. Cara Root Hp android semua merek dan semua Tipe Paling cepat - IME Android -->

Cara Root Hp android semua merek dan semua Tipe Paling cepat

Konten [Tampil]

Tutorial root - Cara root hp dapat saya katakan unik, karena terdapat beberapa perlakuan yang harus dilakukan pada tergantung pada merek ponsel.

..,meskipun melakukan root memiliki bahasa tersendiri , tapi dari sekian banyak orang masih banyak yang minat dengan melakukan hal tersebut.

Keren!! 

Saya katakan dengan melakukan rooting smartphone maka kita memiliki perangkat yang bisa kita katakan keren.

.. karena memiliki full akses seperti yang sudah saya bahas pada artikel pengertian root dan fungsinya.

Bingung dengan cara root hp android? 

itu wajar saya juga awalnya takut dan bingung namun dengan membaca artikel tentang root dan memahami fungsi,serta resikonya akhirnya paham juga.

Tetapi perlu di garis bawahi bahwa dapat menyebabkan hp anda bootloop, untuk itu sebelumnya  anda sudah paham dengan melakukan flashing.

Ada dua metode, yakni menggunakan PC maupun langsung di hp anda atau sering kita kenal dengan tanpa PC.

Tanpa PC ,artinya anda hanya membutuhkan aplikasi yang diinstall pada smartphone anda dan proses.  

Bila menggunakan PC memang lebih ribet karena anda harus memiliki banyak perlengkapan seperti kabel data,file root,dan masih ada beberapa lagi. 

Dengan lisensi Open Source android memang menjadi primadona OS yang populer saat ini .

Miliaran pengguna di seluruh dunia dan aplikasi yang dapat anda unduh secara gratis melalui playstore, Penggunanya dengan bebas melakukan install dan uninstall aplikasi yang diinginkan.

Apa ada Hp yang tidak bisa di root ? 

Nah saya sendiri masih belum menemukan hp yang tidak bisa di root, namun ada beberapa hp android yang gagal root memungkinkan terjadi kesalahan fatal bahkan tidak bisa diperbaiki kecuali dengan mengganti hardware / perangkat kerasnya.

Contohnya : Saya pernah mengalami kasus root tipe smartphone Andromax A dewa yakni gagal root membuat terjadi "Broken permanent" dan tidak bisa di flash!! 

Itu salah satu contoh bahaya root pada ponsel anda,jika anda tidak siap akan resikonya saya kira mending batalkan saja keinginan tersebut.

Namun itu adalah kesalahan saya yang ceroboh,dari beberapa teman banyak juga yang berhasil,namun saya sudah tidak mau untuk mencoba root hp tersebut.

Artinya apa? semua smartphone dapat kita root namun setiap kesulitan dan caranya memiliki perbedaan baik xiaomi,oppo,samsung,advan,evercross yakni membutuhkan cara cara tersendiri yang belum tentu sama.

Sedangkan manfaat root hp sendiri relatif sama yakni mendapatkan akses full sehingga kita dapat melakukan mod,tweak,custom ROM dan install aplikasi setelah root menarik lainya.


Saya di sini akan mencoba menjelaskan terlebih dulu tentang tahapan penting yang perlu anda ketahui sebelum eksekusi dan setelah mengetahui manfaat root.
Baca juga, 3 Tahap penting root Hp yang tidak boleh di lewatkan.

Root Hp Android tanpa PC dan Menggunakan PC


Setelah kita paham maka kemungkinannya akan berhasil merek apapun hp yang kita akan root.

Secara umum memang sama kok,, baik cara root hp dengan pc maupun tanpa pc.

Hanya saja saya belum pernah membaca atau melihat cara root hp android tanpa aplikasi.Artinya setiap pengerjaannya membutuhkan alat bantu.


1. Cara root ponsel dengan PC [Kingroot]

Cara yang pertama adalah menggunakan PC meskipun cara ini terbilang cukup ribet karena harus persiapkan software, laptop dengan pake komputer relatif lebih banyak potensi berhasil dari pada menggunakan langsung di Hp.

Syarat dan persiapan .

Kita masuk ke bab syarat yang harus anda siapkan berikut beberapa syarat dan persiapannya.

  • Kabel data Original recommended.
  • Hp dalam kondisi sudah Unlock bootloader jika diperlukan karena beberapa hp keluaran terbaru dalam kondisi Lock bootloader.
  • Laptop atau komputer.
  • Driver / USB driver software sesuai dengan kebutuhan berdasarkan merek hp anda agar dapat terdeteksi oleh PC.
  • Aplikasi / Tools Root sesuai dengan selera anda.
  • Pada tutorial saya menggunakan Kingroot PC
  • Selanjutnya Jika sudah download aplikasi Kingroot PC, silahkan Install ke komputer anda.
  • Kemudian hubungkan Hp android anda jika sudah benar maka akan terdeteksi silahkan Klik Root dan tunggu hingga selesai.
cara root hp via PC

  • Setelah selesai,Restart dan silahkan anda install aplikasi setelah root.

2. Cara root Via KingoRoot Via PC

Cara yang kedua anda dapat menggunakan aplikasi KingRoot PC ,tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama yakni berikut syarat dan perlengkapan yang harus disiapkan.

  • Kabel data Original (Rekomendasi).
  • Baterai Minimal 60% menghindari kehabisan daya ketika proses root.
  • Koneksi Internet yang stabil.
  • Backup data smartphone.
  • Download Kingoroot exe (PC) .
  • Aktifkan Mode USB Debug / Mode Pengembang


Langkahnya menggunakan KingRoot yang pertama silahkan install aplikasinya di pc anda.
Setelah terinstall silahkan buka maka tampilannya akan seperti berikut.

cara root hp via kingoroot pc


  • Selanjutnya silahkan hubungkan ponsel anda ke komputer menggunakan kabel data yang telah disiapkan,apabila driver tidak dalam kondisi terinstall maka kingo akan secara otomatis untuk itu pastikan anda memiliki koneksi internet maka driver smartphone anda akan dapat di download.


Apabila anda menggunakan windows 8 maka lakukan pengaturan terlebih dulu supaya tidak terjadi pengulangan install driver "Setting windows 8".

Kemudian apabila terdapat notifikasi pada perangkat smartphone maka centang "Selalu izinkan dari komputer ini ",apabila tidak mendapatkan notifikasi maka pastikan kembali Hp anda terhubung.
Cara root smartphone kingoroot


  • Selanjutnya Klik "ROOT" maka proses root akan berjalan,selama prosesing pastikan anda tidak menyentuh kabel data atau apapun antara ponsel dan komputer.Tunggu hingga selesai.



3. Menggunakan iRoot.

Cara root yang ketiga adalah menggunakan aplikasi iRoot yang mungkin dapat anda coba tidak perlu basa basi caranya,berikut langkahnya.

Seperti biasa dilakukan beberapa persiapan ,USB debugging/ mode pengembang,siapkan kabel data Original,dan download iRoot.

  • Selanjutnya silahkan hubungkan Hp anda ke komputer dan buka aplikasi iRoot,kemudian tunggu hingga Hp anda terdeteksi.



cara root hp menggunakan pc


  • Setelah terdeteksi kemudian klik "Root" seperti gambar diatas dan tunggu hingga proses root selesai.

4. Menggunakan Root Genius.

Aplikasi root yang patut anda gunakan berikutnya adalah menggunakan root genius, merupakan aplikasi root menggunakan PC yang cukup ampuh dan sering digunakan para senior / biasa oprek android. 

Root hp samsung atau hp xiaomi biasanya secara konsep sama, meskipun ada beberapa tipe hp yang harus melakukan unlock bootloader terlebih dulu tetapi setelah unlock anda bisa menggunakan tools root ini.

  • Caranya silahkan download aplikasi root genius dan install pada komputer anda,namun supaya aplikasi dapat di install dengan baik maka pastikan terlebih dulu untuk menonaktifkan anti virus terlebih dulu.
  • Setelah terinstall silahkan buka aplikasi dan hubungkan Hp anda ,pastikan sudah dalam mode pengembang,dan baterai minimal 60%.

cara root via pc


  • Selanjutnya ceklis " I accept" dan kli "Root it" ,tunggu hingga proses root selesai.
  • Seperti biasa selama proses root pastikan anda tidak menyentuh kabel data maupun ponsel anda hingga selesai dikhawatirkan terjadi disconnect.
  • Jika telah selesai maka akan ada notifikasi "Root Successfully" ,Silahkan restart dan anda  bisa download aplikasi Root checker untuk memastikan hp sudah ter root dengan baik.

Pertanyaanya adalah ,bisakah cara root hp android tanpa aplikasi??

Sejauh ini saya belum pernah mencoba root hp android tanpa menggunakan aplikasi atau alat bantu tambahan .Selama ini saya melakukan root menggunakan aplikasi langsung di hp dan menggunakan aplikasi yang di install di pc.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel