan, dan hambatan pada listrik. AVO Meter biasanya sering digunakan pada peralatan elektronik seperti TV, HP, kipas angin, dan alat elektronik lainnya.

Tetapi dalam Hal ini yang akan kita bahas mengecek kerusakan HP android  Samsung yang mati total.

Sebelum kita menggunakan alat deteksi (AVOmeter) kerusakan , sebaiknya ketahui beberapa kerusakan HP sbb:

  1. HP mati karena kena air 
  2. HP mati karena dicas lama 
  3. HP mati karena jatuh 
  4. HP tiba-tiba mati begitu saja

# Langkah pengecekan menggunakan AVOmeter atau multi tester


Cek kerusakan baterai HP Samsung Menggunakan AVO Meter Supaya hasilnya akurat, silahkan ikuti cara mengecek kerusakan baterai dengan benar,

  • Silahkan kalian atur Multitester ke 10 volt.
  • Kemudian kalian hubungkan kutub Positif pada Multitester dengan kutub positif pada baterai, sedangkan kutub negatif pada Multitester dengan kutub negative pada batu baterai.
Ilustrasi Sources : http://bat-hp-china.blogspot.com
  • Standar pada voltage baterai HP adalah 3,7 volt. Jadi, perhatikan indikator jarum pada alat Multitester harus menunjukkan minimal 3,7 volt.
  • Ketika voltage kurang dari 3,7 volt maka kalian harus menggunakan Power Suplay (casan destop) untuk mengejutkan aliran listrik pada batu baterai.
  • Setelah kalian menggunakan charger destop (kodok) sekarang coba nyalakan HP Samsung yang mati tersebut.
  • Cek Konektor Baterai Dengan AVOMetera)Setting Multitester pada Ohm-Meter X1 setelah itu ikuti tahap demi tahan di bawah ini dengan benar dan tepat agar hasilnya bisa akurat.
  • Kemudian kalian hubungkan kabel warna merah (+) di Multitester ke konektor baterai kutub positif (+) dan hubungkan kabel warna hitam (-) di Multitester ke konektor kutub negatif (-).
  • Coba kalian perhatikan gerakan pada jarum di Multitester, pastikan jarum bergerak naik, jika jarum diam (tidak bergerak) artinya terdapat kerusakan di jalur VBatt.
  • Selanjutnya lakukan pengecekan ulang dengan cara di balik, kabel warna merah (+) di Multitester ke konektor battre negatif(-) dan kabel warna hitam (-) di Multitester ke konektor baterai positif (+).
  • Sekarang coba perhatikan lagi dan pastikan jarum tidak bergerak (diam), jika jarum bergerak naik tinggi berarti komponen HP Samsung kalian ada yang short (korslet), lakukan pengecekan menggunakan Power Suplai (casan kodok).


3. Test kualitas Samsung dengan kode rahasia [shortcut dial number].


Cara mengecek HP Samsung bekas cukup mudah, dengan satu kode maka akan menampilkan beberapa fitur tester yang dapat di pakai.

Untuk cara singkat dan lebih spesifik bisa melalui kode rahasia, untuk hp android samsung atau bisa kita sebut dengan shortcut.

Berikut  kode test Samsung Smartphone.

Cara melakukan kode dibawah ini tidak sulit. Cukup ke menu panggilan telepon atau lakukan dial number pada hp kemudian ketik kode nya.

1. *#2664# kode untuk pengecekan layar 

Kode ini juga untuk cek LCD Samsung. Setelah dial kode layar akan berubah menjadi hitam, sentuh layar dan gerakan-gerakan, garis merah akan muncul.

Apabila anda menarik garis dan ada yang putus, berarti ada masalah dengan layar ponsel.

2. *#2663# Kode rahasia Touch screen version.

Pada menu ini terdapat tentang info touch screen firmware version, dan pilihan untuk update secara online Hp android anda.

3. *#0673# Kode rahasia Melody Test .

Kode ini untuk memeriksa speaker. Setelah Dial kode ini akan tampil tombol pilihan Speaker_on, Receiver_on, Headset_on Left, Headset_on Right, Receiver_Headset_on Left, Receiver_Headset_on Right, OFF, dan EXIT.

4. *#0842# Kode rahasia  Device test.

Kode ini untuk memeriksa kemampuan getaran ponsel. Pada menu ini akan ada beberapa tombol On, Off, Auto untuk mencoba mode getar smartphone .

5. *#*#4636#*#* Kode rahasia Testing.

Kode ini berisi menu informasi handset, informasi baterai, menampilkan statistik penggunaan ponsel dan aplikasi. Juga bisa diketahui informasi tentang WiFi.

6. *#232337# Kode rahasia Bluetooth test .

Setelah memasukkan kode ini akan tampil Bluetooth device address.

7. *#44336# Kode rahasia Version .

Menampilkan informasi versi firmware ponsel, waktu pembuatan ponsel, dan change list Hp anda biasanya untuk mecari versi firmware untuk flasing harus tepat dengan versi hpnya.

8.*#*#4636#*#*

Kode ini dapat digunakan untuk mendapatkan informasi menarik tentang telepon dan baterai, diantaranya: Informasi Handset, Informasi Baterai, Battery history dan Statistik Pemakaian.

# Cara mengetes WLAN, GPS dan Bluetooth

*#*#232338#*#* Kode rahasia Menampilkan WiFi MAC address Hp android anda.

*#*#1472365#*#* Cara Mengetes GPS pada smartphone

*#*#1575#*#*Cara Mengetes GPS lainnya pada smartphone

*#*#232339#*#* atau *#*#526#*#* OR *#*#528#*#* Kode rahasia untuk Mengetes WLAN 
(Gunakan tombol “Menu” untuk memulai berbagai tes)

*#*#232331#*#* Kode Mengetes Bluetooth smartphone anda

*#*#232337#*# Kode Menampilkan Bluetooth device hp android

# Cara untuk mengetahui informasi versi Firmware

*#*#1234#*#* Kode cara Mengetahui PDA dan Handset android

*#*#1111#*#* Cara Mengetahui versi FTA SW dengan kode

*#*#44336#*#* Kode untuk l Mengetahui PDA, Phone, CSC, Build Time, Changelist number Hp android

*#*#4986*2650468#*#* Kode Mengetahui PDA, Phone, H/W, RFCallDate hp android

*#*#2222#*#* Kode untuk cara Mengetahui versi FTA HW hp.

# Kode untuk menampilkan berbagai tes kerusakan pada hp android

*#*#0673#*#* atau *#*#0289#*#* kode ragasia berfungsi Mengetes Melody atau Nada hp android

*#*#0842#*#* Kode berfungsi untuk Mengetes Device (Vibration dan BackLight) hp android

*#*#2663#*#* Kode rahasia berfungsi untuk Mengetahui versi Touch screen Hp android

*#*#0283#*#* berfungsi Packet Loopback

*#*#0*#*#* Berfungsi untuk Mengetes LCD Hp android samsung anda

*#*#2664#*#* Kode berfungsi untuk Mengetes Touch screen hp android

*#*#0588#*#* Kode berfungsi untuk Mengetes Proximity sensor Hp android anda

*#*#3264#*#* Mengetahui versi RAM dengan kode rahasia Hp android

Nah lengkap banget bukan,sekarang tidak perlu lagi repot untuk mencari satu persatu kode rahasia untuk cek kerusakan hp Samsung.

Artikel menarik lain:

Semua kode rahasia sudah ditulis disini dan sebagai wawasan kalau jika akan beli hp android bekas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel